3 Aplikasi Firewall Terbaik Untuk Smartphone Android

Oleh | pada 4 Mei, 2017 | 2 Komentar

Smartphone atau ponsel dengan sistem operasi Android memang memiliki kegunaan yang telah dapat disamakan seperti komputer/PC. Dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer/PC, smartphone mampu menarik perhatian penggunanya terutama dalam hal keefektifan dan efisien penggunaanya. Smartphone juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki perangkat lain sehingga banyak digunakan oleh masyarakat umum, apalagi dengan sistemnya yang menggunakan Android yang memiliki kemampuan untuk melakukan segala pencarian dalam jaringan Internet dengan lebih praktis.

Selain dapat digunakan secara pribadi, smartphone juga dapat dihubungkan dengan komputer/PC Anda. Namun pernahkah Anda mengalami kejadian dimana PC Anda terinfeksi oleh virus? Sebaiknya Anda harus berhati-hati, ada kemungkinan virus tersebut juga dapat menular masuk ke dalam smartphone Anda apabila Anda terlalu sering mengkoneksikan smartphone dengan komputer Anda tersebut.

Aplikasi Firewall Untuk Android

Aplikasi Firewall Untuk Android

Jika terjadi keadaan demikian, hal pertama dan yang sering dianggap menjadi solusi terbaik serta banyak digunakan adalah menginstall program anti-virus dan firewall. Program ini bukan hanya dapat diinstall dalam komputer saja, namun juga dapat diinstall di dalam smartphone Android Anda. Firewall inilah yang akan mengatur lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Dengan demikian, smartphone Anda akan dilindungi dan terjaga keamanannya dari virus-virus tersebut. Untuk Android, dikenal berbagai macam perangkat lunak firewall, namun dalam artikel ini saya hanya akan menyebutkan 3 aplikasi atau software firewall yang terbaik untuk dipasang dalam ponsel Android Anda. Simak informasi lengkapnya di bawah ini:

1. NoRoot Firewall

Aplikasi NoRoot Firewall Untuk Android

Aplikasi NoRoot Firewall Untuk Android

Beberapa aplikasi memang membutuhkan akses root agar dapat berjalan dengan baik, namun tidak berlaku demikian pada aplikasi NoRoot Firewall ini.

Aplikasi NoRoot Firewall menciptakan sebuah Virtual Private Network (VPN) Mock yang kemudian menghubungkannya dengan perangkat Android Anda. Dimana hal ini berarti bahwa seluruh lalu lintas jaringan yang berjalan melalui Android Anda dilindungi. Begitu pula dengan seluruh data yang berada didalamnya.

Proses Instalasi Aplikasi NoRoot Firewall

Proses Instalasi Aplikasi NoRoot Firewall

Setelah sistem koneksi Anda telah berhasil dibuat, selanjutnya Anda akan mendapatkan pemberitahuan setiap waktu mengenai hal-hal apa saja yang ingin Anda koneksikan dengan ponsel Android Anda, Anda dapat mengizinkannya untuk terkoneksi atau membatalkannya. Jika Anda mengabaikan pada permintaan koneksi tersebut, aplikasi ini akan secara otomatis memblokirnya lalu kemudian menahannya pada bagian tab Pending Access. Hal ini agar Anda sesekali dapat melihatnya atau mengaksesnya kapanpun Anda mau. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat pada gambar di bawah ini.

Menjalankan NoRoot Firewall Pada Android

Menjalankan NoRoot Firewall Pada Android

Di dalam aplikasi ini juga terdapat filter untuk mengizinkan atau memblokir alamat dan port tertentu dari sebuah halaman situs/web. NoRoot juga memiliki hak akses yang akan menampilkan semua koneksi yang terdiri dari alamat IP, waktu, serta status (baik itu diizinkan atau tidak) dari semua aplikasi yang terpasang dalam Android Anda. Untuk melindungi ponsel Android Anda, maka Anda harus mengkonfigurasikannya.

Informasi Detail dalam Aplikasi NoRoot Firewall

Informasi Detail dalam Aplikasi NoRoot Firewall

2. LostNet NoRoot Firewall

Aplikasi LostNet NoRoot Firewall

Aplikasi LostNet NoRoot Firewall

Seperti pada aplikasi NoRoot Firewall, aplikasi LostNet NoRoot Firewall ini juga tidak membutuhkan permintaan rooting, serta menciptakan sebuah Virtual Private Network (VPN) Mock yang dapat Anda pantau sendiri. Aplikasi ini juga mengizinkan Anda untuk dapat mengontrol seluruh jaringan akses Internet baik dari dan ke dalam ponsel Android Anda yang berjalan secara bersamaan memeriksa rincian informasi dari setiap aplikasi yang terpasang pada smartphone Anda.

Fitur lainnya yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu dimana aplikasi mengizinkan Anda untuk membuat profil penting dengan memblokir dan menerima masing-masing aturan dengan sangat baik. Terdapat fungsi lain juga seperti melacak koneksi pada ponsel Anda, serta memblokir jaringan iklan di dalamnya.

Fitur Pemblokiran Jaringan Iklan Dalam Aplikasi LostNet NoRoot Firewall

Fitur Pemblokiran Jaringan Iklan Dalam Aplikasi LostNet NoRoot Firewall

3. Firewall Gold

Seperti beberapa aplikasi firewall terbaik, Firewall Gold dapat menampilkan seluruh koneksi baik itu koneksi yang masuk maupun yang keluar pada jaringan ponsel Anda. Aplikasi ini juga mengizinkan Anda untuk dapat membuat profil bukan hanya untuk ponsel Anda, namun juga untuk beberapa perangkat Anda. Aturan dari aplikasi ini juga sangat mudah dikonfigurasi, Anda dapat menetapkan, mengekspor, dan mengimpor aturan-aturan dengan sangat baik.

Fitur Pada Aplikasi Firewall Gold

Fitur Pada Aplikasi Firewall Gold

Firewall Gold juga mendukung fitur tethering dan roaming. Ada pula sebuah fitur lain yang mengizinkan Anda untuk dapat menciptakan custom script, dan menciptakan sebuah script untuk sebuah alamat IP khusus.

Fitur Custom Script Dalam Aplikasi Firewall Gold

Fitur Custom Script Dalam Aplikasi Firewall Gold

Bagaimana? Aplikasi Firewall manakah yang ingin Anda pasang untuk digunakan dalam ponsel smartphone Android Anda? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika mungkin Anda memiliki referensi lain mengenai aplikasi firewall untuk Android, kiranya untuk dapat saling berbagi informasi dengan kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Label: AndroidAplikasiDownloadFirewallFirewall GoldLostNet NoRoot FirewallNoRoot Firewall firewall buat androidfirewall androidfire wall untuk androidapa itu android firewallaplikasi vpn yg aman dari virus dan iklanaplikasi firewall untuk androidfirewall diandroiddownload firewall androidfungsi firewall android tanpa akarfirewall android terbaik Firewal terbaik aplikasi firewall:terbaikaplikasi firewall androiddownload aplikasi root firewallmengenal fitur no root firewall

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Seorang wanita sederhana yang berkarir sebagai Co-Founder di AskNet Media, tertarik belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika, serta senang berbagi tips dan informasi di internet. :)

Baca Juga

  • Mematikan Windows Firewall melalui Registry

    Mematikan Windows Firewall melalui Registry

    16 Jun, 2017 - 3 KomentarSecara default Windows Firewall terintegrasi dengan Windows 7 dan terpasang pada Start =>
  • 5 Aplikasi Email Terbaik & Terpopuler Untuk Android

    5 Aplikasi Email Terbaik & Terpopuler Untuk Android

    22 Mar, 2017 - 2 KomentarPengertian email itu sendiri adalah surat dalam bentuk elektronik (electronic mail). Email
  • Menjalankan Aplikasi Android Pada Komputer Windows

    Menjalankan Aplikasi Android Pada Komputer Windows

    13 Apr, 2015 - 1 KomentarAndroid mungkin sistem operasi ponsel yang paling baik dan paling mudah untuk dikustomisasi di
  • Download dan Cara Install WhatsApp di Windows 10 dan 8

    Download dan Cara Install WhatsApp di Windows 10 dan 8

    12 Mei, 2017 - 6 KomentarDengan lebih dari satu milyar pengguna di seluruh dunia, menjadikan WhatsApp aplikasi
  • Melihat Pemberitahuan Android Melalui Komputer

    Melihat Pemberitahuan Android Melalui Komputer

    21 Mei, 2017 - 1 KomentarJika Anda termasuk dalam kategori orang yang sibuk, dan sering menggunakan komputer, akan sangat

2 Komentar ke "3 Aplikasi Firewall Terbaik Untuk Smartphone Android"

  1. Soni Widiyanto berkata:

    Detail banget, thanks gan 🙂

  2. Saya pakai yg pertama aja ni simple dan kecil ukuranya..

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.