Memperbaiki Wi-Fi Rusak di Windows 10 | Wi-Fi Driver

Oleh Netrix Ken

Apakah Anda sedang mengalami masalah dengan Wi-Fi di Windows 10? Gagal menyambung ke jaringan Wi-Fi saat ingin menikmati layanan nirkabel kafe atau restoran? Pada tutorial kali ini AplikasiPC akan membahas mengenai beberapa masalah umum Wi-Fi yang sering dialami oleh pengguna Windows 10.

Windows 10

Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi paling baru yang dikembangkan oleh Microsoft. Oleh sebab itu, banyak produsen hardware yang hingga saat ini gagap memperbarui driver perangkat mereka.

Sudah banyak sekali pengguna Windows 10 yang mengalami masalah dengan perangkat Wi-Fi mereka yang disebabkan oleh driver rusak ataupun tidak cocok. Masalah yang sering dialami salah satunya adalah tidak ditemukannya jaringan Wi-Fi saat melakukan scanning padahal di lokasi tersebut jelas tersedia layanan Wi-Fi. Setelah Wi-Fi ditemukan, seringkali Windows 10 tidak bisa menyambung ke Wi-Fi yang biasanya disebabkan perbedaan bandwidth (20hz/40hz). Adapun pengguna Windows 10 yang mengeluhkan tidak dapat menghidupkan/mematikan perangkat Wi-Fi mereka.

Sebagian besar masalah Wi-Fi yang terdapat di Windows 10 dapat diperbaiki dengan cara menginstall ulang driver yang ada di PC kita. Sebelum memulai, Anda perlu mengunduh driver yang cocok serta paling baru untuk kartu jaringan Wi-Fi yang terdapat pada PC atau laptop Anda. Baru setelah Anda mendapatkan driver yang pas, proses install ulang dilakukan.

Ikuti langkah sederhana di bawah ini untuk menginstall driver Wi-Fi di Windows 10.

Penting: Perlu diperhatikan, ketika Anda menginstall ulang driver Wi-Fi, Windows akan menghapus semua password Wi-Fi yang tersimpan. Setelah proses install ulang selesai, Anda perlu memasukan password kembali setiap akan menyambung ke jaringan Wi-Fi.

Install ulang driver Wi-Fi di Windows 10

Langkah 1: Buka Device Manager. Caranya, klik kanan tombol Start menu lalu klik Device Manager.

Buka Device Manager di Windows 10

Buka Device Manager di Windows 10

Langkah 2: Setelah jendela Device Manager terbuka, buka Network Adapters untuk melihat semua kartu jaringan yang terinstall di PC Anda. Kartu jaringan Wi-Fi memiliki ciri mengandung kata “wireless” pada namanya.

Device Manager - Network Adapters

Device Manager – Network Adapters

Catatan: Jika Anda belum mendownload driver yang cocok untuk kartu jaringan Wi-Fi Anda, catat terlebih dahulu nama yang muncul pada gambar di atas untuk selanjutnya digunakan untuk mencari driver yang pas. Setelah driver Wi-Fi di uninstall, Wi-Fi akan mati 100% sehingga Anda tidak dapat menggunakan Wi-Fi untuk mendownload driver tadi.

Langkah 3: Kunjungi website resmi brand kartu jaringan Anda dan download driver Wi-Fi yang tepat untuk Windows 10.

Langkah 4: Buka kembali Device Manager, klik kanan pada entri kartu jaringan Anda dan klik Uninstall device.

Catatan: Jika Anda menggunakan Windows 10 build 10240 atau di bawahnya, klik opsi Uninstall.

Device Manager - Uninstall device

Device Manager – Uninstall device

Langkah 5: Ketika dialog konfirmasi berikut ini muncul, klik tombol Uninstall untuk menghapus driver.

Langkah 6: Setelah driver sukses dihapus, restart komputer Anda lalu install driver yang tadi Anda download pada langkah 3.

Install Driver Wi-Fi Intel

Install Driver Wi-Fi Intel

Jika saat menginstall driver diperlukan restart, matikan lalu hidupkan kembali komputer Anda 1x untuk menyelesaikan proses instalasi.

Kini seharusnya icon Wi-Fi sudah kembali ke tray icon yang ada di kanan bawah layar. Coba kembali sambungkan ke access point Wi-Fi yang bermasalah sebelumnya dan lihat perbedaannya.

DriverErrorLANRusakTutorialWi-Fi cara memperbaiki wifi yang rusak pada laptop pada windows 10wifu windows 10 rusakmemperbaiki wifi windows 10penyebab wifi rusak win 10mengembalikan wifi yang rusaj di windoes 10mengatasi wifi rusak di laptop windows 10permasalahan driver wifi windows 10masalah wifi pada windows 10 www aplikasipc comcara memperbaiki wifi yang rusak di laptop windows 1pbanyak wifi code error di windows 10cara instal driver wifi dari file zip windows 10cara mengatasi driver wifi rusak windows 10cara memperbaiki wifi yang rusak di windows 10penyebab wifi driver rusakcara memperbaiki driver wifi windows 10

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

25 Komentar ke "Memperbaiki Wi-Fi Rusak di Windows 10 | Wi-Fi Driver"

  1. Joy berkata:

    Nginstalnya drivernya harus pake kabel LAN min ? Soalnya kan wifinya masih belum bisa buat connect

  2. Dea berkata:

    Min, setelah saya install ulang, udah bisa scanning jaringan Wi-Finya tapi masih belum bisa connect. Itu gimana ya?

  3. Brigel rebong berkata:

    Laptop saya Merk Axioo NEO HNM dari windows 7 saya instal ke windows 10, di windows 7 memakai wifi normal manual, ketika di instal kewindows 10 malah hilang driver wifi nya, saya sudah mencoba mencari yg sesuai tipe laptop saya, sampe sekarang belum menemukan yg cocok.
    Mohon pencerahan nya

  4. ata berkata:

    min punya saya wifi sering putus kalo buat game, tapi buat lainnya aman, itu kenapa ya? sudah coba seperti yg dijelasin masih sama aja

  5. jol berkata:

    Saya uda coba juga tapi hasilnya demikian, uda coba “scan for new hardware changes” tapi drivernya gk muncul,

  6. Fadil berkata:

    Saya udah install ulang driver nya, tapi pas di cek di device manager gaada opsi wireless nya di network and connection

  7. Andreas berkata:

    Punya saya win 10 min, icon wifi tiba2 hilang dr taskbar, penngaturan network pun ga kedetect sama sekali, icon di taskbar ga mau on di pengaturan , cmn bisa kabel lan ,wifi mati total gimana ya min
    thanks

  8. yudh berkata:

    Di layar sayar setelah di uninstall ko gk muncul logo WiFi tapi di control panel di setting ada tapi pass di tekan masuk ke setting wifi tolonh bantuannya 08226162**** no wa

    • Rizal berkata:

      Maap saya ikut simak.. soalnya lectop saya pun demikian.. sebelumnya ada logo WIFI.. setelah di install ulang ga ada logo Wi-Fi nya.. mohon pencerahannya..?

© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.