Kunci File / Folder di Flashdisk SanDisk dengan SecureAccess

Oleh | pada 16 Mei, 2017 | 1 Komentar

Apakah Anda memiliki flashdisk dengan merk SanDisk dan ingin melindungi data sensitif Anda? Pada tutorial kali ini AplikasiPC akan membahas mengenai cara mengunci file / folder yang ada di flashdisk bermerk SanDisk menggunakan aplikasi resmi yang disediakan oleh SanDisk. Aplikasi yang akan kita gunakan kali ini ialah SanDisk SecureAccess.

SanDisk SecureAccess merupakan aplikasi gratis yang dibuat untuk membantu pengguna melindungi data penting mereka yang disimpan pada flashdisk SanDisk. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat kata sandi yang terenkripsi sehingga menjamin keamanan data penting Anda.

Setup SanDisk SecureAccess di PC Windows

Catatan: Tutorial ini hanya dapat digunakan pada flashdisk dengan merk SanDisk dan tidak dapat digunakan pada merk lain.

Penting: Meskipun aplikasi SecureAccess dapat mengunci isi dari flashdisk Anda, namun orang lain akan tetap dapat menghapus file yang terkunci dengan mudah. Artinya, data Anda akan tetap aman tidak dapat dibuka sama sekali oleh orang yang tidak memiliki kredensial, namun data tersebut dapat dihapus oleh siapapun. Maka dari itu, oleh SanDisk merekomendasikan agar Anda tetap membuat salinan di PC untuk berjaga-jaga.

Langkah 1: Kunjungi halaman SanDisk ini dan download versi terbaru dari SanDisk SecureAccess untuk Windows. Saat tutorial ini ditulis, versi terbarunya ialah 3.0. Anda dapat menemukan link download pada bilah Download SecureAccess. Ukuran file dari SanDisk SecureAccess sekitar 8 MB.

Catatan: Setiap pembelian USB flashdisk SanDisk Anda akan diberi software ini di dalamnya. Cek terlebih dahulu isi flashdisk Anda sebelum mengunduh.

Langkah 2: Sambungkan USB flash drive SanDisk Anda ke PC yang kompatibel dengan SecureAccess (saat ini Windows 7 hingga 10). Buka This PC atau My Computer (Windows 7) lalu klik ganda pada drive SanDisk. Salin hasil download yang Anda dapatkan pada langkah 1 ke dalam flashdisk (folder terluar).

Drive flashdisk SanDisk

Drive flashdisk SanDisk

Langkah 3: Klik ganda file instalasi SecureAccess. Disini, Anda akan melihat jendela selamat datang dimana Anda harus mengklik tombol Next untuk melanjutkan.

SanDisk SecureAccess

SanDisk SecureAccess

Langkah 4: Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan license agreement. Centang bagian I accept the license terms, lalu klik tombol Next.

License agreement SanDisk SecureAccess

License agreement SanDisk SecureAccess

Langkah 5: Akan muncul pertanyaan untuk membuat kata sandi. Masukan kata sandi (password) yang menurut Anda kuat dua kali. Isi petunjuk (hint) jika Anda tidak yakin dengan kata sandi Anda (opsional). Setelah semua terisi, klik tombol OK.

Mengunci File Folder Flashdisk SanDisk

Mengunci File Folder Flashdisk SanDisk

SanDisk sangat merekomendasikan agar Anda membuat kata sandi yang kuat dengan cara memasukan karakter huruf besar, huruf kecil, nomor, dan tanda baca. Pastikan kata sandi yang Anda masukan lebih dari enam karakter.

Jika sudah, klik tombol OK untuk mengunci file / folder baru di USB Flashdisk Anda. Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Klik tombol Next untuk melihat layar utama aplikasi SanDisk SecureAccess.

SanDisk SecureAccess

SanDisk SecureAccess

Untuk kembali membuka SanDisk SecureAccess, buka drive USB flashdisk Anda lalu klik file SanDisk SecureAccess.

Cara menggunakan SanDisk SecureAccess di Windows

Langkah 1: Buka USB Flashdisk SanDisk Anda. Klik ganda pada aplikasi SanDiskSecureAccess.

Program SanDisk SecureAccess

Program SanDisk SecureAccess

Langkah 2: Setelah jendela SecureAccess terbuka, masukan password yang sudah Anda buat sebelumnya untuk melihat home screen dari SecureAccess.

Langkah 3: Untuk mengunci file atau folder, Anda perlu mengklik menu File lalu klik Add File(s). Pilih file yang hendak Anda kunci lalu klik tombol Encrypt.

Kunci file di flashdisk

Kunci file di flashdisk

Jika Anda melihat pesan “Would you like to remove the original file completely from your computer“, klik tombol Yes jika Anda ingin menghapus file asli.

Untuk menghapus file dari daftar SecureAccess, buka terlebih dahulu daftar kunci dengan cara memasukan password. Jika sudah, klik kanan pada file yang ingin Anda hapus dan klik Delete.

Penting: Untuk menutup SecureAccess, pastikan Anda mengklik tombol log off agar file kembali terkunci.

Label: EncryptFileFlashdiskFolderKunciPasswordSanDisk cara mengunci folder pada flshdicscara membuka flashdisk sandiskfungsi secure system pada sandiskcara mengunci plasdiskcara pakai sandisk secure accesscara menggunakan SanDisk secureaccsescara mengunci file di flashdiskmemasang kata sandi flashdiskCara mengaktifkan access secure flash disk sandiskcara membuka file suara yang terkunci pada flash diskcara mengunci flashdisk sandiskcara membuka file yang encript flashdisk sandiskcara mengunci file flashkunci filecara membuat secureaccess sandisk

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara Mengunci / Password Flashdisk dan Hard Disk Eksternal

    Cara Mengunci / Password Flashdisk dan Hard Disk Eksternal

    2 Jul, 2017 - 0 KomentarSalah satu dari kalian pasti pernah menyimpan data penting di USB flashdisk seperti dokumen tugas
  • Mengunci folder dan file

    Mengunci folder dan file

    5 Mei, 2016 - 2 KomentarSalah satu kelebihan Windows Vista, ialah ia punya kemampuan untuk meng enkripsi atau mengamankan
  • Memperbaiki USB Drive Tampil Dua Kali di File Explorer

    Memperbaiki USB Drive Tampil Dua Kali di File Explorer

    1 Mei, 2017 - 1 KomentarFile Explorer milik Windows 10 masih mengusung konsep yang sama dengan versi Windows sebelumnya.
  • Mengunci Flashdisk (Read Only) Menggunakan Registry Editor di Windows 10

    Mengunci Flashdisk (Read Only) Menggunakan Registry Editor di Windows 10

    9 Okt, 2016 - 1 KomentarDi Windows 10, sangat mudah jika Anda ingin mengunci flashdisk agar tidak dapat dirubah isinya
  • 5 Langkah Untuk Mencegah Flashdisk Rusak

    5 Langkah Untuk Mencegah Flashdisk Rusak

    31 Jul, 2016 - 3 KomentarKapan pembaca mengenal flashdisk ? Beberapa kali ganti flashdisk karena rusak ? Mengapa flashdisk

Satu Komentar ke "Kunci File / Folder di Flashdisk SanDisk dengan SecureAccess"

  1. Ratih berkata:

    Makasih ya

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.