Cara Update & Melihat Password Tersimpan di Browser Chrome

Oleh Netrix Ken

Selain menggunakan password yang kuat (kombinasi angka, huruf besar / kecil, dan tanda baca), kita juga perlu mengganti password beberapa bulan sekali untuk menghindari pencurian akun. Menggunakan satu password untuk satu situs juga sangat disarankan oleh pakar keamanan dunia, karena biasanya setelah satu situs yang terdapat akun Anda diretas, maka peretas tersebut akan dapat membuka akun Anda di situs lain yang menggunakan username dan password yang sama.

Setelah kita mengubah password, ada baiknya kita memperbarui password yang tersimpan di browser Chrome agar kita tidak lupa saat hendak login kembali.

Sayangnya, untuk saat ini Chrome tidak menyediakan form untuk mengubah password secara langsung. password yang tersimpan di Google Chrome hanya dapat dilihat atau dihapus saja. Tidak pasti apa penyebabnya, padahal fitur ini sangat penting dan browser seperti Firefox / Opera memiliki fitur ini. Untuk itu, berikut AplikasiPC berikan cara untuk mengubah & melihat password di browser Google Chrome dengan mudah. Simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Cara mengubah password Chrome
  2. Cara melihat password Chrome

Cara update password di Chrome

Berikut adalah langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengubah password di Chrome.

Langkah 1: Di kolom alamat, ketik chrome://settings/passwords lalu tekan tombol Enter setelahnya untuk membuka halaman pengaturan password.

Langkah 2: Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini, disini Chrome akan menampilkan semua password yang tersimpan di browser. Untuk mengupdate password Anda, pertama Anda harus menghapus password yang tersimpan terlebih dahulu dengan cara mengklik tanda tiga dot yang terletak di sebelah password tujuan Anda dan klik pilihan Remove.

Password Google Chrome

Password Google Chrome

Langkah 3: Setelah password terhapus, buka kembali situs yang ingin Anda simpan kata sandinya. Karena pada langkah sebelumnya kita sudah menghapus password yang tersimpan, maka sekarang kita hanya perlu menyimpannya kembali dengan cara login ke situs tujuan dan klik Save / Simpan ketika Chrome memunculkan pop-up.

Cara melihat password tersimpan di Chrome

Langkah 1: Untuk melihat password yang tersimpan di browser Chrome, pertama-tama ketik chrome://settings/passwords di kolom alamat lalu tekan tombol Enter.

Langkah 2: Klik pada ikon tanda tiga dot yang terletak di sebelah kanan alamat website lalu klik pilihan Details.

Password Google Chrome

Password Google Chrome

Langkah 3: Terakhir, klik ikon mata yang terdapat di sebelah kolom password. Jika sudah, Chrome akan langsung memunculkan password yang tersimpan untuk situs tersebut.

Lihat Password Google Chrome

Lihat Password Google Chrome

Selamat mencoba! Apabila ada kendala, jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui kolom komentar.

Label: BrowserChromePasswordTutorialUpdate cara melihat pasword yang tersimpan di broser bawaan

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Download Google Chrome Terbaru 79.0.3945.88

    Download Google Chrome Terbaru 79.0.3945.88

    4 Mei, 2019 - 5 KomentarHampir tiga minggu setelah rilis pertama dari 10 Chrome Beta, versi stabil dari Chrome 79.0.3945.88
  • Cara Menampilkan Kata Sandi Tersimpan di Microsoft Edge

    Cara Menampilkan Kata Sandi Tersimpan di Microsoft Edge

    4 Apr, 2018 - 2 KomentarSama seperti kebanyakan browser yang beredar di Internet, browser baru bawaan Windows 10 (Microsoft
  • Cara Reset Pengaturan Browser Chrome Saat Error / Rusak

    Cara Reset Pengaturan Browser Chrome Saat Error / Rusak

    5 Jan, 2020 - 0 KomentarSaat menginstall aplikasi, terkadang di dalam prosesnya akan mengubah pengaturan sistem Windows dan
  • Mempercepat Browser Windows 10 Menggunakan SpeedyFox

    Mempercepat Browser Windows 10 Menggunakan SpeedyFox

    4 Feb, 2017 - 0 KomentarGoogle Chrome saat ini masih menjadi browser yang paling banyak digunakan untuk sistem operasi
  • Download Gratis Google Chrome Terbaru

    Download Gratis Google Chrome Terbaru

    1 Feb, 2019 - 7 KomentarSebuah kabar baik bagi Anda para pencinta dan pengguna setia browser Google Chrome! Tim developer

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2020AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.