Cara Reset Password BIOS Komputer & Laptop Saat Lupa

Oleh | pada 13 Des, 2017 | 4 Komentar

Terdapat berbagai cara untuk melindungi komputer kita dari tangan-tangan jahil. Salah satu cara yang paling aman digunakan ialah dengan cara mengunci file / folder yang ada di dalam Windows lalu meng-enkripsi disk tersebut. Selain itu, adapun cara mudah mengunci komputer yaitu dengan menggunakan password BIOS sehingga PC Anda tidak dapat booting sama sekali.

Bagi pengguna sistem operasi Windows, cara paling mudah untuk mengunci komputer ialah dengan cara memberi password pada akun yang kita gunakan untuk login. Meskipun cara tersebut cukup efektif, namun dengan hanya mengunci user account saja orang lain akan tetap dapat booting hingga masuk ke login screen. Lebih gawatnya lagi, apabila ada tangan jahil yang berpengalaman dan menggunakan Linux Live CD atau Windows Live media, dipastikan dia akan dapat mengakses sekaligus menyalin semua data yang ada di komputer Anda.

Password BIOS

Password BIOS

Karena jika lupa password login Windows masih dapat diakali dengan bootable media buatan pihak ketiga, maka bagi kebanyakan pengguna Windows lebih memilih menggunakan password BIOS. Mengunci komputer menggunakan password BIOS relatif lebih aman ketimbang menggunakan password akun Windows karena sebelum booting ke sistem operasi, BIOS akan menanyakan password terlebih dahulu.

Meskipun password BIOS dapat di reset dengan cara melepas baterai CMOS yang ada di motherboard, namun cara tersebut tergolong sulit karena secara otomatis kita harus melepas casing komputer terlebih dahulu. Apalagi jika Anda menggunakan laptop / tablet, maka menghilangkan password BIOS akan lebih sulit lagi.

Jika Anda terlanjur memasang password pada BIOS komputer Anda namun nahas lupa password BIOS, maka ada dua cara yang dapat Anda gunakan. Cara pertama ialah dengan melepas baterai CMOS yang ada di mainboard. Dan cara kedua ialah dengan menggunakan layanan dari pihak ketiga untuk mendapatkan password utama yang ditanamkan di dalam motherboard. Menggunakan cara ini Anda perlu kode BIOS / Service Tag terlebih dahulu. Cara mendapatkan kode BIOS ikuti langkah di bawah ini.

Cara Reset Password BIOS

Catatan: Do With Your Own RISK! Meskipun saya sudah berhasil mengetes pada laptop Dell, Acer, Lenovo, dan HP, namun tetap ada kemungkinan gagal sehingga Anda harus melepas baterai CMOS untuk menghilangkan password BIOS.

Langkah 1: Matikan PC Anda lalu masukan password BIOS yang salah berulang kali hingga BIOS terkunci total.

Langkah 2: Disini, kode BIOS akan muncul. Catat kode BIOS tersebut terlebih dahulu. Kita akan menggunakan kode BIOS ini pada langkah selanjutnya.

Kode Password BIOS

Kode Password BIOS

Langkah 3: Gunakan perangkat yang dapat mengakses internet lalu kunjungi bios-pw.org, ketik kode yang Anda dapatkan dari langkah 2 pada situs tersebut lalu klik tombol Get password.

Langkah 4: Terakhir, gunakan password yang muncul pada halaman tersebut pada PC Anda. Jika tidak bisa, restart terlebih dahulu PC Anda agar kolom untuk memasukan password muncul.

Password BIOS

Password BIOS

Mudah bukan? Kini seharusnya Anda dapat kembali masuk ke Windows seperti biasa.

Label: BIOSKunciPasswordWindows cara mengatasi lupa pass bioscara reset bios menggunakan keydiskbagaimana asa membuka kunci bioscara menghapus semua data di laptop yang lupa passwordcara menghapus kode bios laptopcara resset password komputer yang lupacara mengatasi lupa password aminstratordari bioscara trun off password lupa via bioscara membuka kunci bios yang lupa sandi laptop dellcara hapus kode pasword di menu boot laptopmengatasi lupa las bioscara reset pas bioscara reset menggunakan biosbuka kunci bios 2018menghilabgkan pasword bios

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara Menghapus Password User Account di Windows 10

    Cara Menghapus Password User Account di Windows 10

    5 Agu, 2018 - 48 KomentarSistem operasi Windows memiliki fitur dimana Anda dapat mengatur password atau kata sandi untuk
  • Cara Recover/Reset/Lupa Root Password Pada CentOS Linux

    Cara Recover/Reset/Lupa Root Password Pada CentOS Linux

    12 Agu, 2018 - 2 KomentarPernahkah Anda berada pada situasi dimana Anda lupa password Anda pada sistem operasi Linux? Atau
  • Cara Reset Pengaturan Browser Microsoft Edge Dengan Mudah

    Cara Reset Pengaturan Browser Microsoft Edge Dengan Mudah

    29 Agu, 2018 - 2 KomentarHampir semua web browser keluaran terbaru dipastikan memiliki pengaturan untuk
  • Cara Mengunci & Membuka Kunci Windows 10 Menggunakan PIN

    Cara Mengunci & Membuka Kunci Windows 10 Menggunakan PIN

    1 Okt, 2018 - 0 KomentarWindows 10, sistem operasi Windows yang paling baru, menawarkan banyak cara untuk mengunci
  • Cara Reset Pengaturan TouchPad (Mouse) di Windows 10

    Cara Reset Pengaturan TouchPad (Mouse) di Windows 10

    12 Agu, 2018 - 12 KomentarHampir semua laptop yang dirilis semenjak tahun 2015 pasti dilengkapi touchpad dengan

4 Komentar ke "Cara Reset Password BIOS Komputer & Laptop Saat Lupa"

  1. Anca berkata:

    Kalau copot batre cmos data d hardisk ttp aman min?

  2. Pholly Santhos berkata:

    slmt sore pak bisa tanya ka kalo masalah bios bisa berbaiki ka.
    password di HDD itu bisa perbaiki ko kalo bisa berbaiki dengan solusi bagaimana
    terima kasih

  3. Ruslan berkata:

    Mau nanya ndan.. Sy punya laptop fujitsu yg terkunci bios’y, mau install ulang ga bisa krn bios terkunci & masuk windows jg ga bs, sy sdh coba bongkar smua & melepas batrey cmos’y tapi tetap aj ga bs, tolong ndan solusi’y

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2018 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.