Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

Oleh | pada 21 Jul, 2014 | 1 Komentar

Ok, berikut ini adalah sedikit tips cepat untuk Anda yang ingin menyembunyikan file atau folder tertentu pada Windows Anda, tetapi tidak ingin menghabiskan $40 untuk sebuah software. Metode menyembunyikan file dan folder dalam Windows XP ini cukup sederhana, yang berarti bahwa jika seseorang sedikit tentang komputer, metode ini bisa dilakukan dengan mudah. Namun, ini adalah cara yang bagus untuk menyembunyikan folder dari orang-orang seperti orangtua atau orang-orang yang hanya tahu bagaimana cara memeriksa email mereka!

Pertama-tama, jika Anda memiliki folder Anda ingin menyembunyikan, jangan membuat folder di beberapa tempat jelas seperti My Documents, tapi letakanlah di dalam sebuah lokasi yang tidak biasanya seseorang akan melihat ke dalam folder tersebut. Sebagai contoh, membuat folder baru pada C: Program Files. Membuat folder di sana tidak akan membuat komputer Anda rusak dan tidak banyak orang yang ingin membukanya.

Sekarang anda sudah memiliki folder yang dibuat di lokasi yang tidak biasa dan file yang tersimpan dalam folder itu, kita dapat menjadikannya tersembunyi. Menyeting folder ke Tersembunyi dalam Windows XP hanya mengubah salah satu sifat folder, yaitu 0 berarti tidak tersembunyi dan 1 berarti tersembunyi. Windows Explorer membaca properti ini dan akan menampilkanya atau menyembunyikanya. Namun, terdapat opsi dalam Windows Explorer disebut “Show hidden files and folders” yang akan menampilkan semua folder tidak peduli apa itu tersembunyi atau tidak.

Kita perlu mengubah pengaturan tersebut sehingga file dan folder tidak dapat ditampilkan. Untuk melakukan ini, klik pada My Computer dari desktop dan dari menu klik Tools, lalu Folder Options.

Klik pada tab View dan klik Do not show hidden files and folders.

Klik OK untuk menyimpan perubahan. Biasanya pilihan ini sudah ditetapkan secara default untuk menyembunyikan file dan folder, tetapi ada baiknya untuk memeriksa hanya untuk memastikan. Ok, sekarang untuk menyembunyikan folder itu sendiri, masuk ke folder yang ingin Anda sembunyikan, klik kanan folder tersebut dan pilih Properties.

Pada tab General, centang kotak di bagian Attributes bernama Hidden.

Klik OK dan folder Anda seharusnya tak akan terlihat pada jendela aktif yang telah terbuka. Folder tersebut tersembunyi dan Anda tidak akan ada yang dapat melihatnya kecuali Anda melakukan setingan yang sama seperti yang disebutkan di atas dan mengubah pilihan kembali ke Show Hidden File dan Folder. Sekarang jika Anda ingin menyimpan sesuatu ke dalam folder tersembunyi, Anda bisa meng un-hide dan kemudian simpan file tersebut dan kemudian ksembunyikan kembali.

Label: FolderTrik menyembunyikan filecara menyembunyikan folder di windows 7cara menyembunyikan file atau foldercara menyembunyikan file di hpcara menyembunyikan file foldercara menyembunyikan file di windows 7cara menyembunyikan file di hp nokiacara menyembunyikan folder di komputer

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara Menampilkan / Menyembunyikan File di Windows 10

    Cara Menampilkan / Menyembunyikan File di Windows 10

    27 Jun, 2016 - 0 KomentarSebelumnya, AplikasiPC telah membahas mengenai
  • Tutorial Mengunci Folder Pada Windows Dengan SecretFolder

    Tutorial Mengunci Folder Pada Windows Dengan SecretFolder

    19 Nov, 2016 - 0 KomentarSecretFolder adalah sebuah freeware kecil untuk Windows yang memiliki kegunaan untuk
  • Mengunci folder dan file

    Mengunci folder dan file

    5 Mei, 2016 - 1 KomentarSalah satu kelebihan Windows Vista, ialah ia punya kemampuan untuk meng enkripsi atau mengamankan
  • Cara Menyembunyikan Partisi Hardisk

    Cara Menyembunyikan Partisi Hardisk

    19 Nov, 2016 - 0 KomentarSalah satu hal yang paling menyebalkan adalah jika ada orang lain dengan semaunya melihat atau
  • Menyembunyikan Ikon pada Taskbar dan Tweak Area Pemberitahuan Pada Windows 8

    Menyembunyikan Ikon pada Taskbar dan Tweak Area Pemberitahuan Pada Windows 8

    6 Okt, 2016 - 1 KomentarAda tweak penting untuk menyesuaikan taskbar dan area pemberitahuan dalam Windows 8 menggunakan

Satu Komentar ke "Menyembunyikan file dan folder dengan mudah"

  1. Ngeposting ni yee mengatakan:

    tHanks iNfoNya sObat,,
    sekAlian mEngamankan yAng pertAmaxXx.,.,.,

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2016 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.