Cara Memperbaiki Driver Audio / Suara Error di Windows 10

Oleh Netrix Ken

Jika Anda sedang memiliki masalah dengan fungsi audio di Windows 10 seperti misalnya suara tidak keluar atau banyak noise yang muncul, sebaiknya Anda menjalankan fitur sound troubleshooter bawaan Windows 10 terlebih dahulu. Sound troubleshooter bawaan Windows 10 dapat mencari serta memperbaiki kerusakan-kerusakan umum seputar audio. Jika setelah menggunakan sound troubleshooter fungsi audio Anda masih bermasalah, coba terlebih dahulu menginstall ulang driver audio untuk mengatasinya.

Namun sebelum Anda menginstall ulang driver audio, sebaiknya Anda meng-update terlebih dahulu driver Realtek ke versi yang paling baru. Jika setelah mengupdate driver suara kembali normal, Anda dapat kembali ke driver yang lama jika diperlukan. Namun jika ternyata masih bermasalah, Anda dapat mencoba salah satu cara di bawah ini:

Penting: Catat terlebih dahulu nama serta versi driver Realtek Anda saat ini sebelum menginstall ulang sehingga Anda dapat dengan mudah mengunduh versi yang tepat nantinya. Anda dapat mengecek versi dan nama driver Realtek melalui Device Manager.

Cara 1

Menghapus & Menginstall Driver Audio Melalui Device Manager

Langkah 1: Buka Device Manager terlebih dahulu, caranya, klik kanan tombol Start yang ada di taskbar lalu klik pilihan Device Manager.

Membuka Device Manager

Membuka Device Manager

Langkah 2: Di Device Manager, lebarkan bagian Sound, video and game controllers (lihat gambar).

Langkah 3: Disini, seharusnya nama driver audio Anda akan muncul. Biasanya memiliki nama Realtek High Definition Audio . Klik kanan perangkat audio tersebut lalu pilih Uninstall.

Uninstall Driver Realtek

Uninstall Driver Realtek

Langkah 4: Selanjutnya, jendela konfirmasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini akan muncul. Centang terlebih dahulu bagian “Delete the driver software for this device” lalu klik tombol Yes untuk melanjutkan proses Uninstall.

Hapus Driver Realtek

Hapus Driver Realtek

Jika sudah, restart PC Anda lalu download driver versi paling baru untuk sound card yang cocok untuk PC Anda (biasanya ada di situs resmi merk sound card yang digunakan). Jika tidak ketemu, cari di Google dengan kata kunci “ NAMA_SOUND_CARD (spasi) driver ” (tanpa tanda petik). Jika Anda sudah mencatat merk dan tipe sound card yang Anda gunakan, untuk mencari driver-nya tidak akan sulit.

Jika masih tidak ketemu, Anda dapat mengunduh driver untuk Realtek audio menggunakan link di bawah ini.

Download Realtek audio driver (driver umum)

Coba driver Realtek HD audio codecs terlebih dahulu karena driver tersebut biasanya yang digunakan pada komputer & laptop modern. Jika gagal, coba install driver Realtek AC’97 Audio Codecs . Di dalam paket driver audio tersebut ada dua varian, yaitu untuk sistem 32-bit dan 64-bit. Pastikan Anda menginstall driver yang benar. Untuk mengecek apakah Windows Anda 32-bit atau 64-bit, lihat caranya disini.

Cara 2

Install Ulang Driver Audio melalui Control Panel

Langkah 1: Ketik Appwiz.cpl di kolom pencarian yang ada di Start Menu atau taskbar lalu tekan Enter untuk membuka jendela Programs and Features.

appwiz.cpl

appwiz.cpl

Langkah 2: Cari bagian driver audio. Klik kanan pada driver audio tersebut lalu klik opsi Uninstall. Klik tombol Yes jika dialog konfirmasi muncul untuk melanjutkan proses uninstall driver audio.

Uninstall Driver Realtek

Uninstall Driver Realtek

Setelah sukses, restart komputer Anda.

Kembali lagi, cari driver yang cocok untuk sound card komputer Anda lalu install driver tersebut. Semoga berhasil!

AudioDriverErrorSuaraTutorial mengatasi audio win 10 64bitcara mengatasi kerusakan sound pada windows 10suara tidak keluar di win 10suara program windows 10cr bnahi sonsistem erorsonsistem suara mistericara pasang drive realtek di win 10suara laptop tudak seimbang windows 10laptop suara tidak keluar pada windows 10windows 10 tidak ada suaracara mengatasi audio driver laptop erorsound pada windows 10 tidak berfungsidownload windows 10 iso yg ada suaranyawindows 10 sound centang tidak aktifmengatasi windows 10 tidak ada suara

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

119 Komentar ke "Cara Memperbaiki Driver Audio / Suara Error di Windows 10"

  1. Gulox berkata:

    min, laptop saya microphonenya rusak dan setelah Saya update driver juga tidak bisa, dan aku juga udah beli microphone eksternal, tetapi tetap ga bisa, kira kira kenapa ya

  2. CarloBrian berkata:

    gan kok di laptop saya driver audionya ga ke detect ya di device manager? itu gmn cara ngatasinnya ya gan? makasih

  3. Ockhand Tage berkata:

    Makasi banyak yah artikelnya… Sangat membantu

  4. yanuar berkata:

    kenapa ya bang. Micropone saya tidak jalan cuma keluar noise saja. Padahal drivernya terbaru. Pakai headphone juga ga jalan bagian microponenya. Kalau speakernya ga masalah pakai headphone juga jalan. Cuma mic internal dqn external tidak respon. Mohon pencerahannya..

    • admin berkata:

      Coba pakai port microphone yang di mainboard mas (jika pakai PC). Lalu cek device input microphone nya (di Control Panel), pastikan sudah betul.

  5. Ciano berkata:

    Kak kok saya speaker windows 10 nya itu kalo ikut zoom normal normal aja tapi kalo denger notifikasi sama lagu(spotify atau youtube) itu kecil, kresek, sama suara orangnya nggak kedengeran/ cuma backsound aja.
    Waktu saya troubleshoot kataya generic audio driver. Jadi cara memperbaikinya gimana yah kak?

  6. An berkata:

    Admin, kemarin aku update win 10, tp laptopnya jdi gak bisa keluar suara. Kalo dicolokin headset ada suaranya. Dan kalo gak dicolokin headsetnya suka keluar notif kira² “what device you plug in?” Dan masih ga ada suaranya. Tolong bantuannyaa

    • admin berkata:

      Ketika muncul notif, dipilih speaker laptop mas, jangan yg output ke headset

    • annisa uh berkata:

      mas, saya laptop saya windows 10 itu bisa buat dngerin suara. tetapi, kalo saya voice note atau google meet, zoom. itu tdk ada suara. jd saya bisa mndngr berbagai notifkasi youtube wasap musik tapi saya tdk bisa merekam suara saya. saya sdh setting dr update driver, sound mixer dsb. apakah saya perlu uninstal realtek smcm itu ya mas?

  7. Dyres berkata:

    Min kenapa ya ko saya no audio installed terus padahal driver realtek nya sudah berhasil di install ?

  8. Hahi berkata:

    Ka, kok laptop aku kalau denger musik, walaupun volume nya udh kecil bahkan udah mute ttep keluar suara yaa.. itu gimana ka

  9. Syafiq berkata:

    Saya pake headset hyperx cloud 2, tapi ntah knp tiba2 suaranya kecil, padahal volume udh 100, baru smalem kejadiannya, apa rusak?tapi headset normal, cuman suaranya aja kecil, mohon pencerahannya

  10. Syafiq berkata:

    Saya pake headset hyperx cloud 2, ntah knp tiba2 suara jdi aga menurun, jadi agak kecil, padahl udh di set volume 100, tapi gk kaya biasanya suaranya, itu penyebabnya apa ya? Apa rusak?tapi gk ada noise sama sekali, normal aja, cuman suaranya kecil gk kaya biasanya. Mohon pencerahannya

  11. Lee berkata:

    admin bantuin saya dong, saya ga paham :v uda ikut caranya tapi kayaknya saya yang salah …. laptop masih blom bisa ngeluarin suara dan juga tadi masih oke oke aja

    • admin berkata:

      Di Device Manager bagian Sound, video and game controllers perangkat sound card ada error / tidak? Lalu sudah cek output default suaranya?

  12. Ez21 berkata:

    komputer saya sehabis install ulang windows 10 ga ada suara. saya cari realtek ga ada. troubleshoot hasilnya: speakers and headset unplugged in. Kira-kira ini kenapa ya mas makasihh heheh

Muat diskusi lain
© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.