Cara mudah memperbaiki boot Windows 7 dengan Startup Repair

Oleh | pada 28 Jan, 2014 | 139 Komentar

Memperbaiki boot Windows 7 tanpa dapat masuk ke Windows dapat menjadi masalah yang sulit karena Anda tidak dapat menggunakan tool bawaan Windows atau software pihak ketiga seperti Easy BCD untuk memperbaiki startup Windows.

Dalam sebagian besar kasus, memperbaiki startup Windows 7 merupakan hal yang mudah jika Anda tahu alat bawaan Windows untuk memperbaikinya. Pengguna XP akan terkejut melihat bahwa Windows Recovery Environment berbasis GUI Windows.

Windows 7 secara otomatis menginstal aplikasi Startup Repair ke partisi sistem operasi, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya. Setelah gagal booting, Windows 7 secara otomatis membuka Startup repair, yang akan secara otomatis memindai masalah pada PC Anda, Startup repair akan secara otomatis memperbaiki masalah jika memungkinkan, kemudian booting seperti biasa.

Jika Windows 7 Anda tidak booting seperti biasanya, Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan di bawah ini untuk memperbaiki booting Windows 7. Tapi sebelum melanjutkan, pastikan semua perangkat keras sistem bekerja dengan baik.

1. Hidupkan PC Anda, masukkan DVD instalasi Windows 7 kemudian restart komputer Anda.

Start-up Windows Error

2. Tekan tombol apa saja saat diminta untuk melakukannya. Setelah Anda menekan tombol apapun, Anda akan melihat Windows loading file.

Start-up Windows Error

3. Setelah Anda melihat layar Install Windows, pilih bahasa Anda, keyboard atau panel input, dan format waktu dan klik tombol Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Pada layar berikut, Anda akan melihat tombol Install now seiring dengan Repair your computer di bagian bawah layar. Klik Repair your computer Anda untuk melihat opsi System Recovery.

Start-up Windows Error

5. Pilih sistem operasi Anda juga pilih Use recovery tools that can help fix problems.

Start-up Windows Error

6. Di bawah pilihan System Recovery, Anda akan melihat alat-alat seperti Startup Repair, System Restore, Windows Complete PC Restore, Windows Memory Diagnostic Tool, and Command Prompt.

Kegunaan Alat-Alat Tersebut ialah:

1. Startup Repair – Startup Repair memungkinkan Anda untuk memperbaiki file sistem yang hilang atau rusak yang menyebabkan Windows tidak dapat booting dengan normal. Startup Repair akan memeriksa masalah sistem anda, dan jika ditemukan, Startup Repair akan memperbaikinya secara otomatis. Komputer Anda mungkin me-restart beberapa kali selama proses ini.

Startup Repair

2. System Restore – Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengembalikan Windows 7 ke keadaan sebelumnya.

3. System Image Recovery – Seperti yang Anda ketahui, Windows 7 memungkinkan Anda mengembalikan komputer Anda menggunakan system image backup yang Anda buat sebelumnya.

System Restrore

4. Windows Memory Diagnostic Tool – Memindai kesalahan memori pada komputer Anda. Mungkin butuh beberapa menit untuk menyelesaikan pemeriksaan memori komputer Anda.

5. Command Prompt – Pengguna yang mahir dapat menggunakan Command Prompt untuk melakukan pemulihan sistem dan juga menjalankan command line tools untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah. Berikut adalah daftar perintah bermanfaat yang membantu Anda memperbaiki masalah booting Windows:

  • BootRec / ScanOs
  • BootRec / RebuildBcd
  • bcdedit
  • BootRec / fixboot
  • BootRec / FixMbr

Catatan: Jika langkah diatas gagal, Anda dapat mencoba Memperbaiki Segala Kerusakan Pada Windows 7/8/8.1/10 Dengan SFC

Label: ErrorStartup cara repair windows 7cara mengatasi windows error recoveryCara mengatasi windows failed to startStartup repairwindows error recoverycara mengatasi windows boot manager tanpa cdcara mengatasi windows error recovery windows 7 failed to startstartup repair windows 7

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Bekerja sebagai System Administrator dan Web Developer di AskNet Media dalam 5 tahun terakhir. Ia seseorang yang aktif di Internet, dan suka berbagi tips dan tutorial seputar dunia IT.

Baca Juga

  • Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    9 Feb, 2014 - 315 KomentarMemperbaiki instalasi Windows yang korup merupakan tugas yang sulit bagi pemula terutama bila anda
  • Cara Disable Automatic Startup Repair di Windows 10

    Cara Disable Automatic Startup Repair di Windows 10

    7 Mei, 2016 - 0 KomentarKetika startup, Windows 10 mengeksekusi fitur perbaikan secara otomatis (automatic repair)
  • 2 Cara Boot / Masuk ke Safe Mode Pada Windows 10

    2 Cara Boot / Masuk ke Safe Mode Pada Windows 10

    27 Jun, 2016 - 4 KomentarBanyak hal yang sudah diubah pada sektor prosedur booting pada Windows 10. Proses booting memang
  • Membuka Startup Options Saat Windows Tidak Dapat Booting

    Membuka Startup Options Saat Windows Tidak Dapat Booting

    10 Jul, 2016 - 0 KomentarDi tulisan sebelumnya, AplikasiPC pernah
  • Memperbaiki Start Menu Rusak di Windows 10

    Memperbaiki Start Menu Rusak di Windows 10

    22 Jun, 2016 - 0 KomentarKembalinya Start menu menjadi salah satu kelebihan tersendiri di sistem operasi Windows 10. Namun

139 Komentar ke "Cara mudah memperbaiki boot Windows 7 dengan Startup Repair"

  1. bayu mengatakan:

    gan,ane udh praktek in,truz nyoba yg startup repair ..tp kok muncul gini “Startup repair cannot repair this computer automaticly”
    gmn tuh?
    2.pkek command prompt ttp aj eror “window failed to start”

  2. Bahrul Ulum mengatakan:

    mass…. udah saya coba semua cara tersebut, pi tetep aja nggak bsa mengembalikan windows seperti semula… klo mw di install ulang dah dicoba kok nggak bsa ngeboot malah?

    solusinya mas???

  3. alva mengatakan:

    bang gw abis start up repair udah finishing langsung blue screen gmana nih solusinya bang

  4. joko edan mengatakan:

    gw sdh coba gagal.

  5. joko edan mengatakan:

    gw paling benci insal ulang. kapok.

  6. PANJI SETO mengatakan:

    coba pakai COMMAND PROMPT

  7. PANJI SETO mengatakan:

    pkai dvd windows, kmdian msuk ke REPAIR YOUR COMPUTER kmdian pilih COMMAND PROMPT

  8. Marto mengatakan:

    Aku uda mencobanya semua tapi nggak bisa juga, terus mau intal ulang di langkah memformat hard disk/partisi nggak bisa. Kira2 caranya gmna mas..???

  9. aldo mengatakan:

    bang.. tanpa CD tapi lewat Flashdisk bisa gak?

  10. trisca mengatakan:

    permisi, numpang nanya. kalo laptopku setelah start up repair itu bisa nyala. tapi, kok hampir setiap nyalain komputer startup repair terus?
    boleh tau ga caranya? mohon infonya 🙂 terima kasih

  11. Ahmad nurizki mengatakan:

    Mas minta bantuannya, komputer ane setiap di on pasti startup repair dan langsung ble screen.. Gmana ya caranya? Tolong bantuannya 🙂

  12. irna mengatakan:

    Saya sudah coba tp pada saat kompur d restar muncul perintah startup komputer untuk lnjut ke tahap berikut y gk bisa krn mouse dan keyboard gk berfungsi.
    Mohon bantuannya

  13. Alrian Naafi mengatakan:

    Gan, kalo di laptop ane waktu startup muncul tulisan ‘checking and repairing disk drive C…’ tapi setelah itu ngerestart lagi dan lagi.
    Kira2 solusinya apa ya? Makasih

    • admin mengatakan:

      Mungkin terdapat bad sector pada hard disk mas, biasanya setelah beberapa kali restart, akan kembali seperti semula.

  14. Bram mengatakan:

    thanks shernya.. gua berhasil cobanya..

  15. vian mengatakan:

    gan, nek cara itu dpake buat repair win 7 ori ngrusak registry orinya gk?

  16. heni mengatakan:

    mas laptop saya susah di ke menuinnya itu gimaana mas?

  17. lucky mengatakan:

    kl aq biasanya cuma pake BootRec / fixboot BootRec / FixMbr

  18. wulan mengatakan:

    kak, dilaptop saya tuh setiap saya nge-onin pasti startup repair trus “startup repair cannot repair the problem automatlly” kak mohon solusinya dong

    • admin mengatakan:

      Kalo tetap ga bisa masuk Windows, mending Wulan install ulang aja. Atau menggunakan disk Windows yg Wulan gunakan untuk me-repair.

  19. fuji mengatakan:

    kak sya udh berhasil repair W7 tpi pas masuk password user, passord saya sama user nya salah terus, karena saya pke 2 OS W7 dan W8 yang W8 bisa masuk. pas saya msuk saya lihat file administratol di W7 di user tidak ada.. ada solusi nya ngk kak?

  20. Muslimah mengatakan:

    Salaam.. Pak klw sdh msk di command prompt lgkh selanjutnya apa yaa?? Mksh

  21. handika mengatakan:

    Mohon bantuanya donk bang..! komp ane kalo buat win7 kagak bisa keterangan nya windows filed
    dan waktu ane mau coba install ulang pake win7 juga, komp nya gak bs booting ke cd install nya tetap keterangan nya windows filed…!! yang aneh nya di install win 8 kok malah bs..!!! ampek sekarang kom ane kalo di pake untuk win7 tetap kagak bs. mohon pencerahan nya bang..!

  22. Natto mengatakan:

    Gan, kalo mau nginstal ulang untuk mindain data dari disk c dahulu humans
    Soalnya windows error dan masih ada data tersimpan di disk C ..
    Mohon bantuannya..

  23. norman mengatakan:

    Mas, startup repair windows 7 saya setelah finish masih terus startup repair berulang-ulang. Solusinya gimana ya?

  24. sha mengatakan:

    pake hirens aja

  25. yoo mengatakan:

    Gan pas ada tulisan startup repair is checking your system for problems, kok lama ya.. Knp itu gan

  26. WWW mengatakan:

    bang ini pas masuk ke repair kok tulisanya partition nya 0 kb ya? sudah saya coba instal ulang juga ga bisa, seslalu berhenti di setup is startting ? itu gimana ya bang. mohon dibantu

  27. syara sofia julianur mengatakan:

    Pak, itu kan mesti pake dvd windows 7.. Nah kalo masalah saya ini di notebook mas kalo selain pake dvd pake flashdisk bisa pak?

  28. Agus mengatakan:

    Mas, Punya saya acer D255
    Pas sayainstal ulang, saat instal acer configuration manager for android disitu berhenti
    lama kali nunggu nya

    Itu cmana mas ?

  29. yanti mengatakan:

    salam.maaf, kalo misalnya repairnya ga berhenti kan harus install ulang kan ya???
    itu datanya hilang semua atau ga..??
    gimana caranya supaya datanya tidak hilang..mohon bantuannya…makasi

  30. anisa tunzira mengatakan:

    Mas saya maauu nanya….
    Laptop saya kn eror klo gg slh windows eror recorvery gitu deh tulisannya.. terus saya klik start windows normally malah gg bisa ke bukq tmpilan menu biasanya eh mlh loading dan nimbulnya itu itu lg tulisaanya
    lauch startup repair (recommended)
    Sama start windows normally…
    Y udh saya coba aj klok lauch startup repair trys looading kn tuh saya tunggu trus saya klik finish… tp masih ga terbuka buka tmpilan layar.!laptopnya malah… mati n ke restart restart lg… looading mlu… kga kebuka buka tmpilan komputernya… itu knp yy mas apaanya sii yy yg rusak saya bingung hrus gmn..

  31. Bakti mengatakan:

    Sucses min, thanks

  32. Nesaba Media mengatakan:

    tutorial tersebut bisa ndak mas buat repair windows 7 yang sering blue screen ?? 🙂
    btw thanks artikelnya

  33. meggy mengatakan:

    Gan di instal ulang kok gak bisa ada masalah di loader driver gitu gimana cara ngatasinnya

  34. fhiqi mengatakan:

    mas setelah saya praktekan cara diatas data di D sama di E kok hilang semua ya?
    apakah bisa di kembalikan? 🙁

    • admin mengatakan:

      Dikembalikan menggunakan Recuva. Namun, cara diatas hanya mempengaruhi partisi dimana Windows 7 terdapat, sehingga tidak mempengaruhi partisi lain.

  35. nicejobs mengatakan:

    terima kasih ya

  36. emil mengatakan:

    gan kenapa leptopku setelah blue screen tidak bisa masuk windows, dan setelah saya m,au instal ulang partisinya jadi satu mas….. gimana tu mas minta solusinya..

  37. Khairul Asya mengatakan:

    Gan Komp. ane muncul tulisan “the instruction at 0x00324216 referenced memory at 0x72044dc0. the memory could not be written” itu kenapa ya??? Mohon Pencerahannya… Ane pake WIndows 7

  38. Xaja mengatakan:

    Min, saya baru saja melakukan instal ulang , setelah inst-ulg selesai lalu saya membuka beberapa app yg saya instal tetapi jd macet dan tdk berfungsi OS nya.

    Kemudian saya restart ulang waktu masuk bootingnya lama sekali dan tdk berfungsi.
    Kira-kira apa penyebabnya ? OS atau virus ? Mohon bantuanya, terimakasih.

  39. Yayan mengatakan:

    Mas kalo dah selesai , sucsees semua terus diapain comend promtnya ya gan ? Makasih sebelumnya

  40. Muhammad fawaid mengatakan:

    Mas mau nanya dong, nootbook saya error, saya sudah lakukan berbagai cara, tapi tetep aja gk bisa. Semua cara yang saya dapat dr internet gk bisa semuanya. Selalu muncul tulisan, YOUR COMPUTER WAS UNABLE TO STAR. STARUP REPAIR IS CHECKING YOUR SISTEM FOR PROBLEMS. Sampai sejam dua jam saya menunggu gitu aja tampilanya. Saya harus gimana.

  41. udin mengatakan:

    mas minta bantuannya, ane kan hbis instal ulang laptop, trus pas mau login ke windows, tampilannya hitam doang trus sama kursor kedap-kedip gtu, ane udah startup repair tpi gak ke detect problemnya, kira2 hardisknya bermasalah ato gimana? mkasih sblumnya

  42. evan mengatakan:

    Bantu jawab pertanyaan @udin. Coba masuk Task Manager. Pada Task Manager klik File – New Task (Run…), ketik “regedit” tanpa tanda kutip. Setelah masuk “Registry Editor”, terbuka cari : HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows NT/CurrentVersion/Winlogon. Jika sudah pada bagian kanan cari string “Shell” dan “Userinit”. Shell berisi explorer.exe dan Userinit berisi C:\Windows\system32\userinit.exe,
    Note: perhatikan dibelakang “userinit.exe,” (ada koma) dan tanda “\”. Semoga membantu.

  43. rya mengatakan:

    Ass….. mau tnya mas , leptop saya ga bisa masuk ke window, di layarnya suka ada bacaan error

  44. rya mengatakan:

    Windows failed to start.A recent hardwere or software change might be the cause.
    If windows files have been damaged or configured incorrectly. Startup repair can help diagnose and fix the problem. If power was interrupted during startup .chose start windows normaly.
    Launc startup repair (recommended)
    Start windows normally

    Description: fix problems that preventing windows from staring

  45. mila mengatakan:

    mas numpang nanya. laptop acer udh ke sleep slama 2harian. nah si laptop d nyalain reboot trrus. pdhl smpe booting aja gak. jd poer nyala, merk acer muncul trs mati, dan seterusnya. udh di coba oake f8 biar muncul safemode gk bsa. trs pake cd windows 7. anehnya msh sama. gak ngefek apaoun ttg cd nya. udh k bios buat furst boot pake cd/dvd tp gk ngefek. tgs kuliahnya udh numpuk.. kalopun d install ulang gmn bsa org cd nya gk kebaca mas..
    makasii bantuannya sebelumnyaa

  46. Chindy mengatakan:

    Gan, mau nanyak ne, kan sya ud install ulang laptop saya karna tiba” gak bsa masuk ke dekstop, pas saya install ulang, installannya selalu failed, selalu ngulang mulu, stlah sya atur partisi pasti ngulang lagii
    itu kenapa yaa gan ??
    Please fast response

  47. sindhunata mengatakan:

    gan beres startup kok cannot repair this comp automaticly..terus kl ga salah ada tulisan bad disk..mohon pencerahan kira2 mslhnya apa dan caranya gmna?

  48. sindhunata mengatakan:

    tolong dri awal gmna caranya bang.hehe,maklum sya blm bnr2 ngerti.check disk gmna?pertama sya nyalain lgsg loading startup repair.

  49. Bella Dwi Aulina mengatakan:

    makasi ya gan sudah dicoba berhasil

  50. ai mengatakan:

    Asslmkm. Mas, pc saya pas di perintah restore system files and setting gak bisa. Malah muncul no restore points have been created on your computer. Itu gimana yah? Apa udh gak bisa dibenerin manual? Harus instal ulang aja? Makasih.

    • admin mengatakan:

      Hal tersebut karena PC/Laptop nya belum pernah membuat restore point atau bisa saja karena aplikasi cleaner membersihkan restore point. Jika sudah seperti itu, lebih baik di install ulang, namun data di C akan hilang semua.

  51. Gani mengatakan:

    Gan gimana caranya habis menggunakan hiren boot mini xp kok gak bisa kembali windowsnya ya malah ada bacaan no ui default boot gitu , kasik solusi terima kasih saya dari bali

  52. zufar mengatakan:

    Mas,,punya saya semua programnya terhapus,,kasih solusinya mas.????

  53. bambang mengatakan:

    gan gimana caranya instal ulang menggunakan flashdisk

  54. komang mengatakan:

    Gan ane punya masalah nih com ane kan tiba2 error dan ga bisa masuk ke desktop pas eror muncul langsung startup repair nah gue tungguin dah tuh startup tapi kok ga selese2 ya? Sekitar 4jam lebih mungkin ada. itu cara solve gimana ya? Makasi

  55. anonim mengatakan:

    Bang kalo lewat command prompt gimana caranya ? Leptop ku gabisa masuk ke windowsnya..

  56. Indah mengatakan:

    Askum, mas ini laptop saya pas dinyalakan itu macet dan nggk bisa masuk ke dekstopnya. Ini kenapa yah?. Mohon solusinya

    • admin mengatakan:

      Waalaikumsalam,

      Hanya hitam saja pas masuk desktop? Sudah mencoba repair file system?

      • Indah mengatakan:

        Setiap kali mau masuk ke dekstop pas yg ada tulisan welcomenya itu laptop.nya langsung macet total (diam) mas…
        Kalau di repair file system itu caranya bagaimana?

        • admin mengatakan:

          Menggunakan command “sfc /scannow”. Tapi harus ada DVD / ISO instalasi Windows-nya, karna perintah ini harus di eksekusi melalui command prompt

  57. Athen.. mengatakan:

    Slmt pg Gan, notbook sy mrk Asuus’ dan 4 hari yg lalu sy hapus Apl yg sering sy instal tp ktka uninstal gk bs, lalu dpt slusi dri blog2 di intrnt di suruh cara trkhr hapus dri sistem data di local C dan dri sistem registry nya, sdh brhsil sih data/Apl yg mau sy hapus namun trllu lama krn trllu byk juga’ krn ku pikir mmbt notbook ku lelet dan penuh hardisk nya, shga dri pd trllu lama hapus satu/1 lalu ku coba hapus semua di folder registry nnya itu, dan ketika restart ulang gk mau lg, minta di repair trus tp jug gk bs, namun aku punya hardis pembawaan windows 7 yg prnh sy pakai di notbook Asus ku ini, apakah bs ambil data registry nya dari hardisk eksternalnya sy ini utk kembalikan dan repair ke notbook sy? ataukah juga ada cara lain yg bs aku buat selain tdk menginstal ulang??
    mohon pencerahannya dan bantuannya..? alx lg pusing bngt neh?mau krja tugas tp gk bs lg?, mau intal ulang juga tmt bngt data2 pnting ku hilang.. Krn sdh sekian lebih dri dua kali instal ulang dan data2 ku dan yg trtma yg aku sngt butuhkn pada hilang semua… Skli lg mihon solusinya Gan??..

  58. Honda mengatakan:

    admin solusinya instal ulang aja …
    kalo itu mah ane juga tau atuh min …

  59. anisa mengatakan:

    Gan, gimna ya natebook aku windows error recovery lalu aku tekan launch starting repair malah blue secren lalu knya di blng hrus bunu ulang gimna tu solusinya?

  60. Nekio mengatakan:

    Sore mas, mau tanya mas, notebook saya ko loadingnya lama yah dari starting windows sampe muncul desktop bisa smapai 45 menit, pdahal uda repair tpi tetep sama mas, ga ada perubahan, kira” giman ya mas solusianya,,? makasih mas,

    • admin mengatakan:

      Wah, harus install ulang mas.
      Cara lain sebelum install ulang coba cek aplikasi apa aja yang masuk ke startup, yang tidak diperlukan matikan saja.

  61. Edi mengatakan:

    Maaf sy mau nomppang tanya pak merek aser ng bisa masuk windows. Apa solusinya pak ?

  62. Yusi mengatakan:

    Bang mau tanya,notebook ku start up repair,pas tak liat diagnosis and repair details:
    Seassion details
    System Disk= \Device\Hardisk0
    Windows directory = D:\Windows
    AutoChk Run = 0
    Number of roto cause = 1

    Pas tak klik finish pasti langsung shutdown sendiri bang,begitu berulang ulang,kira kira kenapa bang?apa hardisk nya rusak juga ya ?

    Terimakasih

  63. alief ihza mengatakan:

    Mas laptop saya waktu saya ketik config gk ada apa apa?

  64. linda mengatakan:

    mas mw tanya kalo komputer yang booting yang muncul hanya logo windows jadi hanya di starting windows saja itu gimana yang memperbaikinya

  65. abandona mengatakan:

    kalau permasalahan \boot\BCD

    padahal sudah masukkan cd windows asli waktu instal dan waktu restart tidak ada respon dan balik ke tampilan boot bcd lagi

    kira2 cara atasinya bagaimana gan ?

  66. aris abdani mengatakan:

    Pak admin, laptop sy error udah di instal ulang ttp aja msh error ada tulisan press ctrl + alt + del, sy ketik ttp aja ga layar sprt itu, ada solusi nya ga pak admin, terima kasih

  67. Fajar_Awesome mengatakan:

    Bro Wa Gak Bisa Ke Startup Repair,Malah Nyangkut Ke Kursor Berkedip Garis Datar,Gak Lama Kemudian Ehh Langsung Mati,Solusi Mz?

  68. devi mengatakan:

    Udah startup repair 2 jam gak ada perubahan?

  69. Dedi mengatakan:

    sy udah instal ulang, tapi masih aja suka hang (monitor mati tapi CPU hidup) sebelum reinstall kerusakannya sama spt itu.
    terus kenapa setelah startup repair, suka ada applikasi yg hilang, misal: microsoft office hilang, atw anti virus juga hilang. gimana solusinya bro? terimakasih

  70. Bang Satrio mengatakan:

    Om saya kalau windows 8.1 gitu gimana yah?

  71. Deenz mengatakan:

    Mas klo di instal ulang, data di dalam ilang ga ?
    Sorry agak gaptek

  72. Depram mengatakan:

    mas saya mau tanya ko laptop saya setiap start up selalu bersuara beep panjang, dan saat masuk ke loading windows 7 malah gamau jalan lagi stuck disitu aja? ini kenapa yaa? baru semalem jadi begini mohon bantuannya.

  73. nanda mengatakan:

    makasih bang admin mantab leptop ku udah gak booting lagi nie makasih ya

  74. radiyansyah mengatakan:

    bang kan saya mau diinstalulang nih nah pake flashdrive nah saya kan udah ngerufus flashdrivenya
    terus saya langsung collokkin tuh fd nya nah saya terus ke bios ke boot fdnya dikeatasin terus saya save dan exit terus pas saya pencet esc,engga masuk ke windows installisasi bang -_- udah 3 hari terus muncul
    startup repair

  75. irfan mengatakan:

    Sukses bray pake Comand promp bootable flashdis…. thanks yha

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2016 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.