Cara Reset Pengaturan Windows Firewall di Windows 10

Oleh | pada 17 Des, 2016 | 0 Komentar

Jika Anda merasa melakukan kesalahan ketika mengkonfigurasi Windows Firewall di Windows 10 sehingga terjadi masalah jaringan, cara paling mudah adalah dengan meresetnya kembali ke pengaturan awal. Setelah pengaturan Windows Firewall di reset, otomatis semua pengaturan yang sudah Anda buat sebelumnya akan dihapus dan digantikan dengan pengaturan default. Saat ini ada dua cara untuk mereset Windows Firewall di Windows 10. Pada tulisan kali ini AplikasiPC akan membahas keduanya. Simak selengkapnya di bawah ini.

Windows Firewall merupakan fitur yang sangat penting, terlebih lagi di sistem operasi Windows yang seringkali mendapat ancaman melalui jaringan. Windows Firewall pertamakali diperkenalkan pada Windows XP dan ditingkatkan fiturnya secara signifikan setelah XP SP 2 dirilis. Namun dahulu, di Windows XP Windows Firewall masih tergolong sangat sederhana, ia hanya mampu menangani ancaman jaringan sederhana saja.

Windows Firewall

Dan setelah Windows Vista dirilis, Windows Firewall benar-benar dirubah secara total dari segi fitur dan fungsinya. Di Windows Vista, Firewall dibuat dengan basis Windows Filtering Platform API dengan integrasi IPsec. Pada versi ini Windows Firewall sudah mampu memblokir serangan outbound network serta memiliki antarmuka yang canggih yang disebut Windows Firewall with Advanced Security.

Menggunakan antarmuka yang baru, saat itu pengguna Windows memiliki kapabilitas 100% untuk merubah segala pengaturannya dengan mudah. Hinga saat ini, Windows Firewall masih terus dikembangkan oleh Microsoft dengan tambahan fitur profil ganda, kemampuan kerjasama dengan aplikasi firewall pihak ketiga, aturan berbasis jarak antar port, dan beberapa fitur baru lainnya.

Untuk mengembalikan pengaturan Windows Firewall seperti semula, Anda dapat menggunakan antarmuka yang telah disediakan oleh Windows atau menggunakan aplikasi netsh.exe. Kedua cara tersebut memiliki efek yang sama yakni mereset ulang pengaturan Windows Firewall. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah caranya:

Cara Reset Windows Firewall di Windows 10

Untuk mengembalikan pengaturan Windows Firewall seperti semula di Windows 10, salah satunya dapat menggunakan cara di bawah ini:

Langkah 1: Pertama-tama buka Settings => Network & Internet => Status.

Network & Internet

Network & Internet

Langkah 2: Scroll ke bawah hingga Anda melihat link dengan judul Windows Firewall.

Settings - Network & Internet - Windows Firewall

Settings – Network & Internet – Windows Firewall

Langkah 3: Setelah jendela status Windows Firewall muncul, pada sisi kiri klik Advanced Settings.

Langkah 5: Kini seharusnya pengaturan lanjutan Windows Firewall akan terbuka (lihat gambar di bawah). Disini, klik kanan list pilihan paling atas yang ada di sisi kiri (Windows Firewall with Advanced Security on Local Computer) lalu klik Restore Default Policy. Jika ada pesan konfirmasi muncul, klik Yes untuk melanjutkan aksi.

Reset Windows Firewall

Reset Windows Firewall

Saat proses reset setting Windows Firewall dilakukan, Windows akan memutus jaringan internet Anda secara otomatis.

Mengembalikan Pengaturan Firewall Seperti Semula Via NetSH

Selain menggunakan antarmuka Windows Firewall, untuk reset pengaturan Windows Firewall Anda juga dapat menggunakan utilitas netsh.exe yang dipadukan dengan Command Prompt. Berikut adalah caranya:

Langkah 1: Buka Command Prompt dengan hak Administrator (Run as Administrator).

Langkah 2: Ketik perintah berikut ini di ikuti dengan Enter setelahnya.

netsh advfirewall reset
NetSH Reset Windows Firewall

NetSH Reset Windows Firewall

Bagaimana? Mudah bukan? Jika ada kendala, sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Label: ResetSettingsWindows firewall cara Melakukan Reset Windows Firewall Configuration pada windowspengaturan windows firewall windows 10pengaturan windows firewall windowspengertian reset windows firewall configurationaplikasi pengaturan semulacara setting firewall windows 10network firewall muncul terus windows 10cara pengaturan firewall windows 10cara setting windows firewallcara setting default windows firewall windows 10cara reset firewallcara mengatasi lumion yang di block oleh windows firewall pada windows 10cara mengembalikan aplikasi yang sudah direset di windows 10cara reset pengaturan internet di win 10cara mematikan firewall windows 10

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Mematikan Windows Firewall melalui Registry

    Mematikan Windows Firewall melalui Registry

    16 Jun, 2017 - 3 KomentarSecara default Windows Firewall terintegrasi dengan Windows 7 dan terpasang pada Start =>
  • Cara Mengembalikan Pengaturan Registry Windows 10 Seperti Semula

    Cara Mengembalikan Pengaturan Registry Windows 10 Seperti Semula

    29 Des, 2016 - 0 KomentarWindows 10 merupakan sistem operasi yang sangat kompleks dengan jutaan pengaturan di Registry-nya.
  • Cara Reset Pengaturan TouchPad (Mouse) di Windows 10

    Cara Reset Pengaturan TouchPad (Mouse) di Windows 10

    3 Feb, 2017 - 0 KomentarHampir semua laptop yang dirilis semenjak tahun 2015 pasti dilengkapi touchpad dengan
  • Cara Reset Pengaturan Browser Microsoft Edge Dengan Mudah

    Cara Reset Pengaturan Browser Microsoft Edge Dengan Mudah

    6 Apr, 2017 - 2 KomentarHampir semua web browser keluaran terbaru dipastikan memiliki pengaturan untuk
  • Cara Mudah Memperbaiki Aplikasi Windows 10 Rusak

    Cara Mudah Memperbaiki Aplikasi Windows 10 Rusak

    12 Jan, 2017 - 0 KomentarApakah di komputer Windows 10 Anda terdapat aplikasi yang rusak? Ingin tahu cara memperbaikinya

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.