3 Alasan Mengapa Anda Tidak Mendapatkan Windows 10 November Update

Oleh Netrix Ken

Sudah beberapa jam berlalu semenjak Microsoft meluncurkan update utama untuk sistem operasi terbarunya, yakni Windows 10. Update ini dijuluki November Update, sesuai dengan bulan dimana update tersebut diluncurkan. Update utama Windows 10 kali ini hadir membawa peningkatan perfoma umum pada Windows 10 dan juga perbaikan masalah-masalah pada Windows 10 yang beberapa bulan ini mengganggu pengguna Windows 10.

Karena pengguna Windows 10 saat ini mencapai lebih dari 115 juta pengguna, sepertinya sangat tidak mungkin jika semua pengguna langsung mendapatkan update karena keterbatasan resource yang server Microsoft miliki. Banyak pengguna Windows 10 yang melaporkan sama sekali tidak mendapatkan update, dan ada juga yang melaporkan ketika update berjalan, ia macet di 44%.

Logo Windows 10

Logo Windows 10

Jika Anda juga merupakan salah satu pengguna Windows 10 yang tidak mendapatkan November Update, kemungkinan penyebabnya adalah salah satu hal yang akan AplikasiPC sampaikan di bawah ini.

Bagi Anda yang penasaran berapa ukuran update ini, ia berukuran 3GB dan ketika Anda menginstall, Anda tidak akan kehilangan data apapun.

3 alasan mengapa Anda tidak mendapatkan Windows 10 November Update

1. Belum ada 31 hari semenjak melakukan upgrade.

Dari informasi yang AplikasiPC dapatkan dari Microsoft, jika Windows 10 Anda berumur kurang dari 31 hari semenjak Anda mengupgrade dari Windows 7 atau Windows 8.1, Anda tidak akan mendapatkan update Windows 10 bulan November ini.

Hal tersebut dikarenakan Microsoft memiliki fitur dimana Anda dapat kembali ke versi Windows Anda sebelumnya dalam jangka waktu 31 hari. Dalam jangka waktu 31 hari ini, Anda hanya akan mendapatkan update minor saja. Setelah 31 hari berlalu, Anda akan mendapatkan update ini secara otomatis melalui Windows Update.

Untuk mengecek tanggal install atau upgrade Windows 10, buka Command Prompt (cmd), ketik systeminfo (tanpa spasi), lalu tekan Enter dan lihat bagian dengan judul Original Install Date seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Tanggal Install Windows 10

Tanggal Install Windows 10

2. Defer upgrades diaktifkan

Jika pengaturan Defer upgrades diaktifkan (pengaturan ini ada pada Settings), Windows 10 Anda tidak akan mendapatkan update November ini secara langsung. Untuk mengecek apakah pengaturan Defer upgrades diaktifkan, buka Settings lalu klik Update & Security, klik Windows Update lalu klik Advanced options dan hilangkan centang pada bagian dengan judul Defer upgrades.

Mematikan Defer upgrades Windows 10

Mematikan Defer upgrades Windows 10

3. Anda telah menghapus November update

Microsoft mengatakan, pengguna yang telah menguninstall November update tidak akan mendapatkan update tersebut kembali melalui Windows Update. Jika sebelumnya Anda sudah menghapus November update dan ingin menginstallnya kembali, Anda perlu menggunakan Windows 10 Media Creation Tool lalu pilih upgrade this PC now untuk mendapatkan update.

Dihimpun dari Microsoft Help

November UpdateUpgradeWindows Update mengapa harus upgrade windowscara dapatkan update thresholdcara mendapatkan update windows novemberwindows nopemberwindows update novembercara mendapatkan aktived windows yang telah updatenovember update windowswindows yang mendapatkan updatemengapa perlu melakukan update upgrade aplikasiwindows tidak dapat updateupgrade macetwindows defender ngga bisa updatekenapa defender windows updatedefer upgrades adalahalasan tidak mendapatkan build terakhir windows

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.