Cara Membuka dan Menggunakan Fitur Pengaturan (Setting) Pada Windows 10

Oleh | pada 20 Jul, 2017 | 44 Komentar

Semakin berkembangnya kemajuan teknologi, termasuk adanya perkembangan versi sistem operasi Windows, mungkin sekarang ini banyak diantara kita yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10 pada komputer/PC Anda. Jika Anda telah berhasil menginstall Windows 10, tidak serta merta kita akan secara langsung saat itu juga paham tentang seluruh fitur yang ada dalam sistem operasi tersebut. Kita harus senantiasa aktif untuk mengeksplor kemampuan kita dalam mengoperasikan Windows 10 untuk mengoptimalkan kemampuan kita. Windows 10 hadir dengan memberi kesempatan bagi para penggunanya untuk dapat mengeksplor kemampuannya dari berbagai referensi. Dalam artikel kali ini, kita akan sama-sama melihat aplikasi pengaturan yang ada dalam Windows versi terbaru ini.

Hal dasar yang harus kita ketahui bahwa pencetus Windows, yaitu Microsoft selalu menyediakan berbagai pilihan pengaturan yang begitu kompleks dan menyuguhkan pilihan personalisasi yang cukup baik dalam seluruh versi Windows. Hal penting tersebutlah yang juga ada dalam Windows 10. Aplikasi pengaturan (setting) yang terpasang dalam Windows 10 hadir dengan sebuah desain antar muka yang baru.

Membuka Pengaturan (Setting) pada Windows 10

Membuka Pengaturan (Setting) pada Windows 10

Untuk membukan pengaturan (setting) pada Windows 10, Anda dapat langsung memilih pilihan Setting untuk membukanya. Jika Anda tidak dapat langsung menemukannya, Anda dapat mengeceknya pada daftar seluruh item yang ada pada tab Start. Atau bisa juga dengan cara ketikkan “setting” pada taskbar pencarian, kemudian klik pada pilihan “Setting Windows app”. Aplikasi setting pada Windows 10 ini terdiri dari beberapa bagian yaitu  System, Devices, Network & Internet, Personalization, Accounts, Time & Language, Ease of Access, Privacy and Update & Security settings. Seperti yang tertera pada gambar di bawah ini.

Membuka Pengaturan (Setting) pada Windows 10

Membuka Pengaturan (Setting) pada Windows 10

Pengaturan Sistem Windows 10

Pengaturan sistem memungkinkan Anda untuk mengatur seluruh pemberitahuan, tampilan antar muka,  dan hal-hal lain yang berkaitan dengan aplikasi yang terpasang dalam Windows. Anda dapat menyesuaikan tampilan sesuai keinginan, menyembunyikan atau menampilkan pemberitahuan, pengaturan battery saver, dan masih banyak hal lainnya lagi di dalam pengaturan ini.

Jika Anda menggunakan sebuah perangkat komputer dengan layar sentuh, Anda dapat mengaturnya ke dalam mode Tablet melalui pilihan “Setting -> Tablet mode”.

Pengaturan Tampilan Mode Tablet pada Windows 10

Pengaturan Tampilan Mode Tablet pada Windows 10

Dalam pengaturan mungkin Anda akan melihat pilihan “Storage”. Pilihan ini berguna untuk memutuskan atau mengatur tempat penyimpanan baku atau otomatis dari setiap aplikasi, dokumen, musik, gambar/foto, serta file-file video di dalam PC Anda.

Pilihan "Storage" dalam Aplikasi Pengaturan pada Windows 10

Pilihan “Storage” dalam Aplikasi Pengaturan pada Windows 10

Selanjutnya jika Anda melihat pilihan bernama “Default apps”, fitur tersebut berguna untuk mengubah dan mengatur default browser, aplikasi pemutar musik (music player), aplikasi untuk melihat foto (photos viewer), map, ataupun pemutar video (video player).

Pilihan Default apps dalam Pengaturan pada Windows 10

Pilihan Default apps dalam Pengaturan pada Windows 10

Kemudian di dalam pilihan pada pengaturan sistem Windows 10 ini, Anda juga dapat memilih “Quick Action” dan memilih ikon sistem On atau Off, melalui tab “Notification & Action”.

Pengaturan Device Windows 10

Pada pengaturan Device ini memungkinkan kita untuk dapat mengatur koneksi perangkat komputer/PC dengan perangkat lainnya seperti printer, mouse, keyboard, atau perangkat Bluetooth. Terdapat pula pengaturan lainnya seperti Device Manager, Auto Play, dan Auto-correct untuk kesalahan pengetikan.

Pengaturan Device pada Windows 10

Pengaturan Device pada Windows 10

Pengaturan Jaringan dan Internet (Network and Internet) Windows 10

Pengaturan yang dapat dilakukan oleh pilihan “Network and Internet” ini meliputi pengaturan untuk seluruh jaringan Wi-Fi, koneksi Dial-up, VPN, Ethernet, dan lain sebagainya. Hal lain yang juga dapat diatur jaringannya seperti pengaturan adapter, internet, dan sebagainya.

Pengaturan Jaringan dan Internet (Network and Internet) Windows 10

Pengaturan Jaringan dan Internet (Network and Internet) Windows 10

Pengaturan Bagian Personalisasi (Personalization) Windows 10

Pada bagian pengaturan ini Anda dapat mengatur personalisasi PC Windows 10 Anda yang terdiri pada pengaturan gambar latar belakang (background), suara (sounds), warna (colors), layar terkunci (lock screen), start menu, serta tema.

Pengaturan Bagian Personalisasi (Personalization) Windows 10

Pengaturan Bagian Personalisasi (Personalization) Windows 10

Pengaturan Akun Windows 10

Pada sesi pengaturan ini masih sama dengan yang terdapat pada versi Windows sebelumnya. Setelah masuk (login) dalam pengaturan ini, Anda dapat melakukan peraturan beberapa hal diantaranya mengedit akun Anda, atau dapat pula manambahkan pengguna lain ke dalam PC Anda.

Pengaturan (Account Setting) Akun Windows 10

Pengaturan (Account Setting) Akun Windows 10

Pengaturan Waktu dan Bahasa Windows 10

Sesi pengaturan ini dimaksudkan untuk mengatur waktu dan tanggal, wilayah, serta pengaturan bahasa. Selain itu, Anda juga dapat mengatur beberapa hal lainnya seperti kalender, kamera, radio, microphone, dan lainnya.

Pengaturan Waktu dan Bahasa (Time and Language) Windows 10

Pengaturan Waktu dan Bahasa (Time and Language) Windows 10

Anda dapat menyesuaikan pengaturan privasi melalui tab Privacy yang ada dalam pengaturan.

Bagaimana? Apakah sekarang Anda lebih mengetahui dan memahami pengaturan apa saja yang ada dalam versi terbaru Windows ini? Ekplorasi lainnya bisa Anda dapatkan pada artikel-artikel mengenai Windows 10 lainnya yang kami bagikan dalam situs kami. Apabila ada hal yang ingin didiskusikan atau dibagikan, kami membuka kolom komentar di bawah ini sebagai sarana mudah untuk saling berbagi informasi.

Label: PengaturanSettings video cara mengaktifkan komputer window 10 usb ke internetbuka pengaturancara buka app laptop asuscara pakai battery saver di pckonfigurasi bluetooth win 10cara menampilkan setting penggunatutorial pengaturan jaringan internet di window 10kenapa pengaturan dilaptop tidak dapat dibuka? untuk windows 10cara mengaktifkan kamera laptop windows 10menginstal camera windows 10cara setting internet windows 10cara menyetting waktu,printer,bahasa,layar,internet,suara,fungsi reset network setting win 10cara membukak koneksi tinyernet erkunci pada pccara setting internet di windows 10

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Seorang wanita sederhana yang berkarir sebagai Co-Founder di AskNet Media, tertarik belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika, serta senang berbagi tips dan informasi di internet. :)

Baca Juga

  • Tutorial Cara Mematikan / Disable Windows Update Windows 10

    Tutorial Cara Mematikan / Disable Windows Update Windows 10

    6 Mar, 2017 - 72 KomentarIngin mematikan atau menonaktifkan fungsi Windows Update di Windows 10? Berikut adalah beberapa
  • Tutorial Cara Menghidupkan / Mematikan Kaspersky Safe Money

    Tutorial Cara Menghidupkan / Mematikan Kaspersky Safe Money

    8 Mar, 2017 - 0 KomentarAda fitur baru yang sangat menarik yang disisipkan ke Kaspersky Internet Security dan Kaspersky
  • Tutorial Mengaktifkan Screen Saver Pada Windows 10

    Tutorial Mengaktifkan Screen Saver Pada Windows 10

    31 Des, 2016 - 1 KomentarMungkin Anda sudah mengetahui bahwa sebenarnya screen saver diciptakan untuk memperlambat tingkat
  • Mempercepat Booting dan Startup Windows 10 Dengan Fast Startup

    Mempercepat Booting dan Startup Windows 10 Dengan Fast Startup

    27 Jul, 2017 - 0 KomentarFast Startup (juga disebut Hybrid Boot) merupakan fitur baru yang diperkenalkan bersamaan dengan
  • Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

    Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

    13 Agu, 2017 - 0 KomentarBukanlah hal yang mustahil untuk mengubah pengaturan daya (Power Plan) pada sistem operasi Windows,

44 Komentar ke "Cara Membuka dan Menggunakan Fitur Pengaturan (Setting) Pada Windows 10"

  1. Aditya berkata:

    Sore. Saya mau tanya, saya baru upgrade windows 7 ke windows 10 hari selasa kemarin. Saya lakukan upgrade di laptop ASUS X401U saya. Tapi, seringkali pada saat restart atau begitu laptop di hidupkan dari kondisi mati, selalu agak lama proses booting sampai ke tampilan home. Terkadang ada tulisan, Your PC doesn,t work properly, please klik Restart. Semacam itu. Jika seperti itu, apakah windows 10 yang saya install ada masalah atau tidak kompatibel dengan laptop saya? Karena laptop saya masih 32bit, dengan prosesor AMD dual core. OS windows bawaan laptop saya adalah windows 7 ultimate. Sebelum upgrade tidak ada masalah. Apa windows 10 masih banyak kekurangan dan perlu update lagi?
    Terima kasih.

  2. Rany Isnaeni berkata:

    selamat malam, saya mau nanya dong kak, kan gini setiap saya mau buka foto itu gapernah bisa trus ada tulisan gini “The app didn’t start” itu maksudnya gmna yaa? tolong bantuannya kak^^
    terima kasih sebelumnya:)

  3. Rany Isnaeni berkata:

    caranya gmna kak?

  4. Rany Isnaeni berkata:

    mohon bantuannya kaka😣

  5. Grafologi berkata:

    Sebelumnya saya pakai os windows 8.1, trs komputet minta update ke os windows 10. Setelah di update, tidak bisa ngeprint. Instal ulang printer ulangnya jg tdk bisa, juga aplikasi yg lain jg ada ug tdk bisa. Solusinya apa yang baik? Balik lagi ke windows 8.1 atau apa ya?

  6. ardi wiranata berkata:

    teh saya pengen nanya..kenapa yah sy pas instal window 10..tapi pas penyetelan video dengan full screen pecah2 ,padahal saya pake jenis media player sperti vlc…tp jika ukuran aseli normal gk ada masalah…saya masih bingung…mohon bantuanya..

  7. Chandra Toox berkata:

    Siang kaka, mau tanya….. saya baru update ke windows 10, untuk 1 minggu pertama internet(melalui wifi) lancar, tetapi 1 minggu kemudian internet untuk browsing(pake google chrome) tidak ada koneksi, padahal wifi aktif, tetapi ada yg aneh, untuk masuk ke bursa lancar, untuk download aplikasi di bursa lancar, yg bikin saya bingung kenapa pada browsing dan chat (chrome, mozila firefox, IE, yahoo messenger) tidak bisa, sedangkan masuk Bursa(download aplikasi) bisa……

    Terima kasih atas waktunya…..

  8. Vian berkata:

    Mau nanya, saya pengguna windows 10 Pro. Cara menampilkan tanggal di pojok bawah (taskbar) gimana ya, soalnya di laptop saya cuma muncul jam saja. Terima kasih

  9. cream anisa berkata:

    Terima kasih tipsnya mas, kebetulan saya baru beli laptop

  10. zororo501 berkata:

    Terima kasih yah untuk informasinya 🙂

  11. adit84_ams berkata:

    mau nanya ke admin, kenapa pada saat awal pc di nyalakan windows 10 pc suka otomatis mati. dan setelah mati di nyalakan kembali harus di pancing menggunakan dvd windows 10 utk bisa masuk windows, kenapa ya? thanx.

  12. Yudha berkata:

    Penulisnya cantik 😀

    Kakak cantik. Mau tanya donk.. Ini windows 10 kok tiba2 black screen ya… Diapa2in ga muncul. Pas direstart paksa (tombol turn off/on) ttp black screen tpi muncul bunyi masuk windowsnya??

  13. hendra berkata:

    Bro sara setting kndala modem eror connction 619 cara seting di win 10 gimana ?

  14. CUT berkata:

    Hello kakak, mau nanya dong, pas sudah upgrade ke windows 10 kok sekarang malah ga bisa rekam suara? microphone nya kayak gak ke deteksi begitu sudah cek di manage audio, microphone nya not plugged in. mohon bantuannyaaaa

  15. ihsan berkata:

    saya mau bertanya, ane user win 10
    pada saat configuration network
    ane mau nambahin network adress di tab advance

    tp kok fitur network adress di windows 10 ga adA? sedangkan di windows 7 8 ada?
    solusinya gan

  16. Ibn berkata:

    Layar laptop setelah menggunakan/update dari windows 8.1 ke windows 10 menjadi dark themes. Kira-kira bagaimana cara mengembalikannya ke sebelumnya.
    Tks banyak.

  17. zaenal berkata:

    mohon bantuannya……saya update ke windows 10…..sblmnya pakai wind7 …modem g bs ngedetect kartu atau selalu…sdh instal ..uninstall…restart tanpa lepas modem ttp tdk bs….modem pakai huawei O2…….pas di windows 7 ok2 aja….d instal d komputer lain jg normal……terimakasih

  18. Teguh berkata:

    Bang kan sya coba coba mode tablet trs langsung black screen gmna cara membenarkan nyah

  19. nurul berkata:

    Ka gimana ya kalo modemnya ngga mau konek terus kaya sim not detected atau apalah itu.. Salah dimodem atau pengaturan laptopnya ya? Saya pake win 10 pro

  20. Dicky berkata:

    Min,… Kemarin pas Update Win 10 AU,,,,,,Fitur WIFI nya kok hilang ya ???

  21. Al berkata:

    Saya Mau NAnya kalau Ngaktifin Layar TouchScreen Ayak GImana YAk?

  22. Ramadhani berkata:

    Bang Mau Tanya.. Ko Mozila, ama google Chroome saya.. kg mau ke google ya dia pasti searchnya http://www.trotux.com lagi, itu lagi udah d seting kembali lagi itu knapa ya.. bahasanya jd aneh. gimana ya? maksih.

  23. Didin berkata:

    bagaimana cara aktifkan…your windows license will expire soon { you need to active windows setting}.terima kasih.

  24. Achmad berkata:

    Mau bertanya mas….gimana cara kita menghubungkan windows 10 dengan jaringan lan. Sudah saya coba” tetap nggak ada koneksinya mas. Gimana cara menyambungkannya mas?

  25. rido berkata:

    mau tanya admin… beberapa hari ini saya mau download file dari mesin finger print ko usb g ke detek padahal mesin jd nyala waktu di cinek k pc. tp usb tidak kedetek solusinya ya…

  26. Sadam berkata:

    Mau nanya nih, shareit dileptop saya tidak bisa kirim atau terima file, alamat wifi direct gak keluar, di notifikasi leptop ada tulisan conflict found, kira2 apanya ya min..? Karna direct leptop yg selalu keluar😂

  27. fhika berkata:

    bagaimana cara mengaktifkan fitur fingerprint pada windows 10? cek di setting gaada windows hello (laptop asus pro}

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.