Cara Memperbaiki “USB Device Not Recognized” di Windows 10

Oleh | pada 31 Des, 2016 | 0 Komentar

Pesan kesalahan “USB Device Not Recognized” akan muncul ketika Windows 10 gagal mengenali perangkat USB yang tersambung ke komputer. Meskipun saat ini belum ada cara yang pasti untuk mengatasi hal tersebut, namun Anda dapat mencoba salah satu cara di bawah ini untuk memperbaikinya. Selain untuk Windows 10, cara ini juga berlaku untuk Windows 8.1.

USB Device Not Recognized

USB Device Not Recognized

Cara 1: Restart PC Windows Anda

Sering kali, dengan cara merestart komputer dapat mengatasi berbagai masalah Windows. Jadi, sebelum Anda melanjutkan ke langkah selanjutnya, ada baiknya Anda merestart komputer Anda terlebih dahulu. Dan jangan lupa untuk menyimpan semua pekerjaan Anda sebelum merestart komputer.

Sebelum klik Restart, saya menyarankan agar Anda mencabut perangkat USB terlebih dahulu agar nantinya perangkat tersebut dikenali ulang.

Cara 2: Cabut PC dari stop kontak dan sambungkan kembali dalam 15 menit

Cara ini mungkin terlihat konyol, namun beberapa pengguna Windows yang mendapat pesan error “USB Device Not Recognized” dapat kembali menggunakan perangkat USB mereka setelah menggunakan cara ini. Sebelum Anda mencabut kabel power supply dari stop kontak, pastikan Anda sudah mematikan komputer Anda dengan benar dengan shutdown terlebih dahulu. Tunggu 10 hingga 15 menit sebelum Anda kembali menyambungkan kabel listrik ke power supply.

Cara 3: Sambungkan perangkat USB ke port lain

Cara ketiga ini mungkin tidak selalu berhasil, namun tidak ada salahnya Anda mencoba slot USB lain ketika mendapat pesan error “USB Device Not Recognized”. Jika Anda sedang menggunakan komputer, saya menyarankan agar mencoba port USB yang terletak di belakang (karena terhubung langsung ke main board).

Cara 4: Update driver USB

Kemungkinan lainnya adalah karena driver USB untuk PC Anda sudah usang. Untuk memperbaruinya, ikuti langkah mudah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Device Manager dengan cara mengklik kanan tombol Start lalu klik opsi Device Manager.

Langkah 2: Klik ganda Universal Serial Bus controllers dan lihat apakah terdapat perangkat USB dengan label unknown. Jika ada Unknown USB device, klik kanan pada perangkat tersebut dan klik Update Driver Software. Klik Search automatically untuk memperbarui driver secara otomatis.

Update Driver USB Device Manager

Update Driver USB Device Manager

Cara 5: Update driver Generic USB Hub(s)

Selain karena driver perangkat itu sendiri, kerusakan “USB Device Not Recognized” juga dapat disebabkan karena driver USB Hub sudah usang. Untuk memperbarui driver USB Hub(s), ikuti langkah di bawah ini.

Langkah 1: Buka Device Manager sekali lagi. Lebarkan opsi Universal Serial Bus controllers untuk melihat Generic USB Hubs yang tersedia.

Langkah 2: Klik kanan pada opsi pertama Hub yang Anda temukan dan klik Update Driver Software. Klik Browse my computer for driver software, klik Let me pich from a list of device drivers on my computer, pilih Generic USB Hub, terakhir klik tombol Next.

Update Driver Software Device Manager

Update Driver Software Device Manager

Dalam beberapa detik seharusnya Anda akan melihat pesan “Windows has successfully updated your driver software”.

Label: ErrorUSB cara mengatasi usb device not recognized win 10cara memperbaiki usb device not recognizedcara mengatasi usb device not regornized di windows 10mengatasi usb driver 10cara mengatasi usb device not recognized windows 10cara mengatasi usb device not recognized pada windows 8Usb device not recognized di windowsusb not recognized di win 10cara mengatasi usb not recognized windows 10solusi usb not recognized windows 10cara usb device not recognizedcara mengatasi usb yang not recognized windows 10cara mengatasu usb device not recognized windows 10mengatasi win 10 usb nit recognizedcara mengatasi usb device not

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Memperbaiki Error "Display driver failed to start" di Windows 10

    Memperbaiki Error "Display driver failed to start" di Windows 10

    21 Mei, 2017 - 0 KomentarKadang-kadang, saat Windows gagal menjalankan driver grafis secara normal, ia akan menampilkan
  • Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    18 Mar, 2017 - 375 KomentarMemperbaiki instalasi Windows yang korup merupakan tugas yang sulit bagi pemula terutama bila anda
  • 3 Cara Memperbaiki Printer Rusak/Error Pada Windows 10

    3 Cara Memperbaiki Printer Rusak/Error Pada Windows 10

    13 Sep, 2015 - 1 KomentarSebelumnya Windown 10 telah masuk tahap pre-release atau pengujian dalam jangka waktu yang cukup
  • Cara Mengecek Dukungan USB 3.0 Pada PC Windows

    Cara Mengecek Dukungan USB 3.0 Pada PC Windows

    19 Nov, 2016 - 2 KomentarBelum lama ini, beberapa pembaca
  • Memperbaiki Error Microsoft Office 2010/2013 Dengan OffCat

    Memperbaiki Error Microsoft Office 2010/2013 Dengan OffCat

    9 Mei, 2015 - 1 KomentarJutaan pengguna komputer di seluruh dunia bergantung pada Microsoft Office untuk membuat

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.