Menampilkan Sisa Baterai Dalam Persen di Windows Menggunakan BatteryBar

Oleh | pada 25 Sep, 2016 | 0 Komentar

Jika Anda belum pernah mengubah pengaturannya, secara default Windows 10 akan menampilkan icon baterai di area system tray yang ada di taskbar. Icon baterai ini memang menampilkan sisa baterai yang tersedia, namun kita tidak dapat mengetahui secara pasti sisa baterai laptop kita karena icon tersebut tidak menampilkan dalam sisa persen.

Sistem operasi desktop dan smartphone modern saat ini, sebut saja Android, iOS, dan macOS, telah memiliki opsi untuk menampilkan sisa baterai dalam persen di area notifikasi. Memang, di Windows 10 kita dapat melihat sisa baterai dalam persen ketika kita mengklik icon baterai tersebut, namun hal ini dinilai tidak efisien bagi kebanyakan pengguna Windows. Bukankah akan lebih efisien jika Windows memiliki opsi untuk menampilkan sisa baterai dalam persen bukan hanya icon baterai saja? Sayangnya, untuk saat ini Microsoft belum ada rencana untuk membuat hal tersebut sehingga kita harus menginstall aplikasi tambahan untuk mencapainya.

BatteryBar Gratis untuk Windows 10

Ketimbang kita harus mengklik icon baterai setiap kali ingin melihat sisa baterai dalam persentase, kita dapat mengunduh software gratis yang dijuluki BatteryBar.

BatteryBar merupakan salah satu software gratis yang dibuat untuk Windows guna menampilkan informasi baterai pada taskbar. Versi gratis dari BatteryBar mampu menampilkan sisa baterai dalam persentase dengan sangat akurat, terlebih lagi besar icon yang digunakan aplikasi yang satu ini tidak banyak sehingga tidak menggaggu tampilan Windows 10 kita.

Cara menggunakan BatteryBar

BatteryBar akan muncul secara otomatis setelah Anda menginstallnya dengan benar. Namun, jika setelah di install BatteryBar tidak kunjung muncul juga, Anda dapat menampilkan BatteryBar secara manual dengan cara mengklik kanan pada area yang kosong di taskbar dan memilih opsi Toolbars lalu klik BatteryBar. Dijamin, BatteryBar akan muncul seketika.

Icon BatteryBar, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini, terlihat sangat modern dan menyatu dengan baik dengan icon sistem lainnya seperti icon Wi-Fi dan Volume. Pengaturan default BatteryBar akan menampilkan sisa waktu penggunaan baterai sama seperti ketika kita mengarahkan mouse ke icon baterai bawaan Windows 10. Agar BatteryBar menampilkan sisa baterai dalam persen, kita harus mengklik kiri satu kali pada icon tersebut (sekali untuk selamanya).

Icon BatteryBar

Icon BatteryBar

Dan ketika kita mengarahkan mouse ke icon BatteryBar, ia akan menampilkan informasi baterai secara rinci seperti: kapasitas baterai, penggunaan baterai, sisa waktu baterai, waktu hidup, kualitas baterai, dan penggunaan baterai semenjak pengisian terakhir.

Informasi Baterai BatteryBar

Informasi Baterai BatteryBar

Sayangnya, pada versi gratis BatteryBar, ia tidak dapat menampilkan informasi baterai ketika sudah akan habis atau kritis. Selain itu versi gratis juga tidak menyediakan opsi untuk mengubah tampilan icon BatteryBar (tema dan font). Namun meskipun demikian, secara menyeluruh BatteryBar sudah sangat mencukupi bagi kita yang ingin melihat sisa baterai dalam persen di Windows.

Keunggulan utama dari BatteryBar ialah, ia diklaim sangat hemat sumberdaya sehingga kita dapat menjalankannya secara terus menerus tanpa harus khawatir memperlambat laptop. Jika Anda tertarik menggunakan BatteryBar, cek link di bawah ini.

Label: bateraiBatteryBarLaptopNotebook menambahkan persentase battery laptopcara menampilkan baterai di laptopcara cepat meliahat persentase batrai di windows 10tampil persen batre laptopcara mengatasi icon battery laptop error di win 10bar persen batre laptop tidak munculcara menampilkan status batrei pada win10cara lihat presentase batre laptoptulisan baterai penuh win 10cara menampilkan persentase baterry windowscara memperlihatkan persen windowscara memunculkan ikon baterai taskbarcara setting bateraipersen batere windowscara menampilkan persentase batre laptop

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara Menghemat Baterai Laptop Pada Windows 7

    Cara Menghemat Baterai Laptop Pada Windows 7

    28 Okt, 2016 - 9 KomentarKetika laptop Anda berjalan pada modus baterai, tidak ada salahnya untuk menghemat baterai laptop
  • Mengubah Icon di Windows 10 Dengan CustomizerGod

    Mengubah Icon di Windows 10 Dengan CustomizerGod

    6 Okt, 2016 - 0 KomentarKebanyakan icon yang ada pada sistem operasi Windows 10 diadopsi dari sistem operasi
  • Download icon Windows 7 untuk Windows Vista

    Download icon Windows 7 untuk Windows Vista

    3 Nov, 2016 - 3 KomentarIcon Windows 7 memang sangat indah. Ikon Windows 7 yang cerah, penuh warna, dan lebih bermakna
  • Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

    Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

    17 Des, 2016 - 0 KomentarBukanlah hal yang mustahil untuk mengubah pengaturan daya (Power Plan) pada sistem operasi Windows,
  • Mengganti icon Windows Vista

    Mengganti icon Windows Vista

    10 Agu, 2016 - 3 KomentarWindows Vista mempunyai icon yang cantik dan berkesan transparan. Ketika pertama kali melihatnya,

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.