Cara Password File ZIP Menggunakan 7-Zip di Windows 10

Oleh Netrix Ken

Siapa yang tidak tahu 7-Zip? 7-Zip merupakan salah satu aplikasi pengarsipan terbaik yang tersedia secara gratis untuk hampir semua sistem operasi yang ada saat ini, termasuk Windows 10. Selain dapat kita gunakan untuk melihat isi berbagai format arsip seperti *.7z, *.zip dan *.rar, 7-Zip juga dapat kita gunakan untuk mengekstrak dan membuat file arsip dengan format tersebut. Fitur utama lain dari 7-Zip adalah ia dapat membuat file arsip dengan password di dalamnya sehingga hanya kita yang nantinya dapat melihat maupun mengekstrak isi arsip tersebut.

Dengan kata lain, apabila Anda ingin memberi password ke file maupun folder sebelum di upload ke internet, Anda dapat menggunakan aplikasi yang satu ini. 7-Zip menggunakan metode enkripsi yang cukup kuat yaitu AES-256 sehingga lebih aman dari software lain yang serupa.

Agar file arsip menanyakan password setiap kali dibuka, kita harus menggunakan format *.7z. Jika kita memberi password ke arsip berformat ZIP, maka pemegang file akan tetap dapat melihat isi file. Meskipun dapat melihat isi file arsip, namun setiap kali akan di ekstrak tetap membutuhkan password yang sudah disetel sebelumnya. Untuk itu, sebaiknya gunakan format arsip *.7z agar siapapun yang memiliki file tersebut tidak dapat melihat isi yang ada di dalamnya, termasuk nama file.

Password File dan Folder Menggunakan 7-Zip

Langkah 1: Download dan install aplikasi 7-Zip terlebih dahulu apabila belum di install di komputer Anda.

Langkah 2: Klik kanan pada file / folder yang ingin di password, pilih 7-Zip lalu klik pilihan Add to archive. Selanjutnya jendela pengarsipan akan muncul.

7-ZIP - Add to archive

7-ZIP – Add to archive

Langkah 3: Disini, pilih lokasi dimana file arsip yang tersandi akan disimpan dan beri nama arsip tersebut.

Langkah 4: Pilih format arsip yang Anda inginkan. Di contoh ini saya menggunakan ZIP (default aplikasi akan memilih 7z).

7-ZIP - Password File dan Folder

7-ZIP – Password File dan Folder

Jika Anda juga menginginkan agar nama file yang ada di dalam arsip tidak dapat dibaca tanpa password, pada langkah 4 pilih 7z sebagai format arsip.

Secara default, aplikasi 7-Zip tidak menghapus file asli yang di arsip. Jika Anda ingin langsung menghapus file tersebut setelah arsip selesai dibuat, centang opsi “Delete files after compression”. Atau jika terlanjur, Anda dapat menghapus file tersebut secara manual.

Langkah 5: Terakhir, pastikan opsi enkripsi AES-265 terpilih dan masukan password yang Anda kehendaki untuk melindungi arsip Anda dari orang yang tidak bertanggung jawab. AplikasiPC menyarankan agar Anda menggunakan password kombinasi antara huruf besar, huruf kecil, nomor, dan tanda baca. Contoh P4s$w.r|).

Label: 7-ZIP7zRARWindows 10ZIP aplikasi buat buka zip di windows 10cara membobol password file 7z di windows 10cara password file zip

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Membuat Password Pada Dokumen Microsoft Word

    Membuat Password Pada Dokumen Microsoft Word

    21 Mei, 2018 - 1 KomentarJika Anda mempunyai dokumen penting (pada Micorosoft Word misalnya) maka sudah seharusnya kita
  • Cara Mengunci Password File PDF di Windows 10

    Cara Mengunci Password File PDF di Windows 10

    8 Mar, 2018 - 0 KomentarApakah Anda sedang mencari cara untuk menambahkan password ke file PDF? Ingin mengunci file PDF
  • Enkripsi / Kunci File dengan EncryptOnClick Pada Windows

    Enkripsi / Kunci File dengan EncryptOnClick Pada Windows

    31 Mei, 2016 - 0 KomentarDi dunia digital, menjaga kemanan data adalah prioritas tertinggi. Hal itu karena informasi
  • Cara Reset Password BIOS Komputer & Laptop Saat Lupa

    Cara Reset Password BIOS Komputer & Laptop Saat Lupa

    6 Mei, 2019 - 20 KomentarTerdapat berbagai cara untuk melindungi komputer kita dari tangan-tangan jahil. Salah satu cara
  • Cara Mengubah Password PIN dan Foto di Windows 10

    Cara Mengubah Password PIN dan Foto di Windows 10

    31 Agu, 2017 - 0 KomentarBagi sebagian orang komputer merupakan barang yang bersifat pribadi. Menggunakan komputer, Anda

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2019AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.