Mengembalikan Windows 7 / 8.1 Setelah Upgrade ke Windows 10

Oleh Netrix Ken

Semenjak peluncuran resmi Windows 10, AplikasiPC telah menerbitkan beberapa tutorial yang berhubungan dengan proses upgrade, instalasi, dan tutorial Windows 10:

Kali ini AplikasiPC akan membahas topik yang berbeda kembali mengenai Windows 10. Jika Anda sudah terlanjur mengupgrade Windows 7 / 8.1 Anda ke Windows 10 dan tidak menyukai antar muka atau fitur baru yang ada pada Windows 10, atau bahkan jika ada aplikasi favorit yang belum kompatibel, Anda dapat mengembalikan Windows 7 atau Windows 8.1 Anda menjadi sistem operasi utama kembali. Fitur ini memang sengaja Microsoft tanamkan ke Windows 10 karena menyadari kemungkinan rendahnya kompabilitas pada hardware dan software yang masih besar.,

Meskipun fitur baru ini memang sangat membantu, namun ada beberapa kondisi yang wajib diikuti, yaitu:

Ketika Anda mengupgrade Windows Anda ke Windows 10, berkas dan folder Windows sebelumnya secara otomatis akan disimpan di folder C:\Windows.old. Folder ini akan terhapus secara otomatis setelah 1 bulan. Sehingga kesimpulannya, Anda hanya dapat mengembalikan Windows 7 / 8.1 Anda dalam rentang waktu 1 bulan saja. Dan mohon dicatat juga, jika Anda menjalankan Disk Cleanup pastikan pilihan “Previous Windows installation(s)” tidak dicentang. Jika dicentang, Windows akan secara otomatis menghapus semua berkas dan direktori yang ada pada folder C:\Windows.old yang berakibat Windows lama Anda tidak dapat di restore kembali.

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah tutorial cara mengembalikan Windows 7 / 8.1 setelah di upgrade ke Windows 10.

Langkah 1: Buka Settings dengan cara klik Start lalu klik ikon Update & Security.

Langkah 2: Klik bilah Recovery. Disana Anda akan melihat pilihan “Go back to Windows 7 or 8.1“.

Mengembalikan Windows 7 dan Windows 8.1 Windows 10

Mengembalikan Windows 7 dan Windows 8.1 Windows 10

Langkah 3: Klik Go back to Windows 7 or 8.1. Ketika Anda ditanyai mengenai alasan mengapa kembali ke Windows sebelumnya, pilih saja jawaban yang paling relevan lalu klik Next.

Langkah 4: Setelah pertanyaan diatas, Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan lagi, namun disini klik Next langsung saja.

Tara! Proses mengembalikan Windows 7 / Windows 8.1 akan dimulai. Pada tahap ini komputer Anda akan secara otomatis melakukan Restart dan Anda akan melihat notifikasi “Restoring your previous version of Windows…“. Setelah beberapa menit, restart kembali komputer Anda untuk melihat hasilnya.

Catatan: Jika Anda tidak dapat masuk ke Desktop Windows 10, Anda dapat menggunakan cara dibawah ini:

Langkah 1: Klik ikon Power yang ada pada Login Screen, tahan tombol Shift dan klik Restart. Setelah PC Anda melakukan reboot, “Advanced Startup Screen” akan terbuka secara otomatis.

Langkah 2: Klik Troubleshoot lalu Advanced Options dan klik pilihan Go back to the previous build.

Semoga beruntung!

DowngradeUpgradeWindows 7Windows 8.1 cara merubah pc windows 10 ke windows 7cara mengembalikan windows 10 ke windows 8cara merestore update windowscara downgrade windows 10 ke windows 7 namun windows.old sudah hilangmasalah downgrade win 8 ke win 7 tidak bisamemulihkan windows.oldwindows 8 ke windows 7instal windows 10 ke 7cara mengembalikan pc yang diinstal windows 10komputer tidak ada windows previous versioncara men downgrade windows 10 ke windows 7cara mengembalikan windows10 ke windows8apakah laptop bawaan windows 10 bisa di instal ulang dengan windows 7 atau windows 8cara restore windows 10 ke windows 7cara kembali ke win 7 dari win 10

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

120 Komentar ke "Mengembalikan Windows 7 / 8.1 Setelah Upgrade ke Windows 10"

  1. Alina berkata:

    Saya berhasil upgrade dari 7 ke 10, tapi tampilan di 10 kok kayak tampilan safe mode gitu …. icon nya besar,tulisannya juga …. sdh coba utak atik di resolusi atopun display setting,tp ga ngaruh, itu knp ya gan? solusinya apa?

  2. Njov berkata:

    Terimakasih min..dari semua cara yg saya dpt cuman dsni saya menemukan titik terangnya
    Awalnya iseng upgarade win 7 ke 10 eh pas dah berhasil malah smua aplikasi bawaan win 7 pada hlg dokument vidio yg sblmnya kagak bisa d buka stlh d upgrade ke win 10
    Thanks banget min

  3. Agus berkata:

    Maaf mas saya mau tanya kalo mau kembali dari windows 10 ke windows 7 datanya bakalan hilang atau tidak

  4. Danul berkata:

    Min.. Setelah backup and restore ke win 7 dari win 10, apakah data (D) (E) hilang?

    • admin berkata:

      Secara umum D dan E tidak hilang mas, yang hilang C:\ apabila proses dilakukan dengan benar. Nah, C:\ ini bisa dikembalikan lagi ke semula apabila punya file backup.

  5. Ria berkata:

    Mas laptop saya asus x540ya amd e1-7010 sebaiknya pakai windows apa. Saya bener2 ga paham,bisanya cuma pakai doang.
    Awalnya saya beli second di w10. Trus lemot, saya bawa ke toko instal katanya keberatan windows,trus sama tokonya di instal w.7 ultimate. Tapi data saya di D ilang? Gimana cara balikinnya mas? Mhn info. Trus jenis laptop saya ini cocoknya pake w. Apa?

  6. Excel berkata:

    Gan, laptopku win 10, bawaannya. Setelah saya downgrade ke win 7, malah mentok di logo starting windows. Begitu terus. Udah gua ganti activator win 7 manapun malah hasilnya nihil. Ada solusikah?

  7. Neni Anggraini berkata:

    Komputer saya saat ini adalah windows 10, nah disini saya ingin mengganti / kembali instalan tersebut ke windows 7. Cuman gk bisa, karena bagian recovery tidak ada pilihan untuk kembali ke windows mana yang diinginkan. Mohon sarannya ya. Terimakasih..

  8. Indrasahputrapangaribuan63@gma.com berkata:

    Mas kok nggk bisa aktivasi ya mas udhselalu dicoba nyesal jadinya pakai Windows 10

Muat diskusi lain
© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.