Cara Membersihkan Hard Disk Dari File Sampah Yang Tidak Diperlukan

Oleh Netrix Ken

Pada kesempatan kali ini, AplikasiPC akan membahas mengenai salah satu tools yang disediakan oleh Microsoft semenjak Windows pertama diluncurkan, yaitu Disk Cleanup! Kondisi hard disk yang terlalu penuh sering menyebabkan masalah seperti gagal install aplikasi, error pada Windows update, dan bahkan bisa menyebabkan Windows tidak bisa booting sama sekali. Penyebab umum ruang kosong hard disk tiba-tiba menjadi sedikit biasanya karena kita usai upgrade versi Windows 10, karena ia akan membuat salinan Windows lama Anda di folder C:\Windows.old. Kita tidak bisa secara langsung menghapus folder C:\Windows.old dari File Explorer karena biasanya akan memunculkan error “You don’t have admin rights”.

Oleh sebab itu, kita membutuhkan Disk Cleanup agar hard disk kita menjadi kembali bersih. Selain dapat membersihkan sisa-sisa file dari update & upgrade Windows, Disk Cleanup juga bisa membersihkan thumbnails dan file yang sudah tidak digunakan oleh aplikasi lain yang tersimpan di C:\Users\[username]\AppData\Local\Temp. Ikuti tutorial berikut ini untuk membersihkan hard disk Anda dari sisa-sisa file yang sudah tidak terpakai.

Membersihkan isi hard disk menggunakan Disk Cleanup

Langkah 1: Pertama-tama, buka Disk Cleanup terlebih dahulu dengan cara membuka Start Menu dan ketik cleanmgr.

Langkah 2: Setelah jendela Disk Cleanup terbuka, pilih partisi C:\ (jika diperlukan), dan klik tombol OK. Selanjutnya Disk Cleanup akan mulai mencari file yang sudah tidak diperlukan di partisi tersebut.

Disk Cleanup

Disk Cleanup

Langkah 3: Beri tanda centang pada semua pilihan “Files to delete” yang tersedia (hati-hati, semua file yang ada di folder Downloads juga akan ikut terhapus, agar isi folder Downloads tidak ikut terhapus, hapus tanda centang pada pilihan Downloads).

Disk Cleanup - Clean up system files

Disk Cleanup – Clean up system files

Langkah 4: Selanjutnya, klik tombol Clean up system files. Jika sudah, beri tanda centang kembali semua pilihan “Files to delete” yang belum tercentang (ingat, kecualikan Downloads jika diperlukan).

Disk Cleanup - Clean up system files

Disk Cleanup – Clean up system files

Langkah 5: Terakhir, klik tombol OK untuk memulai proses pembersihan.

Biasanya proses ini akan memakan waktu hingga 10 menit untuk hard disk dan kurang dari 3 menit apabila Anda menggunakan SSD atau yang lebih cepat. Jangan lupa untuk restart komputer setelah semuanya selesai dan cek kembali jumlah ruang kosong hard disk Anda.

Bila ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan terlebih dahulu melalui kolom komentar. Selamat mencoba!

Label: Disk CleanupHard DiskTutorial membersihkan disk dari gagal install

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Download Gratis Software CCleaner Versi Terbaru 5.06

    Download Gratis Software CCleaner Versi Terbaru 5.06

    20 Apr, 2019 - 0 KomentarKabar baik bagi Anda para pecinta aplikasi pembersih PC, CCleaner, pada 01 Juni 2015 Piriform telah
  • Kloning Hard Disk / Sistem Operasi Ke SSD / Hard Disk Lain

    Kloning Hard Disk / Sistem Operasi Ke SSD / Hard Disk Lain

    6 Okt, 2016 - 15 KomentarKloning hard disk berguna untuk menyalin keseluruhan data dan dokumen yang ada di dalam hard disk
  • Penyebab & Cara Mengatasi Komputer / Laptop Windows Lambat

    Penyebab & Cara Mengatasi Komputer / Laptop Windows Lambat

    30 Mar, 2019 - 0 KomentarLaptop atau komputer yang bekerja lambat dapat disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab
  • Download Gratis TuneUp Utilities 2012

    Download Gratis TuneUp Utilities 2012

    7 Jun, 2018 - 2 KomentarPerusahaan TuneUp baru saja merilis versi 2012 dari perangkat lunak TuneUp Utilities dan sekarang
  • Menghapus File Dengan Aman di Windows (Non Recoverable)

    Menghapus File Dengan Aman di Windows (Non Recoverable)

    20 Apr, 2019 - 3 KomentarDi Windows, ketika Anda menghapus file, file tersebut dapat dikembalikan atau di recover

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2020AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.