Mengunci folder dan file

Oleh | pada 5 Mei, 2016 | 1 Komentar

Salah satu kelebihan Windows Vista, ialah ia punya kemampuan untuk meng enkripsi atau mengamankan file ata folder. Dengan dibuatnya suatu enkripsi atau pengaman, maka suatu file atau folder yang ada miliki tidak dapat diakses oleh orang lain.

Untuk mengunci folder atau file, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Windows Explorer, kemudian bukalah folder yang akan Anda kunci.

2. Setelah itu, klik kanan pada folder atau file yang ingin Anda kunci.

3. Dari jendela properti folder, klik tombol Advance yang terdapat pada tab General.

4. Beri tanda cek Encrypt content to secure data.

5. Klik OK dan kemudian OK lagi, nama folder atau file akan berubah menjadi hijau yang menandakan bahwa folder atau file tersebut ter enkripsi.

Apabila Anda mengamankan sebuah folder kemudian masukkan beberapa file ke dalam folder tersebut, maka secara otomatis file yang ada didalamnya akan ikut terkunci. Namun, jika Anda mengeluarkan mengeluarkan dari folder tersubut, maka file tadi tidak akan ter enkripsi lagi. Hal ini tidak berlaku apabila Anda mengenkrisi file. Pengamanan akan tetap berlaku, tidak masalah dimanapun Anda meletakanya.

Untuk menghapus pengamanan suatu folder, ulangi kembali proses diatas, tapi pada langkah keempat hapus kotak cek pada Encrypt To secure data. Pastikan Anda melakukan deskripsi dengan account yang sama dengan account yang digunakan untuk meng enkripsi tadi. Sebab, proses dekripsi ini tidak akan berhasil jika dilakukan dari akun lain.

Nggak kalah dengan iklan-iklan operator selular, ketika memindahkan atau menggandakan file, berlaku banyak syarat dan ketentuan ini:

1. Jika Anda memindahkan atau menggandakan file yang tidak terenkripsi ke dalam folder yang terenkripsi, file tersebuat akan ikut terenkripsi.

2. Jika Anda memindahkan atau menggandakan file dari sebuah folder terenkripsi ke dalam sebuah folder yang tidak terenkripsi, maka enkripsi itu akan dipindahkan.

3. Jika Anda telah meng enkripsi sendiri sebuah file (tidak hanya folder dimana file berada di dalamnya), file tersebut akan tetap terenkripsi, tidak peduli dimanapun file tersebut dipindahkan atau di gandakan.

4. Jika Anda mencoba untuk memindahkan sebuah file ke folder yang terenkripsi ke dalam sebuah drive NON NTFS, maka enkripsi akan dipindahkan.

5. Jika Anda menghapus sebuah file atau folder ke dalam Recycle Bin, maka file atau folder tersebuat akan tetap terenkripsi di dalam Recycle Bin.

Label: EnkripsiFolderMengunci mengunci foldercara mengunci filecara mengunci folder di windows 7cara mengunci folder di flashdiskcara mengunci folder paDA windows 7cara mengunci file di flashdiskcara mengunci folder windows 7mengunci folder di windows 7

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Tutorial Mengunci Folder Pada Windows Dengan SecretFolder

    Tutorial Mengunci Folder Pada Windows Dengan SecretFolder

    19 Nov, 2016 - 0 KomentarSecretFolder adalah sebuah freeware kecil untuk Windows yang memiliki kegunaan untuk
  • Kunci File / Folder di Flashdisk SanDisk dengan SecureAccess

    Kunci File / Folder di Flashdisk SanDisk dengan SecureAccess

    24 Mei, 2016 - 1 KomentarApakah Anda memiliki flashdisk dengan merk SanDisk dan ingin melindungi data sensitif Anda? Pada
  • Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

    Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

    21 Jul, 2014 - 1 KomentarOk, berikut ini adalah sedikit tips cepat untuk Anda yang ingin menyembunyikan file atau folder
  • Cara menghapus file secara permanen

    Cara menghapus file secara permanen

    28 Des, 2014 - 6 KomentarSecara default, Windows akan menampung pada folder khusus yang diberi nama Recycle Bin atas
  • Mengunci Flashdisk (Read Only) Menggunakan Registry Editor di Windows 10

    Mengunci Flashdisk (Read Only) Menggunakan Registry Editor di Windows 10

    9 Okt, 2016 - 1 KomentarDi Windows 10, sangat mudah jika Anda ingin mengunci flashdisk agar tidak dapat dirubah isinya

Satu Komentar ke "Mengunci folder dan file"

  1. Supriyadi mengatakan:

    Maaf, saya mohon pencerahan dan bantuannya…
    Bagaimana caranya kalo kita mau mengunci file, sehingga file tsb tidak bisa di copy paste ke tempat lain, artinya file tersebut kalo di copy paste ke media atau folder lain, akan berakibat error.
    Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2016 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.