Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur di Windows 10

Oleh Netrix Ken

Semenjak kehadiran Windows 7, kita dapat dengan mudah menghidupkan maupun mematikan berbagai fitur yang ada pada sistem operasi tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Tidak luput juga pada Windows 10. Salah satu fitur yang paling sering dimatikan ialah Internet Explorer yang dikarenakan sudah hadirnya browser terbaru dari Microsoft yang dijuluki Microsoft Edge. Selain Internet Explorer, masih banyak lagi fitur Windows 10 yang dapat kita matikan, diantaranya: Windows PowerShell, Windows Media Player, XPS Viewer, dan banyak lagi.

Menggunakan cara yang sama, kita juga dapat mengaktifkan fitur seperti Hyper-V dan Telnet dimana fitur tersebut dinonaktifkan secara default.

Meskipun menggunakan cara yang satu ini kita dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur yang ada pada Windows 10, namun cara ini tidak dapat kita gunakan untuk menghapus fitur utama, contohnya Cortana dan Edge. Jika Anda ingin menghapus salah satu fitur Windows 10 sepenuhnya, Anda dapat menggunakan NTLite sebagai alternatif.

Menggunakan cara ini, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur penting seperti .Net Framework, Hyper-V, Internet Explorer, Windows Media Player, Microsoft Print to PDF, Windows PowerShell 2.0, Work Folders Client, Windows Fax and Scan, XPS Services, XPS Viewer, dan beberapa fitur lainnya. Ikuti langkah-langkah cara mematikan fitur pada Windows 10 di bawah ini untuk melakukannya.

Menghidupkan dan Mematikan Fitur Windows 10

Langkah 1: Buka Control Panel. Caranya, ketik Control Panel pada Start Menu atau box pencarian yang ada pada taskbar lalu tekan tombol Enter.

Membuka Control Panel Windows 10

Membuka Control Panel Windows 10

Langkah 2: Cari ikon dengan label Program lalu klik Uninstall a program untuk membuka jendela Programs and Features.

Uninstall Aplikasi Windows 10

Uninstall Aplikasi Windows 10

Tips: Anda dapat membuka Programs and Features dengan cepat dengan cara mengetik Appwiz.cpl melalui Run lalu tekan Enter.

Langkah 3: Pada sisi kiri, klik Turn Windows features on or off dan tunggu hingga jendela Windows Features terbuka.

Turn Windows features on or off

Turn Windows features on or off

Langkah 4: Disini, Anda akan melihat berbagai fitur yang ada pada Windows 10. Untuk mematikan, hapus centang pada fitur yang Anda inginkan, dan untuk menghidupkan, beri tanda centang pada fitur yang di inginkan.

Fitur Windows 10

Fitur Windows 10

Setelah selesai memilih fitur apa saja yang akan dihidupkan atau dimatikan, klik tombol OK. Jika ada jendela konfirmasi muncul, klik tombol Yes lalu restart komputer Anda untuk melihat hasilnya.

Konfirmasi Mengaktifkan & Menonaktifkan Fitur

Konfirmasi Mengaktifkan & Menonaktifkan Fitur

Mudah bukan?

FiturWindows 10 cara mendisable windows search pada windows 10cara menonaktifkan internet explorer windows 10tempat turn windows features on of windows 10fitur spotlight aktif win10cara mengaktifkan fitur pin win10menggunakan ntlitecara mengaktifkan windows hello di windows 10cara menyalakan extension windows 10cara menonaktifkan microsoft rdge di w10 hpcara menghidupkan windows 10 tanpa menggunakan tombol power?cara menghidupkan update win 10cara mengaktifkan windows diwindows 10 homemenghapus fitur protectionturn windows features on or off pada windows 10cara mengaktifkan update windows

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

2 Komentar ke "Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur di Windows 10"

  1. arif berkata:

    gabisa gue gan

  2. Udin berkata:

    Makasih gan atas infonya..

© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.