Menutup Paksa Aplikasi Hang / Macet Menggunakan Task Manager

Oleh | pada 17 Apr, 2016 | 0 Komentar

Di Windows 10, Microsoft kembali menambahkan beberapa fitur baru yang ada di Task Manager. Saat ini ia dapat digunakan untuk mengelola aplikasi startup serta memberi informasi seberapa besar dampak yang diberikan saat aplikasi tersebut dijalankan. Anda juga dapat melihat riwayat aplikasi dan menyalin rincian proses dengan sangat mudah. Pada mode More Details, Task Manager kini memiliki dua tab yang dapat kita gunakan untuk mengelola aplikasi yang sedang berjalan pada saat itu. Tab tersebut adalah tab Processes dan tab Details. Pada kesempatan kali ini, AplikasiPC akan membagikan sebuah trik sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menutup aplikasi secara paksa (kill) ketika aplikasi tersebut sedang hang (macet) atau not responding.

Untuk menutup aplikasi secara paksa, pertama-tama Anda perlu memilih aplikasi tersebut melalui tab Processes. Setelah itu, Anda perlu mengklik opsi End Task untuk menutup aplikasi. Selain menggunkan mouse, Microsoft juga telah menyediakan pintasan untuk melakukan hal di atas yakni dengan cara menggunakan tombol Del yang ada pada keyboard Anda.

Menutup aplikasi secara paksa menggunakan Task Manager di Windows 10

Menggunakan opsi End Task yang ada di tab Processes sering kali hanya dapat berkerja jika aplikasi tersebut masih merespon. Sayangnya, jika aplikasi tersebut sedang hang / macet, opsi End Task kadang baru dapat menutup aplikasi setelah jeda beberapa saat. Hal tersebut dikarenakan saat Anda memilih opsi End Task, Windows akan mencoba membuat file dump terlebih dahulu untuk menganalisa apa penyebab aplikasi tersebut hang atau crash. Baru setelah Windows sukses menganalisa, Task Manager akan benar-benar menutup aplikasi tersebut. Untuk menutup aplikasi yang sedang hang dengan cepat, Anda dapat menggunkaan tombol End task yang ada di tab Details.

Task Manager di Windows 10

Task Manager di Windows 10

Cara ini biasa kita gunakan pada versi Windows lama dimana Task Manager hanya menampilkan nama proses saja dan bukan nama aplikasi. Menggunakan opsi End Task yang ada di tab Details, Windows tidak akan membuat file dump terlebih dahulu sehingga penutupan aplikasi dapat dilakukan secara instan. Jika Anda belum mengetahui apa nama proses aplikasi yang ingin Anda tutup, pertama-tama masuk ke tab Processes, klik kanan aplikasi yang ingin Anda tutup secara paksa, dan klik Go to details. Selanjutnya Anda akan dibawa ke tab Details secara otomatis dan langsung merujuk ke aplikasi yang ingin Anda tutup tadi.

Disini Anda juga dapat menggunakan pintasan tombol Del untuk menutup aplikasi. Perbedaan lain antara End task yang ada di tab Processes dan tab Details ialah di tab Processes Task Manager tidak menampilkan peringatan ketika menutup aplikasi dan langsung menutup aplikasi ketika diperintahkan, sedangkan opsi End Task di tab Details, ia memunculkan peringatan terlebih dahulu sebelum menutup aplikasi secara paksa.

Label: AplikasiTask ManagerTrik cara menutup paksa aplikasi excelcara cepat menutup sofwere yang macetmenutup program secara aksa komputer menggunakantulisan audio audio menhunakan task managertask manger yang harus task windowscara menutup paksa aplikasi windowstombol keyboard mengeluarkan aplikasi paksacara task program komputer sedang hangtidak bisa menutup paksa aplikasi windowspada saat masuk windows processingcara meclose aplikasi secara paksa windowstombol tutup paksa padacara tutup paksa aplikasi downcara mengeluarkan aplikasi dari komputer secara paksa windowscara mengatasi aplikasi crash menutup secara paksa

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara Restart Paksa Windows 10 Ketika Hang

    Cara Restart Paksa Windows 10 Ketika Hang

    10 Agu, 2016 - 0 KomentarWindows 10 memiliki cara rahasia untuk memulai ulang Windows secara paksa yang disebut
  • 7 Cara Untuk Membuka Task Manager di Windows 10

    7 Cara Untuk Membuka Task Manager di Windows 10

    19 Agu, 2016 - 0 KomentarTask Manager di Windows 10 tidak hanya dapat kita gunakan untuk menutup paksa (kill)
  • Cara Menghilangkan Aplikasi & Icon "Get Windows 10" Dari Taskbar

    Cara Menghilangkan Aplikasi & Icon "Get Windows 10" Dari Taskbar

    11 Jul, 2016 - 13 KomentarPada artikel sebelumnya saya telah banyak membahas mengenai aplikasi baru yang bernama "Get Windows
  • Apa yang Baru di Windows 8 Release Preview (RC)?

    Apa yang Baru di Windows 8 Release Preview (RC)?

    19 Jul, 2016 - 0 KomentarSeperti yang kita semua tahu Microsoft telah merilis Release Preview (RC) Windows 8 untuk umum yang
  • Download Microsoft Download Manager Gratis

    Download Microsoft Download Manager Gratis

    12 Jan, 2015 - 4 KomentarMicrosoft telah merilis download manager gratis untuk Windows.Microsoft Download

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.