Cara Mudah Memperbaiki Aplikasi Windows 10 Rusak

Oleh | pada 12 Jan, 2017 | 0 Komentar

Apakah di komputer Windows 10 Anda terdapat aplikasi yang rusak? Ingin tahu cara memperbaikinya dengan mudah? Pada tutorial kali ini AplikasiPC akan membahas cara memperbaiki aplikasi bawaan Windows 10 yang rusak menggunakan fitur reset dan dengan cara install ulang. Simak selengkapnya di bawah ini.

Memperbaiki aplikasi bawaan di Windows 10 tergolong sangat mudah jika Anda sudah menggunakan Windows 10 Anniversary Update atau yang lebih baru. Fitur reset aplikasi sudah dimasukan secara resmi di Windows 10 versi 1607. Fitur ini berguna untuk mengembalikan pengaturan aplikasi ke pengaturan awal ketika aplikasi tersebut bermasalah atau sama sekali tidak dapat dibuka.

Jika setelah di reset aplikasi tersebut tetap bermasalah (sangat jarang terjadi), Anda dapat menggunakan cara dua yaitu dengan menginstall ulang aplikasi yang bermasalah. Ketika Anda mereset aplikasi, semua data dan pengaturan akan dihapus sehingga aplikasi benar-benar seperti baru di install.

Sayangnya, fitur reset di Windows 10 versi 1607 ini hanya dapat digunakan pada aplikasi built-in saja. Jika aplikasi yang bermasalah merupakan aplikasi desktop klasik, maka cara di bawah ini tidak dapat digunakan.

Pilih salah satu cara di bawah ini untuk memperbaiki aplikasi yang rusak di Windows 10.

Cara 1

Memperbaiki aplikasi Windows 10 menggunakan reset

Langkah 1: Buka Settings. Setelah jendela Settings terbuka, pilih System => Apps & features. Jika Anda menggunakan Windows 10 Creators Update, pindahkan ke Apps lalu pilih Apps & features.

Langkah 2: Pilih salah satu aplikasi yang hendak Anda perbaiki. Klik pada aplikasi tersebut agar link Advanced options muncul. Klik Advanced options untuk membuka halaman reset dan penggunaan aplikasi.

Apps & Features Windows 10

Apps & Features Windows 10

Langkah 3: Disini, klik tombol Reset. Ketika pesan konfirmasi muncul “This will permanently delete the app’s data on this device, including your preferences and sign-in details“, klik tombol Reset untuk memulai proses reset aplikasi.

Reset Windows 10 Apps

Reset Windows 10 Apps

Setelah aplikasi sukses di reset, Anda akan melihat tanda centang di sebelah tombol Reset di halaman penggunaan aplikasi tadi.

Cobalah untuk membuka ulang aplikasi. Seharusnya saat ini aplikasi yang sebelumnya bermasalah sudah dapat dijalankan kembali dengan normal.

Memperbaiki Apps Windows 10 dengan install ulang

Meskipun kebanyakan aplikasi akan normal kembali setelah di reset, namun untuk berjaga-jaga Anda juga dapat menginstall ulang aplikasi tersebut jika masih bermasalah. Berikut adalah langkahnya:

Langkah 1: Buka Settings. Klik System => Apps & features. Jika Anda sudah menggunakan Windows 10 Creators Update (build 14997 atau yang lebih baru), klik Apps lalu Apps & features.

Langkah 2: Cari aplikasi yang ingin Anda install ulang lalu klik tombol Uninstall.

Uninstall Windows 10 Apps

Uninstall Windows 10 Apps

Catatan: Jika tombol Uninstall tidak dapat di klik, Anda dapat menggunakan CCleaner untuk menghapusnya.

Langkah 3: Klik tombol Uninstall lalu klik tombol Uninstall sekali lagi ketika pesan konfirmasi muncul.

Uninstall Windows 10 Apps

Uninstall Windows 10 Apps

Langkah 4: Ketika aplikasi selesai di hapus, buka aplikasi Store lalu cari aplikasi yang baru saja Anda hapus dan install kembali melalui Store.

Mudah bukan? Jika masih ada kendala, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang sudah disediakan.

Label: AplikasiErrorInstallInstall UlangReinstallRemoveResetUninstall cara memperbaiki windows 10windows 10rusakmengatasi seluruh fitur windows 10 rusakwindows 10 update rusakpc mudah rusak dengan aplikasiwindows 10 features bermasalahbagaimana cara mengatasi apps yang error dikomputer windows 10 yang errormengatasi aplikasi bawaan error windows 10cara mengetahui apl yang aplikasi yang rusak pada windows 10cara memperbaiki fitur windows 10 yang rusakcara mengatasi windows 10 rusakmelihat aplikasi rusak di windows 10aplikasiuntuk memperbiki data yang error di windows 10mengatasi aplikasi error di windows10mengatasi windows feature yang rusak

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara mudah memperbaiki boot Windows 7 dengan Startup Repair

    Cara mudah memperbaiki boot Windows 7 dengan Startup Repair

    9 Jan, 2017 - 166 KomentarMemperbaiki boot Windows 7 tanpa dapat masuk ke Windows dapat menjadi masalah yang sulit karena
  • Memperbaiki Error Microsoft Office 2010/2013 Dengan OffCat

    Memperbaiki Error Microsoft Office 2010/2013 Dengan OffCat

    13 Agu, 2017 - 2 KomentarJutaan pengguna komputer di seluruh dunia bergantung pada Microsoft Office untuk membuat
  • Memperbaiki Start Menu Rusak di Windows 10

    Memperbaiki Start Menu Rusak di Windows 10

    12 Jul, 2017 - 0 KomentarKembalinya Start menu menjadi salah satu kelebihan tersendiri di sistem operasi Windows 10. Namun
  • Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    18 Mar, 2017 - 379 KomentarMemperbaiki instalasi Windows yang korup merupakan tugas yang sulit bagi pemula terutama bila anda
  • Cara Extract File ZIP Rusak / Corrupted Menggunakan ZIP Repair

    Cara Extract File ZIP Rusak / Corrupted Menggunakan ZIP Repair

    16 Agu, 2017 - 0 KomentarFile format ZIP hingga saat ini masih menjadi file format nomor satu yang paling banyak digunakan

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.