Cara Menampilkan / Menyembunyikan File di Windows 10

Oleh | pada 25 Mei, 2017 | 0 Komentar

Sebelumnya, AplikasiPC telah membahas mengenai Cara Menyembunyikan Partisi Hardisk. Terkadang, kita perlu menyembunyikan file, folder, foto, video, atau dokumen tertentu untuk alasan keamanan. Secara default, semua file dan folter tersebut ditampilkan di File Explorer. Sebenarnya, Windows memiliki banyak cara untuk menyembunyikan file dan folder. Salah satunya ialah menggunakan baris perintah yang di-inputkan melalui DOS dan juga melalui jendela Properties file. Di Windows 10, Microsoft telah menanamkan antarmuka baru yang dapat kita gunakan untuk menyembunyikan dan menampilkan file tersembunyi. Mari kita coba satu-persatu cara untuk menyembunyikan file di Windows 10.

Cara pertama ialah menggunakan baris perintah yang di-inputkan ke command prompt (DOS) melalui perintah “attrib”. Dengan memasukan perintah di bawah ini di command prompt, Anda dapat mengatur attribut “hidden” (tersembunyi) untuk file “D:\myfile.txt” sebagai contoh.

attrib +h "D:\myfile.txt"

Setelah Anda menekan tombol Enter, otomatis file di atas akan tersembunyi di Windows Explorer. Perintah di atas cocok digunakan untuk file batch, namun untuk file dokumen dan sebangsanya, terus simak cara selanjutnya.

File Explorer juga memiliki fitur yang sama untuk menyembunyikan dan menampilkan file sistem. Melalui File Explorer, tentu saja kita tidak perlu memasukan baris perintah tertentu sehingga cara ini dapat dianggap cara paling mudah untuk menyembunyikan file. AplikasiPC akan membahasnya di bawah ini.

Langkah 1: Pilih file yang ingin Anda sembunyikan melalui File Explorer. Jika Anda belum terbiasa menggunakan “pemilih file”, lihat gambar di bawah ini. Untuk memilih lebih dari satu file, cukup gunakan tombol CTRL lalu klik file yang diinginkan.

Memilih File di File Explorer Windows 10

Memilih File di File Explorer Windows 10

Langkah 2: Pindah ke tab View lalu klik tombol Hide selected items.

Menyembunyikan File di Windows 10

Menyembunyikan File di Windows 10

Mudah bukan? Kini semua file yang Anda pilih di atas akan tersembunyi dari File Explorer.

File Tersembunyi

File Tersembunyi

Nah, sekarang masalahnya, bagaimana jika kita ingin menampilkan file diatas kembali? Caranya cukup mudah. Pada tab View, centang kotak Hidden items. Setelah itu, semua file yang tersembunyi akan kembali ditampilkan di File Explorer yang ditandai dengan efek fade.

Menampilkan File Tersembunyi di Windows 10

Menampilkan File Tersembunyi di Windows 10

Untuk kembali menampilkan file tersebut dalam kondisi normal, pilih file tersembunyi yang Anda inginkan lalu klik tombol yang sama lagi yakni Hide selected items. Ketika Anda memilih file yang tersembunyi, secara otomatis tombol Hide selected items akan menampilkan seperti ditekan.

Menampilkan Hidden File di Windows 10

Menampilkan Hidden File di Windows 10

Setelah mengklik tombol tersebut, maka tampilan tombo “Hide selected items” akan kembali normal dan attribut hidden akan dihilangkan.

Label: File ExplorerTutorial cara melihat hiden di win 10cara mengatasi hardis sembunyicara menghilangkan folder yang di hidden di pc laptop windows 10cara membuka file yang telah di hiden windows 10cara melihat file hide windows 10cara menampilkan file yg di hide di windows 10cara mengembalikan file hidden di laptop windows 10cara buka hidden file di windows 10cara menampilkan data dari hp ke windows 10membuka folder hidden di windows10cara melihat dokumen yang di hide di window 10cara mengembalikan folder yang telah di hidden dalam windows 10cara membuka file yang di hiden pada win 10cara membuka hiden di laptop windows 10menampilkan file hidden di windows 10

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara Menyembunyikan Partisi Hard Disk

    Cara Menyembunyikan Partisi Hard Disk

    19 Nov, 2016 - 0 KomentarSalah satu hal yang paling menyebalkan adalah jika ada orang lain dengan semaunya melihat atau
  • Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

    Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

    21 Jul, 2014 - 1 KomentarOk, berikut ini adalah sedikit tips cepat untuk Anda yang ingin menyembunyikan file atau folder
  • Cara Menyembunyikan Sel, Kolom, Lembar Kerja, dan Rumus Pada Microsoft Excel

    Cara Menyembunyikan Sel, Kolom, Lembar Kerja, dan Rumus Pada Microsoft Excel

    10 Des, 2016 - 3 KomentarJika Anda bekerja setiap hari dengan menggunakan Microsoft Excel, mungkin Anda pernah mengalami
  • Tutorial Cara Menyembunyikan Partisi Recovery di Windows 10

    Tutorial Cara Menyembunyikan Partisi Recovery di Windows 10

    10 Des, 2016 - 1 KomentarPada kebanyakan PC, partisi recovery disembunyikan secara default dan tidak ditampilkan di File
  • Cara Menghilangkan Aplikasi & Icon "Get Windows 10" Dari Taskbar

    Cara Menghilangkan Aplikasi & Icon "Get Windows 10" Dari Taskbar

    11 Jul, 2016 - 13 KomentarPada artikel sebelumnya saya telah banyak membahas mengenai aplikasi baru yang bernama "Get Windows

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.