Cara Mengaktifkan Fingerprint Untuk Sign-in di Windows 10

Oleh Netrix Ken

Microsoft berkeinginan untuk menjadikan Windows 10 sebagai salah satu sistem operasi paling aman di dunia. Di bulan Maret yang lalu, Microsoft memperkenalkan dua fitur baru yang dapat kita gunakan untuk mengunci perangkat Windows 10. Kedua fitur keamanan terbaru dari Microsoft tersebut memanfaatkan teknologi biometrik. Dua fitur tersebut ialah Windows Hello dan Windows Passport.

Windows Hello

Windows Hello

Windows Hello dan Windows Passport menyediakan beberapa pilihan otentikasi seperti pengenal wajah, iris scanner, dan fingerprint (sidik jari). Anda dapat menggunakan salah satu dari tiga jenis keamanan biometrik tersebut untuk mengunci komputer maupun dokumen yang ada di Windows 10 Anda.

Khusus untuk pengenal wajah dan iris scanning, hingga saat ini Microsoft belum dapat merilis fitur tersebut karena butuh kompabilitas hardware yang kompleks agar dapat digunakan. Untuk saat ini, kita baru dapat menggunakan otentikasi sidik jari saja untuk mengunci Windows 10. Microsoft mengatakan, untuk saat ini ia telah mendukung lebih dari 1.000 jenis perangkat fingerprint sehingga Anda tidak perlu takut untuk soal kompabilitas.

Semenjak Windows 10 build 10125 dirilis, Microsoft telah menambahkan opsi fingerprint pada Settings Windows 10 (Settings => Accounts => Sign-in options). Saat saya mencobanya, setelah perangkat fingerprint dimasukan ke USB, Windows Hello langsung mengenali perangkat tersebut. Harga alat fingerprint untuk Windows 10 sangat bervariasi, mulai dari 100 ribuan saja hingga lebih dari 1 juta rupiah.

Perangkat fingerprint yang saya beli di salah satu online marketplace Indonesia seharga Rp. 155.000 dipaket dengan dua kabel USB, pendek dan panjang. Untuk yang pendek, kabel tersebut dapat dicolokan di USB Hub atau laptop, sedangkan yang panjang untuk dicolokan ke bagian belakang komputer desktop. Fingerprint scanner yang saya beli ini tidak ada driver di dalamnya dan langsung dikenali dengan baik oleh Windows 10 setelah di colokan.

Setelah di colokan, untuk mengaktifkan fingerprint di Windows 10 masuk ke Settings => Accounts => Sign-in options lalu cari opsi Windows Hello dan jalankan urutan setup fingerprint.

Settings - Accounts - Sign-in options

Settings – Accounts – Sign-in options

Klik pada tombol Fingerprint untuk memulai proses pengenal sidik jari. Sebelumnya, Anda perlu membuat PIN / Password terlebih dahulu untuk berjaga-jaga saat perangkat fingerprint Anda rusak. Usapkan jari yang ingin Anda gunakan untuk otentikasi berkali-kali hingga Windows dapat mengenali sidik jari Anda sepenuhnya.

Setelah selesai, tutup jendela Settings dan logout Windows 10 Anda. Pada saat kembali Sign-in, Windows akan memberikan opsi fingerprint selain PIN / Password.

Jika Windows 10 berhasil mengenali fingerprint Anda, maka Anda akan langsung di bawa ke tampilan desktop. Saat saya mencoba dengan jari yang salah, Windows 10 langsung memberikan peringatan dalam sekejap.

Selamat mencoba!

Label: FingerprintIris ScannerKeamananKunciLogin ScreenWindows Hello mengaktifkan fingerprint di win 10cara mengaktifkan fingerprint di windows 10setelah update fingerprint windows 10 ga bisacara setup fingerprint windows 10finger print pada windows 10cara mengunakan finger print di windows 10mengaktifkan finger print di win10cara mengaktifkan fingerprint win 10cara menggunakan fingerprint pada windows 10cara mengaktifkan fingerprint di widnwos 10cara mengaktifkan fingerprint pada laptop hp windows 10cara mengatasi windows 10 tidak bisa pakai fingerprintcaea menghidupkan fingerprint di pccara login ke windows menggunakan fingerprintcara setting finger di win 10

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Memperbaiki "This app has been blocked for your protection" Saat Install Aplikasi

    Memperbaiki "This app has been blocked for your protection" Saat Install Aplikasi

    29 Agu, 2018 - 5 KomentarWindows 10, sistem operasi terbaru karya Microsoft, ia memiliki fitur keamanan yang cukup ketat,
  • Cara Hapus Akun Microsoft di PC Windows 10 via Settings

    Cara Hapus Akun Microsoft di PC Windows 10 via Settings

    6 Mei, 2019 - 0 KomentarSelain sign-in menggunakan local user account, di Windows 10 kita juga dapat
  • Cara Menghapus Password User Account di Windows 10

    Cara Menghapus Password User Account di Windows 10

    31 Des, 2018 - 61 KomentarSistem operasi Windows memiliki fitur dimana Anda dapat mengatur password atau kata sandi untuk
  • Cara Mengunci & Membuka Kunci Windows 10 Menggunakan PIN

    Cara Mengunci & Membuka Kunci Windows 10 Menggunakan PIN

    11 Nov, 2018 - 0 KomentarWindows 10, sistem operasi Windows yang paling baru, menawarkan banyak cara untuk mengunci
  • Mengaktifkan Kaspersky 2012 license menggunakan key (Offline)

    Mengaktifkan Kaspersky 2012 license menggunakan key (Offline)

    23 Feb, 2019 - 33 KomentarKaspersky Internet Security 2012 Beta baru-baru ini telah dirilis dan seperti versi sebelumnya 2010

18 Komentar ke "Cara Mengaktifkan Fingerprint Untuk Sign-in di Windows 10"

  1. Herdyn berkata:

    bang saya pakai laptop lenovo ideapad 320 15-abr, perangkat itu mendukung sidik jari, tp pas mau pengaturan gitu gabisa kebaca ya sidik jari nya, bukan cuma saya, yg lain juga gitu. tolong bang bantuan nya.

  2. Ihsan berkata:

    Malam bang,sy pnya mslah sama fingerprint saya.Awalnya normal2 aja bisa digunain,entah karena ada update windows ato knpa,besok pas sy nyalain lg lptopny selain dia minta sidik jari dia minta otentifikasi PIN jg. Masalahny saya lp lg dengan PIN yg sy masukin dulu pas setting fingerprint.
    Apakah PIN ini bs dreset atau bagaimana caranya biar saya bs msuk ke Windows tnpa instal ulang karena ada data penting di hardisk internal.
    Terima kasih.

  3. Zack berkata:

    Permisi saya mau bertanya.Laptop saya sudah mendukung fingerprint dan memang ada perangkat untuk scaning-nya,saya juga sudah sering memakainya untuk membuka laptop saya.Tapi sekarang alat scannya malah tidak terdeteksi di windows Hello.Mohon pecerahannya.

  4. irawati kusuma berkata:

    mau tanya kak saya pakai laptop A407M, Saya sudah melakukan fingerprint waktu awal saya beli laptop, finggerprint, pin, dan pasword., nah udah ada 2 bulanan dipakai finggerprint saya gk keluar yang kluar hanya pin sama passwordnya saja . . cara mengembalikan finggerprint kembali bagaimna kak?

  5. Akmal berkata:

    Bang kenapayah kok pengaturan fingerprint ku hilang setelah instalasi ulang?

  6. Akhbar berkata:

    bang, tanya dong. ada masalah di laptop saya, pilihan setup fingerprint nga bisa di klik. saya harus seperti apa ya? setiap di klik muncul terus hilang lagi. sudah saya coba instal ulang drivernya jg tetap bgtu

  7. Johan berkata:

    Permisi gan, boleh share merk dan foto perangkat fingerprintnya. Terima kasih sebelumnya.

  8. dion berkata:

    bang mulanya fingerprint di laptop bisa kemudian aku remove mau aku set up lagi kok nggak bisa masuk ke windows hello yak? mohon solusinya

  9. lisna berkata:

    min q pkek lptop asus lptop ini mnyediakn finger print ktika udh q aktifkan smunya mulai password,pin,sma fingerprint ehh trnyata blackscreen knp ya min
    mhon pnjelsn nya

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2019AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.