Tutorial Cara Mengubah Font Default di Windows 10

Oleh | pada 27 Jul, 2017 | 11 Komentar

Segoe UI adalah font default di Windows 10. Font default ini digunakan hampir di semua tempat mulai dari desktop hingga File Explorer dan Settings di Windows 10.

Banyak pengguna PC yang pernah menggunakan Windows XP dalam jangka waktu yang lama merasa font Windows 10 sedikit kurang nyaman dibaca. Sebagian besar dari mereka lebih menyukai untuk menggunakan font Tahoma yang melekat pada Windows XP.

Tidak seperti pada Windows 7 dan versi Windows sebelumnya, untuk mengubah font di Windows 10 tidak semudah mengubah font pada versi Windows sebelumnya yang dikarenakan oleh dihapusnya pengaturan Window Color and Appearance. Saat ini, tidak ada pengaturan di Control Panel maupun Settings yang dapat kita gunakan untuk mengubah font default. Dan sayangnya, hingga saat ini juga belum ada pengembang aplikasi yang menyediakan tool gratis untuk mengubah font di Windows 10.

Baru-baru ini, salah satu member Super User telah memposting cara untuk mengubah font default di Windows 10 dengan font pilihan Anda sendiri. Tutorial yang akan AplikasiPC tulis kali ini adalah mengenai hal tersebut. Sebelumnya, kita telah mempersiapkan file registry yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses penggantian font di Windows 10.

Catatan: Dikarenakan cara di bawah ini membutuhkan modifikasi pada Registry, kami merekomendasikan agar Anda membuat system restore point secara manual sebelum melanjutkan.

Langkah 1: Pertama-tama, download file ubah-font.zip disini (thanks to Tom @ Super User).

Extract File ZIP

Extract File ZIP

Tujual hasil extract

Tujual hasil extract

Langkah 2: Klik kanan file ubah-font.zip, lalu klik Extract all, pilih lokasi dimana Anda ingin mengekstrak isi ubah-font.zip lalu klik tombol Extract. Pada langkah ini seharusnya file ChangeFont.reg akan muncul.

Langkah 3: Pada pengaturan awal, file registry ChangeFont ini akan mengubah font Segoe UI ke Tahoma. Harap baca langkah 4, langkah 5, dan langkah 6 secara teliti jika Anda ingin mengubah font Windows 10 menggunakan font selain Tahoma.

Dan, jika Anda ingin mengkonfigurasi Tahoma sebagai font default Anda, klik ganda file ChangeFont.reg lalu klik Yes dan OK jika muncul dialog konfirmasi.

Konfirmasi mengubah registry

Konfirmasi mengubah registry

Konfirmasi mengubah registry

Konfirmasi mengubah registry

Setelah sukses, keluar dari akun Windows Anda lalu sign in kembali untuk melihat perubahan (restart juga bisa). Untuk restart, buka Start menu lalu klik Power dan pilih restart.

Langkah 4: Untuk mengubah font ke selain Tahoma, klik kanan file ChangeFont.reg, pilih Open With, lalu pilih Notepad untuk mengubah isi konten dari file ChangeFont.reg.

Open with Notepad

Open with Notepad

Langkah 5: Ganti font Tahoma dengan nama font yang ingin Anda jadikan font default (lihat gambar). Tekan CTRL + S atau klik File => Save untuk menyimpan perubahan. Contohnya, jika Anda ingin mengatur agar menggunakan font Verdana sebagai font default, ubah Tahoma dengan Verdana dan jangan lupa untuk menyimpan file setelahnya.

Edit registry di Notepad

Edit registry di Notepad

Langkah 6: Terakhir, klik ganda file yang sudah Anda edit tadi dan klik Yes lalu OK jika muncul dialog konfirmasi. Restart PC Anda untuk melihat perubahan.

Jika Anda mengalami masalah setelah mengubah font default Windows 10, gunakan restore point yang sebelumnya sudah Anda buat untuk mengembalikan Windows seperti semula.

Label: FontTutorial cara mempertebal tulisan di dekstop windows 10cara mengganti bentuk huruf windows @0Mengganti tulisan windows 10cara mengecilkan font windows 10Cara mengubah font windows 10font /tulisan di pc win 10 procara merubah font saat windows startingcara mengubah font di windows 10cara mengubah tampilan font di win 10cara merubah font win 10cara merubah font windows 10merubah bentuk tulisan windows 10cara merubah font di windows 10cara hitamkan tulisan di asus windows 10cara mengganti font windows 10

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Mengubah Ukuran Font di Windows 10 Creators Update

    Mengubah Ukuran Font di Windows 10 Creators Update

    7 Mei, 2017 - 0 KomentarHadirnya Windows 10 Creators Update membuat beberapa pengguna mengalami kesulitan.
  • Cara Menghapus dan Install Font di Windows 10

    Cara Menghapus dan Install Font di Windows 10

    2 Jul, 2017 - 1 KomentarHampir semua versi Windows yang telah rilis saat ini hadir dengan sepuluh font yang cukup cantik.
  • Cara Mengubah Printer Default di Windows 10

    Cara Mengubah Printer Default di Windows 10

    6 Okt, 2016 - 0 KomentarPengaturan bawaan Windows 10, ia akan otomatis memilih printer default untuk Anda berdasarkan
  • Membuat template pada Wordpad

    Membuat template pada Wordpad

    11 Mar, 2014 - 0 KomentarJika Anda sering menggunakan Wordpad untuk menyunting dokumen Anda, mungkin Anda akan merasakan
  • Cara Mengubah Background Login / Logon / Welcome Screen Windows 10

    Cara Mengubah Background Login / Logon / Welcome Screen Windows 10

    29 Okt, 2017 - 9 KomentarTampilan login / logon screen di Windows 10 kini sudah benar-benar dirombak oleh Microsoft. Gambar

11 Komentar ke "Tutorial Cara Mengubah Font Default di Windows 10"

  1. Rama Dikky berkata:

    Gan, kemaren ane ganti font windows 10, skrg mau balikin ke font semula
    cara balikinnya gmna ya gan? soalnya kemaren lupa buat system restore pointnya ..
    ga nyaman sama font lain ternyata hehehe

  2. ardhana berkata:

    selain tohama sama vedana apa ya min kebrsaran min

  3. moody agnes berkata:

    saya seorang ibu rumah tangga yang sering kali disibukkan dengan membuat tugas sekolah anak, seperti membuat makalah, paper dan tugas mapel lainnya. tapi sangat disayangkan saya tidak bisa menginstal huruf/font dalam windows 10. saya memilki koleksi huruf baik ttf maupun otf tapi kedua jenis huruf ini tidak bisa diinstal karena bukan validfont. bagaimana caranya saya bisa memperkaya font. apakah windows 10 hanya menerima jenis font tertentu? bagaimana caranya saya menginstal. kalau di windows 7 bisa diinstal dengan cara copas. tapi untuk win-10 tidak bisa sama sekali….mohon arahan adik yang lebih melek it..untuk menolong saya agar bisa buat tugas anak saya dengan berbagai jenis huruf yang bagus2. thx mau berbagi…

  4. amal berkata:

    kak bisa kasih daftar font yang bisa dipake ga? saya coba font comic sans ms yang ada di ms word..tapi pas di restart fontnya ga berubah ke comic sans ms..makasih kak sebelumnya

  5. naz berkata:

    min, mau nanya. aku kan udh ikutin langkahnya tapi pas yg langkah 4 kok gabisa open with notepad ya?

  6. prans berkata:

    min, kok pas mau save ga ada konfirmasiinya gitu? terus pas restart ga berubah

  7. javid berkata:

    gan,saya lupa buat restore point,nah cara nge defaultnya lagi selain pakai cara yg ke 5 gimana ya?

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.