Cara Disable Suara Camera Shutter Pada Android

Oleh | pada 18 Mei, 2015 | 0 Komentar

Kapanpun saat Anda mengambil gambar menggunakan kamera pada perangkat Android Anda, mungkin Anda mendengar suara yang muncul ketika proses pengambilan gambar/foto tersebut telah selesai. Terkadang pada situasi dan kondisi tertentu, suara tersebut kurang ramah didengar sehingga cenderung mengganggu kenyamanan Anda dan lingkungan sekitar. Hal ini juga menjadi salah satu masalah bagi para photographer setiap kali mereka mengambil gambar/foto sebuah objek yang ultra-sensitif dan dapat berpengaruh dengan adanya atau munculnya sebuah suara seperti suara kamera shutter pada perangkat yang Anda gunakan.

Camera Shutter

Camera Shutter

Namun sayangnya, aplikasi kamera baku yang terpasang pada banyak perangkat Android tidak memiliki pilihan untuk dapat men-disable suara kamera shutter. Akan tetapi Anda tak perlu khawatir, dalam postingan ini kami akan membagikan informasi mengenai cara yang dapat membantu Anda untuk melakukan disable suara pada kamera shutter, sehingga Anda dapat mengambil gambar/foto apapun yang Anda inginkan. Berikut di bawah ini beberapa jalan terbaik yang dapat Anda lakukan:

Catatan Penting: Metod-metod di bawah ini dapat dilakukan apabila Android Anda telah dilakukan proses root.

Menggunakan Aplikasi Untuk Disable Suara Kamera Shutter

Langkah ini merupakan cara yang terbaik untuk menonaktifkan atau mematikan suara dari kamera shutter pada perangkat Android Anda. Tentunya Anda harus memastikan bahwa ponsel Android Anda telah mengalami proses root terlebih dahulu sebelum menjalankan langkah-langkah di bawah ini:

1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu terlebih dahulu Anda download aplikasi bernama Camera Sound off! (root) pada Google Play.

2. Buka aplikasi tersebut dari tempat penyimpanan aplikasi pada ponsel Android Anda.

3. Saat Anda pertama kali menjalankan aplikasi tersebut, Anda akan melihat tampilan sebuah perizinan (permission) dimana Anda diminta untuk menjalankan aplikasi tersebut dengan root ponsel terlebih dahulu. Pilih tombol “Grant”.

Pengaturan Suara Kamera Android

Pengaturan Suara Kamera Android

4. Pada tampilan gambar di bawah ini, Anda dapat melihat sebuah menu drop-down dengan label “Camera Sound is”. Pilih menu tersebut, kemudian pastikan bahwa pilihan yang muncul adalah “OFF”.

Pilihan OFF Pada Pengaturan Kamera

Pilihan OFF Pada Pengaturan Kamera

Setelah keempat langkah-langkah di atas berhasil Anda lakukan, kini suara kamera shutter Anda telah berhasil di-disable. Jika suatu saat Anda ingin merubahnya dengan menghidupkan kembali suara pada kamera shutter Anda, Anda hanya perlu kembali memilih pilihan di atas tersebut, maka akan berganti menjadi “ON”.

Menggunakan File Manager Untuk Disable Kamera Shutter

Cara lain yang dapat menjadi pilihan bagi Anda jika ingin disable kamera shutter pada Android Anda, yaitu melalui modifikasi file sistem di dalam ponsel Anda. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

Catatan Penting: Cara yang kedua ini juga memerlukan perminttan akses root pada Android Anda.

1. Download dan install aplikasi root explorer misalnya aplikasi ES File Explorer pada Android Anda.

2. Kemudian buka aplikasi tersebut dari tempat penyimpanan aplikasi di dalam ponsel Anda.

3. Ketika aplikasi tersebut terbuka, menujulah pada direktori penyimpanan file-file sistem operasi pada ponsel Anda. seperti yang diterangkan dan dijelaskan pada gambar di bawah ini.

Direktori Penyimpanan File Sistem Operasi Pada Android

Direktori Penyimpanan File Sistem Operasi Pada Android

4. Langkah selanjutnya, Anda menuju pada direktori penyimpanan audio yaitu “/system/media/audio/ui” menggunakan aplikasi root explorer yang sedang berjalan tersebut.

5. Setelah Anda berhasil masuk ke dalam direktori tersebut, klik pada file “Shutter.ogg”, lalu pilih “Rename”.

Rename File Shutter

Rename File Shutter

6. Ganti nama file tersebut dengan nama “Shutter.ogg.bak.” Kemudian pilih tombol “OK” untuk menyimpan perubahan nama tersebut.

Rename File Shutter Menjadi Shutter.ogg.bak.

Rename File Shutter Menjadi Shutter.ogg.bak.

7. Lakukan langkah di atas untuk file lain yang bernama “Shutter_multiple.ogg.”, diganti dengan menambahkan kata “.bak” pada bagian akhir dari nama file tersebut.

8. Ketika semua langkah-langkah di atas telah selesai Anda jalankan, tutup aplikasi ES Explorer tersebut.

Demikian cara-cara yang kami bagikan untuk membantu Anda untuk disable kamera shutter pada Android Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Label: AndroidCamera ShutterCamera SoundCamera Sound off! (root)ES File ExplorerPengaturan pengaturan suara kamera j5cara menghilangkan suara kamera yang tidak bisa di hilangkan rootcara hilangkan suara shutter open cameracara menghilangkan bunyi saat mefoyo pada samsungdownload penghilang suara kamera androidmenonaktifkan suara shutter kamera samsung j5mematikan suara bidik kamera samsung galaxy note 2Disabel pengaturan kamerasamsung j5 suara kamera tidak bunyicara mengaktifkan mode suara capture pada kamera j3 2016ngilangin suara saat mau foto pake samsung j5cara menghilangkan suara fokus kamera acer z330cara silent camera ztepengaturan suara kamrra di sammsung j1cara menghilangkan suara kamera snap it

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Seorang wanita sederhana yang berkarir sebagai Co-Founder di AskNet Media, tertarik belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika, serta senang berbagi tips dan informasi di internet. :)

Baca Juga

  • Cara Upgrade Android Asus Zenfone 4, 5, dan 6

    Cara Upgrade Android Asus Zenfone 4, 5, dan 6

    10 Des, 2016 - 5 KomentarAndroid Asus merupakan salah satu Android yang sangat digemari masyarakat luas. Salah satu
  • Cara disable autorun pada Windows

    Cara disable autorun pada Windows

    30 Jul, 2014 - 0 KomentarSetiap kali Anda memasukkan USB drive, CD / DVD, dll ke dalam Windows Anda, Windows akan secara
  • Menjalankan Aplikasi Android Pada Komputer Windows

    Menjalankan Aplikasi Android Pada Komputer Windows

    13 Apr, 2015 - 1 KomentarAndroid mungkin sistem operasi ponsel yang paling baik dan paling mudah untuk dikustomisasi di
  • Cara Disable / Stop Auto Play Video di Facebook

    Cara Disable / Stop Auto Play Video di Facebook

    28 Okt, 2016 - 1 KomentarBeberapa bulan yang lalu Facebook meluncurkan sebuah fitur baru yang berguna untuk memainkan video
  • Tips mencegah komputer terkena virus

    Tips mencegah komputer terkena virus

    15 Okt, 2014 - 5 KomentarKebanyakan virus di Indonesia menyebar melalui Flash Disk, yaitu dengan memanfaatkan fitur autorun.

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.