Enkripsi / Kunci File dengan EncryptOnClick Pada Windows

Oleh Riyana Dwi Lestari

Di dunia digital, menjaga kemanan data adalah prioritas tertinggi. Hal itu karena informasi bersifat sensitif dan dapat dengan mudah disalahgunakan jika jatuh di tangan yang salah. Salah satu cara untuk melindungi informasi dan data digital adalah mengenkripsinya. Sebuah sandi atau password dapat melindungi file, dimana file tersebut hanya akan terbuka jika Anda memasukkan password dengan benar. Untuk melakukan proses tersebut dengan cepat, berikut adalah beberapa software Free File Encryption yang tersedia untuk pengguna Windows. Salah satu aplikasi tersebut adalah EncryptOnClick.

EncryptOnClick adalah aplikasi yang mudah dan sederhana yang dapat digunakan untuk mengenkripsi data maupun dokumen. EncryptOnClick menawarkan enkripsi yang aman dan metode dekripsi (i.e. 256-bit AES encryption). Fungsi enkripsi dalam aplikasi ini sangatlah mudah. Untuk mengenkripsi file, tombol tersebut ditampilkan di sebelah kiri. Sedangkan di sebelah kanan adalah untuk mendekripsi file.

Ketika file telah dienkripsi, selanjutnya file tersebut dikompresi, sehingga mengurangi ukuran file tersebut. File yang telah dienkripsi dan dikompresi dapat didekripsi dan dibuka menggunakan peralatan “third-party” seperti WinZip9. Namun, Anda harus memastikan bahwa password benar. Anda juga dapat memilih untuk melihat password ketika memasukannya dan apakah akan menghapus file setelah enkripsi atau dekripsi.

EncryptOnClick dapat mengenkripsi satu file atau beberapa file di dalam sebuah folder. Namun, tidak akan mengenkripsi folder itu sendiri. Hal ini juga dapat digunakan bahkan pada USB Disk.

Cara menggunakan EncryptOnClick

Setelah Anda mendownload dan menginstall aplikasi, Anda dapat melihat interface dari EncryptOnClick. Menampilkan 4 tombol dengan dua di setiap sisinya. Tombol sebelah kiri untuk mengenkripsi file. Tombol yang ditampilkan di sebelah kanan untuk dekripsi file. Ketika Anda klik tombol sebelah kiri untuk enkripsi file, Anda perlu menelusuri file atau folder melalui jendela browser. Setelah itu, Anda diharuskan untuk memasukan sandi. Setelah password dimasukkan, file yang terpilih akan dienkripsi.

EncryptOnClick

EncryptOnClick

Jika Anda lupa password Anda, tidak ada cara untuk memulihkannya. Sekali file terenkripsi, maka akan file itu hanya terbuka dengan password yang benar, dan jika password tersebut salah, maka data Anda akan hilang. Oleh karena itu, pembuat freeware ini memperingatkan pengguna untuk mengingat password mereka.

Password

Password

EncryptOnClick sangat mudah untuk digunakan dan merupakan aplikasi yang sederhana untuk mengenkripsi file. Anda dapat melindungi data Anda dengan memasukan sebuah password dengan sederhana. Aplikasi ini dapat diandalkan jika dilakukan dengan hati-hati tanpa melupakan password.

Anda dapat mendownload aplikasi sederhana ini di: www.2brightsparks.com. Aplikasi ini berukuran 1.27 MB yang dapat akan terdownload dan terinstall hanya dalam beberapa menit.

Untuk percobaan, sebaiknya gunakan data yang tidak begitu penting terlebih dahulu. Karena jika Anda lupa dengan passwordnya, maka data tersebut akan hilang selamanya. Berikut saran dari saya. Terima kasih telah menyempatkan membaca. 🙂

DekripsiEncryptOnClickEnkripsi aplikasi windows untuk enkripsi passwordcara mengatasi enskripsi pccara buka konci enkripsimenghapus enkripsi di windowsaplikasi enkripsimenghapus sandi enkripsi pccara mengenkripsi pwassord setiap folder hplupa password enkripsi aplikasilupa sandi enkripsi aplikasilupa kata sandi enkripsilupa password enkripsihttps aplikasipc enkripsi kunci file dengan encryptonclick pada windowscara mengenkripsi aplikasicara mengganti password file enkripsilupa kata sandi enkripsi file

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.