Tutorial Cara Install Windows Media Center Pada Windows 10

Oleh | pada 8 Sep, 2015 | 0 Komentar

Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa Windows Media Center atau yang biasa disapa WMC saja sudah dicabut keberadaannya dari Windows 10. Meskipun Anda menginstall Windows 10 dari hasil upgrade Windows 8.1 maupun Windows 7, Windows Media Center tetap saja akan tidak ada.

Windows Media Center Windows 10

Windows Media Center Windows 10

Sedikit Cerita Mengenai Windows Media Center

Windows Media Center pertama kali diperkenalkan pada Windows XP di tahun 2002 yang lalu dengan nama Windows XP Media Center Edition. Setelah rilis Windows XP Media Center Edition tersebut, hingga Windows 8.1 dirilis Windows Media Center masih terinstall secara default. Baru pada Windows 10 Microsoft memutuskan untuk menghilangkan Windows Media Center karena sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang serupa.

Install Windows Media Center di Windows 10

Sama seperti fitur klasik Windows lainnya, ketika Microsoft menghentikan dukungan fitur maupun program tertentu, penggemar dan pengembang Windows selalu mencoba untuk memaksakan agar fitur / program lama tersebut dapat di install pada Windows versi terbaru. Sama halnya dengan Windows Media Center, karena Microsoft telah menghentikan dukungan Windows Media Center pada Windows 10, sehingga menarik para pengembang Windows agar Windows Media Center kembali dapat di install di Windows terbaru ini.

Saat tulisan ini diterbitkan, pengembang dan penggemar Windows @ MDL Forum masih berusaha agar Windows Media Center ini dapat digunakan di Windows 10 secara penuh. Saat ini memang Windows Media Center buatan MDL Forum sudah dapat digunakan hampir pada semua perangkat Windows 10, namun pada beberapa perangkat, masih ditemukan bug-bug yang masih belum jelas apa penyebabnya.

Anda perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini agar Windows Media Center dapat terinstall dengan sempurna pada Windows 10 Anda. Dan sebagai catatan, AplikasiPC merekomendasikan agar Anda membuat system restore point terlebih dahulu sehingga ketika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan, Anda dapat dengan mudah mengembalikan Windows 10 Anda seperti semula.

Langkah 1: Kunjungi halaman ini dan cari link download WMC terbaru untuk Windows 10.

Langkah 2: Ekstrak file RAR yang telah Anda download pada langkah 1.

Langkah 3: Klik kanan file _TestRights dan klik Run as administrator. Klik Yes jika jendela User Account Control muncul.

Setelah instalasi berjalan, jendela Command Prompt akan terbuka secara otomatis. Ketika jendela Command Prompt tertutup dan membuka jendela baru, ikuti langkah 4 di bawah ini. Namun jika jendela baru Command Prompt tidak kunjung muncul, restart PC Anda terlebih dahulu lalu ulangi langkah di atas.

Langkah 4: Klik kanan file installer (file CMD) dan klik Run as administrator. Klik Yes jika jendela UAC muncul agar instalasi segera dimulai.

File untuk menguninstall / menghapus Windows Media Center juga telah disediakan untuk berjaga-jaga ketika Anda sudah tidak menginginkan Windows Media Center di Windows 10 Anda lagi. Jangan lupa untuk menjalankan file uninstaller tersebut sebagai Administrator ketika Anda membukanya.

Semoga berhasil! 🙂

Label: TutorialWindows Media CenterWMC cara instal windows media player di windows 10cara install windows media playercara install aplikasi windowsmenjalankan program windows pada windowssystem restore tidak bisa digunakan pada windowscara mengisntal game window filecara menginstal windows media centercara menghilangkan windows media center pada windowsmrnambahkan windows media player windowscara buka media centerwindows media center terbarumengapa mediq center tidakwindows media player dalaminstall windows media player windowscara memasang windows media center windows

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara menginstall Windows Media Center di Windows 8

    Cara menginstall Windows Media Center di Windows 8

    8 Nov, 2014 - 1 KomentarSeperti yang kita semua tahu Microsoft telah merilis Windows 8 Release Candidate (RC) gratis untuk
  • Download tema Windows Media Player 12 Windows 7

    Download tema Windows Media Player 12 Windows 7

    19 Feb, 2017 - 3 KomentarWindows Media Player adalah salah satu media player yang paling banyak digunakan di dunia. Windows
  • Tutorial Cara Upgrade Windows  7 / 8.1 Ke Windows 10 Full Gratis

    Tutorial Cara Upgrade Windows 7 / 8.1 Ke Windows 10 Full Gratis

    19 Jun, 2016 - 55 KomentarSeperti yang sebelumnya telah AplikasiPC tulis bahwa pengguna legal Windows 7 dan Windows 8.1 dapat
  • Microsoft mengumumkan Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows 8 Enterprise

    Microsoft mengumumkan Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows 8 Enterprise

    10 Des, 2014 - 2 KomentarBerita utama Windows 8:  Microsoft mengkonfirmasikan bahwa Windows 8 akan
  • Download Nero Kwik Media Gratis

    Download Nero Kwik Media Gratis

    3 Mei, 2015 - 0 KomentarNero telah merilis versi gratis dari software burning CD/DVD mereka yang terkenal.Nero

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.