Langkah Mudah Menyesuaikan Tampilan Start Menu Windows 10

Oleh | pada 19 Nov, 2016 | 0 Komentar

Pada versi terbaru Windows, Windows 10, Microsoft kembali menggunakan start menu klasik untuk para pengguna dengan tampilan yang lebih menarik. Start menu baru tersebut memiliki dua bagian dimana panel kiri menyerupai start menu dalam Windows 7, sedangkan panel kanan menyerupai “Start Screen” pada Windows 8. Start menu dalam Windows 10 ini tidak hanya terlihat cantik tetapi juga tampilannya lebih menarik dari beberapa versi Windows sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menyesuaikan tampilan start menu pada Windows 10:

1. Mengubah Ukuran Start Menu

Pada Windows 10, Anda dapat dengan mudah mengubah ukuran Start Menu agar sesuai dengan ukuran Layar PC Anda. Untuk mengubah ukuran start menu tersebut, arahkan mouse Anda ke tepi atas start menu kemudian gerakkan mouse Anda ke atas atau bawah. Langkah ini akan mengubah ukuran start menu dan setiap kotak (tiles) dalam menu akan otomatis menyesuaikan. Fitur baru ini sangat berguna jika Anda ingin memiliki layar lebar dengan banyak spasi untuk digunakan.

Start Menu Windows 10

2. Menambah, Menghapus, dan Mengubah Ukuran Kotak Menu (Tiles)

Seperti dalam Windows 8, Anda dapat menambah, menghapus, dan mengubah ukuran kotak menu (tiles) di bagian kanan pada start menu Windows 10. Untuk menambah kotak menu (tiles) aplikasi pada bagian kanan dari Start Menu, klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda tambahkan dan pilih “Pin to start”.

Pin Start Menu Windows 10

Untuk menghapus aplikasi dari bagian kanan pada Start Menu, klik kanan pada kotak menu (tiles) aplikasi tersebut dan pilih “Unpin from start”. Maka kotak menu aplikasi tersebut akan terhapus dari layar start.

Unpin Start Windows 10

Untuk mengubah ukuran sebuah kotak menu aplikasi pada menu star, klik kanan pada kotak menu tersebut, pilih  “Resize” dan pilih salah satu ukuran diantara “small”, “medium”, “wide”, dan “large”.

Resize Start Menu Windows 10

3. Personalisasi Warna Pada Start Menu

Pada Windows 10, Anda juga dapat mengubah warna latar belakang start menu seperti pada Windows 8. Untuk melihat warna apa saja yang dapat dipakai, klik kanan ditempat kosong pada start menu kemudian pilih  “Personalize”.

Personalize Start Menu Windows 10

Lalu akan muncul tampilan jendela “Color and Appearance” pada layar. Pilih warna sesuai keinginan Anda kemudian klik tombol “save changes”. Jika Anda tidak menemukan warna yang Anda inginkan, Anda dapat menambahkan warna lain melalui pilihan “Show color mixer”.

Color Mixer Windows 10

Perubahan warna akan berlaku seketika, klik pada tombol start untuk melihat perubahan.

Color Mixer Windows 10

4. Membuat Tampilan Start Menu Kembali Seperti Windows 8

Jika Anda menggunakan monitor layar sentuh dan ingin memiliki tampilan seperti di Windows 8, Microsoft telah menyiapkannya. Buka menu Start, klik kanan di manapun pada ruang kosong dan pilih “Properties”. Anda juga dapat mengakses jendela properties dengan mengklik kanan pada taskbar.

Properties Windows 10 Start Menu

Langkah di atas akan membuka jendela “Taskbar and Start Menu Properties”. Lalu arahkan ke bagian “Start Menu”, hapus centang kotak “Use Start menu instead of Start screen” dan klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

Perubahan Start Menu Windows 10 Windows 8

Selanjutnya, Windows akan meminta Anda untuk “Sign Out” dari sesi saat ini untuk menerapkan perubahan. Simpan semua pekerjaan Anda dan klik pada tombol “Sign Out”. Setelah Anda login, Anda akan melihat tampilan start menu Windows 8 Anda kembali.

Start Menu Windows 8 Windows 10

Selain fitur kustomisasi ini, Anda juga dapat menghapus salah satu aplikasi modern dan aplikasi desktop dengan hanya mengklik kanan dan memilih opsi “Uninstall.”

Mudah-mudahan tutorial saya kali ini akan membantu, dan jangan lupa untuk berkomentar di bawah, berbagi kesan dan pengalaman Anda mengenai Start Menu Windows 10.

Label: ModifikasiStart Menu tampilan windows 10modifikasi windows 10modif windows 10mengubah tampilan windows 10mengubah tampilan login windows 10cara mengubah tampilan start windows 10caramengubah tampilan start screen windows 10

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Seorang wanita sederhana yang berkarir sebagai Co-Founder di AskNet Media, tertarik belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika, serta senang berbagi tips dan informasi di internet. :)

Baca Juga

  • Windows 7 Tweaker Gratis: Sunrise Seven

    Windows 7 Tweaker Gratis: Sunrise Seven

    9 Nov, 2016 - 0 KomentarDahulu, software tweaker sangat sedikit dan hanya beberapa fitur yang disediakan untuk Windows XP
  • Menonaktifkan (disable) Start Screen Windows 8

    Menonaktifkan (disable) Start Screen Windows 8

    2 Mar, 2014 - 0 KomentarBanyak yang telah dikabarkan dan ditulis tentang sistem operasi Windows berikutnya, yaitu Windows
  • Download Gratis Start Menu Orb Windows 8

    Download Gratis Start Menu Orb Windows 8

    29 Jul, 2016 - 1 KomentarMicrosoft telah merilis Windows 8 dengan sejumlah perubahan. Windows baru ini dirilis dengan lebih
  • Memperbaiki Start Menu Rusak di Windows 10

    Memperbaiki Start Menu Rusak di Windows 10

    27 Sep, 2016 - 0 KomentarKembalinya Start menu menjadi salah satu kelebihan tersendiri di sistem operasi Windows 10. Namun
  • Modifikasi Taskbar & Start Menu Windows 10 Menjadi Transparan

    Modifikasi Taskbar & Start Menu Windows 10 Menjadi Transparan

    9 Nov, 2015 - 1 KomentarSeperti yang kita ketahui, taskbar yang ada pada Windows 10 memiliki desain flat tanpa unsur

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2016 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.