Cara Hapus Akun Microsoft di PC Windows 10 via Settings

Oleh Netrix Ken

Selain sign-in menggunakan local user account, di Windows 10 kita juga dapat masuk ke desktop menggunakan akun Microsoft. Akun Microsoft pada dasarnya merupakan akun e-mail biasa seperti GMail dan Yahoo! namun dengan domain Outlook.com, Hotmail.com, Live.com, dan MSN.com. Kita juga dapat memanfaatkan akun Gmail / Yahoo! yang sudah ada untuk mendaftar akun Microsoft.

Logo Windows 10

Logo Windows 10

Sign in ke Windows 10 menggunakan akun Microsoft memiliki banyak manfaat. Seperti contohnya kita dapat menyinkronkan pengaturan antar perangkat yang kita miliki, sign out serta mengunci komputer dari jarak jauh, dan mencari posisi laptop kita menggunakan fitur Find my device, fitur yang sangat bermanfaat ketika laptop kita dicuri.

Namun bagi Anda yang tidak ingin masuk menggunakan akun Microsoft karena alasan privasi, Anda dapat menghapus akun tersebut dari Windows 10 dan menggunakan akun lokal standar untuk masuk ke desktop. Jika Anda sudah yakin akan menghapus akun Microsoft dari komputer Anda dan menggunakan user account standar, terlebih dahulu Anda dapat memindahkan semua pengaturan yang ada di akun Microsoft tersebut ke akun local sehingga semua data Anda tidak akan hilang.

Apakah akun Microsoft di Windows 10 bisa dihapus?

Tentu saja, kita dapat menghapus akun Microsoft yang tertaut ke Windows 10 dengan mudah. Namun perlu di ingat sebelumnya, kita tidak dapat menghapus akun Microsoft yang sedang digunakan untuk sign in pada saat itu. Untuk itu, kita perlu membuat akun local dengan hak administrator terlebih dahulu (jika sebelumnya belum ada) sebelum menghapus akun Microsoft.

Ketika akun Microsoft dihapus, semua data yang ada di dalam akun tersebut akan ikut terhapus. Salah satu contoh data yang ikut terhapus adalah Desktop, Documents, Pictures, Music, Pictures, dan folder Downloads. Jika Anda memiliki data penting di salah satu folder tersebut, pindah terlebih dahulu ke partisi lain atau gunakan hard disk eksternal jika ukurannya terlalu besar.

Cara hapus akun Microsoft di Windows 10

Catatan: Jika akun yang akan dihapus sedang digunakan, sign out terlebih dahulu agar akun tersebut dapat dihapus. Cara sign out bisa dengan cara klik Sign out di Start Menu atau dengan cara restart komputer. Jangan lupa saat sign in kembali gunakan akun lain dengan hak administrator.

Sign Out Windows 10

Sign Out Windows 10

Langkah 1: Buka app Settings lalu buka Accounts => Family & other users.

Langkah 2: Pada halaman Other users, ia akan menampilkan semua akun yang terdaftar di komputer Anda.

Hapus Akun - Family & Other Users

Hapus Akun – Family & Other Users

Langkah 3: Klik pada akun Microsoft yang ingin Anda hapus lalu klik tombol Remove. Oh ya, akun yang sedang digunakan untuk sign in tidak akan muncul pada daftar ini.

Hapus Akun - Family & Other Users

Hapus Akun – Family & Other Users

Langkah 4: Ketika dialog konfirmasi muncul, klik tombol Delete account data.

Hapus Akun Microsoft Windows 10

Hapus Akun Microsoft Windows 10

Cek kembali apakah akun yang ingin Anda hapus telah terhapus secara sempurna. Selamat mencoba!

Label: MicrosoftSettingsTutorialUser Accounts hapus semua akun microsofthapus account microsoftcara mendelet akun microsoft di laptop windows 10cara menghapus foto akun microsoft yang udah di log outserver untuk akun microsofthapus akun microsoft sayacara hapus windows image backupcara pindah akun offline di windows 10cara hapus hotmail dari pccara mengatasi microsoft office disablehapus akun yang konek dengan microsoft akunakun microsoft di laptop tidak bisa dihapuscara hapus akun localcara menghapus email dan aplikasi akun microsoft di windows 10cara menghapus akun lokal microsoft

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Hapus akun Facebook, Twitter, dan LinkedIn

    Hapus akun Facebook, Twitter, dan LinkedIn

    11 Nov, 2018 - 7 KomentarJika Anda menggunakan Facebook, Twitter atau LinkedIn dan ingin menghapus atau menonaktifkan
  • Tutorial Cara Menghapus User Accounts di Windows 10

    Tutorial Cara Menghapus User Accounts di Windows 10

    7 Jan, 2018 - 56 KomentarSebelumnya, AplikasiPC telah membahas
  • Cara Mudah Menghapus Akun Skype

    Cara Mudah Menghapus Akun Skype

    7 Jun, 2018 - 40 KomentarJika Anda mempunyai akun Skype kemudian suatu saat Anda merasa akun yang Anda buat tidak berguna
  • Cara Menghapus Password User Account di Windows 10

    Cara Menghapus Password User Account di Windows 10

    31 Des, 2018 - 63 KomentarSistem operasi Windows memiliki fitur dimana Anda dapat mengatur password atau kata sandi untuk
  • 3 Cara Menghapus Themes (Tema) di Windows 10

    3 Cara Menghapus Themes (Tema) di Windows 10

    7 Jun, 2018 - 0 KomentarCoba tengok kumpulan theme Windows 10 Anda di Settings, merasa terlalu banyak? Atau ada

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2019AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.