Cara Rekam Layar Desktop Menggunakan VLC Media Player

Oleh | pada 16 Mei, 2018 | 0 Komentar

Meskipun di Windows 10 sudah dibekali aplikasi bawaan yang dapat kita gunakan untuk merekam layar komputer, namun sayangnya aplikasi tersebut hanya dapat merekam saat kita bermain games atau aplikasi tertentu. Ada beberapa bagian yang tidak dapat direkam oleh aplikasi tersebut, seperti contohnya desktop dan File Explorer.

VLC Media Player

VLC Media Player

Untuk merekam layar desktop Windows 10, kita dapat memilih untuk menggunakan software gratis maupun berbayar, keduanya rata-rata memiliki fungsi yang sama dan antarmuka yang bersahabat. Namun jika di dalam komputer Anda sudah terinstall VLC Media Player, untuk apa mencari software lain? Yosh, VLC Media Player selain dapat digunakan untuk memutar berbagai format video dan audio, ia juga dapat kita manfaatkan untuk merekam layar desktop.

VLC Media Player dapat dikatakan merupakan pemutar multimedia yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Selain berfungsi sebagai pemutar multimedia, VLC Media Player juga dapat kita gunakan untuk merekam layar desktop tanpa batasan aplikasi. Meskipun dapat merekam semua aplikasi yang ada di Windows, namun VLC Media Player memiliki sedikit kekurangan jika dibandingkan dengan perekam desktop lainnya. Salah satu kekurangan VLC Media Player ialah ia tidak dapat merekam hanya bagian tertentu saja di layar sehingga semua bagian desktop Anda akan ikut ter-rekam.

Untuk dapat menggunakan VLC Media Player sebagai perekam desktop, simak langkah sederhana di bawah ini.

Merekam Layar Desktop Menggunakan VLC Media Player

Sebelum memulai, VLC Media Player nantinya akan menyimpan hasil rekam layar dalam format .MP4 sehingga dapat Anda mainkan di ponsel juga.

Langkah 1: Pertama-tama, buka terlebih dahulu VLC Media Player. Jika VLC Media Player belum terinstall di komputer Anda, download VLC Media Player terlebih dahulu menggunakan link ini.

Langkah 2: Klik menu Media lalu klik opsi Convert/Save.

VLC Media Player Menu Media

VLC Media Player Menu Media

Langkah 3: Pindahkan ke tab Capture Device. Di bagian Capture mode, pilih Desktop sebagai Capture mode. Selanjutnya pilih Frame Rate yang Anda inginkan. Sebaiknya di bagian frame rate di isi antara 5 hingga 15 sehingga rekaman yang dihasilkan berkualitas baik.

VLC Media Player Capture Device

VLC Media Player Capture Device

Langkah 4: Klik tombol Convert/Save untuk membuka jendela konversi.

Langkah 5: Di jendela konversi, lihat bagian Destination file lalu klik tombol Browse. Pilih lokasi dimana Anda akan menyimpan hasil rekaman lalu klik tombol Save.

VLC Media Player Convert

VLC Media Player Convert

Setelah mengklik tombol Save, VLC Media Player akan langsung mulai merekam layar desktop Anda.

Langkah 6: Terakhir jika Anda sudah selesai merekam, klik tombol Stop di jendela VLC Media Player untuk menghentikan rekaman.

VLC Media Player Stop

VLC Media Player Stop

Hasil rekaman desktop tadi dapat Anda mainkan menggunakan ponsel Android maupun di komputer.

Label: DesktopVLC PlayerWindows 10

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Download tema Windows Media Player 12 Windows 7

    Download tema Windows Media Player 12 Windows 7

    3 Feb, 2018 - 3 KomentarWindows Media Player adalah salah satu media player yang paling banyak digunakan di dunia. Windows
  • Download VLC Player 2.0 Final Gratis

    Download VLC Player 2.0 Final Gratis

    19 Nov, 2016 - 0 KomentarKabar baik untuk semua pengguna VLC Media Player. VideoLAN baru saja merilis versi utama berikutnya
  • Download VLC Media Player 3 Gratis Untuk Windows 10

    Download VLC Media Player 3 Gratis Untuk Windows 10

    31 Mar, 2018 - 0 KomentarMeskipun persaingan di dunia media player sudah sangat ketat, namun VLC Media Player terus
  • Download Windows 8 Codec Gratis

    Download Windows 8 Codec Gratis

    29 Okt, 2017 - 0 KomentarDengan rilis Windows 8 Consumer Preview, pengembang perangkat lunak sudah mulai memperbarui dan
  • Burning CD dengan Mudah dan Sempurna

    Burning CD dengan Mudah dan Sempurna

    6 Apr, 2017 - 2 KomentarUntuk mendapatkan hasil burning CD yang sempurna bukan lah hal yang mudah. Di sini ada beberapa tip

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2018 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.