Memperbaiki USB Drive Tampil Dua Kali di File Explorer

Oleh | pada 1 Mei, 2017 | 0 Komentar

File Explorer milik Windows 10 masih mengusung konsep yang sama dengan versi Windows sebelumnya. Salah satu fitur baru yang ada di File Explorer milik Windows 10 adalah adanya Quick Access yang dapat mempermudah kita untuk menemukan partisi atau perangkat tanpa membuka This PC terlebih dahulu.

Ketika kita menyambungkan flashdisk atau hard disk eksternal ke PC Windows, File Explorer akan otomatis mendeteksi sekaligus mengenali drive eksternal yang telah disambungkan dan menampilkannya di This PC (My Computer) dan juga panel navigasi yang ada di File Explorer sehingga pengguna tidak harus membuka This PC untuk mengakses drive tersebut.

Partisi flashdisk / hard disk eksternal muncul dua kali di File Explorer

Flashdisk tampil dua kali di File Explorer

Flashdisk tampil dua kali di File Explorer

Tidak seperti pendahulunya, ketika Anda menyambungkan drive eksternal ke Windows 10, File Explorer akan menampilkan partisi dari drive eksternal tadi dua kali, yang pertama di This PC dan yang kedua di panel navigasi milik Quick Access. Hal tersebut dikarenakan pengaturan default File Explorer di Windows 10 diperintah untuk menampilkan external drive pada dua list yang berbeda. Dikarenakan perilaku ini, menyebabkan kita melihat dua drive yang sama pada daftar drive di File Explorer Windows 10.

Jika Anda juga risih melihat drive yang sama di list lebih dari satu kali di File Explorer, Anda dapat mengikuti langkah di bawah ini untuk mematikan fitur Quick Access sepenuhnya.

Memperbaiki partisi ganda di File Explorer Windows 10

PENTING: Kami merekomendasikan agar Anda membuat system restore point terlebih dahulu sebelum mengubah pengaturan Registry.

Langkah 1: Buka Start menu lalu ketik regedit dan tekan Enter. Klik Yes jika dialog User Account Control muncul ketika akan membuka Registry Editor.

Membuka Regedit di Windows 10

Membuka Regedit di Windows 10

Langkah 2: Cari kunci berikut ini:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Desktop\NameSpace\DelegateFolders

Langkah 3: Pada DelegateFolder, seharusnya ada kunci dengan nama {F5FB2C77-0E2F-4A16-A381-3E560C68BC83}.

Kunci registry Quick Access

Kunci registry Quick Access

Langkah 4: Klik kanan pada kunci {F5FB2C77-0E2F-4A16-A381-3E560C68BC83} lalu klik opsi Delete untuk menghapus kunci tersebut.

Hapus kunci registry Quick Access

Hapus kunci registry Quick Access

Langkah 5: Jika Anda melihat pesan konfirmasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini, klik Yes untuk mengkonfirmasi.

Konfirmasi hapus kunci registry

Konfirmasi hapus kunci registry

Dengan cara menghapus kunci {F5FB2C77-0E2F-4A16-A381-3E560C68BC83}, seharusnya kini drive eksternal Anda hanya akan tampil satu kali di File Explorer. Jika drive eksternal Anda masih muncul dua kali, restart komputer Anda lalu cek kembali File Explorer.

Jika Anda tidak ingin memulai ulang komputer Windows Anda, cukup buka Task Manager dan tutup paksa proses File Explorer. Caranya, tekan Ctrl+Alt+Esc bersamaan lalu klik More details (jika ada) dan cari proses Windows Explorer. Klik kanan proses tersebut dan pilih opsi Restart. Jika proses Windows Explorer gagal restart, tekan tombol Windows+E secara bersamaan untuk membuka File Explorer.

Catatan: Jika setelah menghapus kunci {F5FB2C77-0E2F-4A16-A381-3E560C68BC83} Windows Anda menjadi bermasalah, Anda dapat mengembalikannya seperti semula dengan cara mengembalikan restore point yang sudah Anda buat sebelumnya.

Label: File ExplorerTutorialWindows explorer cara menampilkan partisi flasdisk yg tidak munculmasuk usb ada quick acsessflashdisk muncul secara 2mengapa flasdisk kebaca doble pada window 10data di flash dobel kenapa itumengatur flashdisk aga tidak double di navigationpane win 10 masalah flashdisk yang tampil 2 drive yang samaremovable disk ada 2mengatasi windows 10 2 usb tampilcara menghapus drive usb yang muncul 2 kali di windows 10kenapa isi flasdisk tidak muncul di windows 10file terbaca dua kalicara mengatasi license for usb media explorercara mengatasi 2 icon flashdisk di file exploreketika membuka file plasdis kenapa harus kali explorer

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Tutorial Cara Install Ulang Windows 7 Dari Flashdisk / Drive

    Tutorial Cara Install Ulang Windows 7 Dari Flashdisk / Drive

    21 Mei, 2017 - 6 KomentarJika Anda memiliki netbook dan ingin meningkatkan versi Windows Anda ke Windows 7, mungkin Anda
  • 5 Langkah Untuk Mencegah Flashdisk Rusak

    5 Langkah Untuk Mencegah Flashdisk Rusak

    31 Jul, 2016 - 3 KomentarKapan pembaca mengenal flashdisk ? Beberapa kali ganti flashdisk karena rusak ? Mengapa flashdisk
  • Download Internet Explorer 9 beta (IE9)

    Download Internet Explorer 9 beta (IE9)

    6 Okt, 2016 - 1 KomentarSetelah merilis 4 platform (pengembangan) preview dari Internet Explorer 9.0, Microsoft telah
  • Download Gratis Internet Explorer 9 RC

    Download Gratis Internet Explorer 9 RC

    3 Des, 2016 - 2 KomentarSaya telah menulis artikel tentang
  • Download Microsoft Internet Explorer 9.0.5 Update

    Download Microsoft Internet Explorer 9.0.5 Update

    31 Des, 2016 - 0 KomentarUntuk memperbaiki beberapa celah yang dilaporkan pada hampir semua versi Internet Explorer,

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.