Cara Memperbaiki File Corrupted / Missing di Windows 10

Oleh | pada 18 Okt, 2017 | 0 Komentar

Pernahkah Anda mengalami sistem error saat menggunakan Windows 10? Windows 10 Anda terasa sangat lambat? Sering mendapatkan pesan error “file corrupted” atau “file missing” saat baru menyalakan Windows 10? Jika Ya, maka Anda sudah datang ke halaman yang tepat. Pada tutorial kali ini AplikasiPC akan membahas salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan Windows 10, yang salah satunya disebabkan karena file sistem yang rusak atau hilang.

Logo Windows 10

Logo Windows 10

File sistem Windows 10 dapat menjadi rusak maupun hilang karena berbagai alasan. Penyebab paling sering yang mengakibatkan rusaknya sistem Windows 10 ialah virus. File sistem Windows 10 juga dapat menjadi corrupt saat kita menggunakan aplikasi modifier yang biasanya digunakan untuk mengubah tampilan Windows. Cara paling mudah dan paling mujarab untuk memperbaiki kerusakan tersebut tentu saja dengan mengganti file sistem yang rusak dengan aslinya.

Di Windows 10, Microsoft menyediakan tool yang dapat kita gunakan untuk mengecek serta memperbaiki file sistem yang rusak / missing / corrupt. Kita tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan untuk menggunakan tool tersebut, karena tool yang akan kita gunakan kali ini sudah terinstall di dalam sistem Windows itu sendiri. Sayangnya, tool ini tidak memiliki antarmuka sehingga kita harus menggunakan Command Prompt untuk menjalankannya.

DISM.exe

DISM.exe

Cara yang akan kita gunakan di bawah ini tidak mempengaruhi file selain milik Windows itu sendiri. File dokumen, musik, dan lainnya akan tetap aman ditempatnya. Pengaturan yang sudah Anda buat di Windows 10 juga tidak akan tersentuh sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur ulang Windows 10 Anda.

Tool repair di bawah ini tidak hanya berguna untuk memperbaiki file sistem Windows 10 yang corrupted, namun juga berguna saat Windows 10 Anda rusak namun tidak jelas dimana letak kerusakannya.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki memperbaiki file corrupted / missing di Windows 10.

Memperbaiki File Corrupted / Missing di Windows 10

Langkah 1: Buka Command Prompt dengan hak akses Administrator. Caranya, ketik CMD di Start Menu lalu klik kanan opsi Command Prompt dan klik Run as Administrator.

Membuka Command Prompt Windows 10

Membuka Command Prompt Windows 10

Klik tombol Yes saat muncul dialog User Account Control.

Langkah 2: Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah di bawah ini di ikuti dengan Enter setelahnya.

DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

Selanjutnya DISM.exe akan mulai memindai file sistem Windows Anda. Jika ditemukan kesalahan, DISM.exe akan langsung memperbaiki file tersebut. Setelah selesai, pesan “Restore operation completed successfully” akan muncul.

DISM.exe

DISM.exe

Langkah 3: Setelah perintah di atas sukses dijalankan, masukan perintah di bawah ini di ikuti dengan Enter setelahnya.

sfc /scannow
SFC

SFC

Biasanya perintah di atas akan memakan waktu sekitar 10 menit. Restart komputer Anda setelah perintah di atas sukses dijalankan.

Label: DISMErrorRusakTutorial akibat os windows 10 corruptcara memperbaiki dism yang corruptmengatasi install win 10 corruptpenyebab file corrupt pada windows 10perbaiki file corrupt win 10

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • 8 Aplikasi Gratis Untuk Memperbaiki Error Windows 10

    8 Aplikasi Gratis Untuk Memperbaiki Error Windows 10

    5 Jul, 2017 - 0 KomentarSeringkali kita menggunakan metode install ulang setiap kita menemukan masalah di sistem operasi
  • Cara Extract File ZIP Rusak / Corrupted Menggunakan ZIP Repair

    Cara Extract File ZIP Rusak / Corrupted Menggunakan ZIP Repair

    16 Agu, 2017 - 0 KomentarFile format ZIP hingga saat ini masih menjadi file format nomor satu yang paling banyak digunakan
  • Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    18 Mar, 2017 - 384 KomentarMemperbaiki instalasi Windows yang korup merupakan tugas yang sulit bagi pemula terutama bila anda
  • Memperbaiki Error Microsoft Office 2010/2013 Dengan OffCat

    Memperbaiki Error Microsoft Office 2010/2013 Dengan OffCat

    13 Agu, 2017 - 2 KomentarJutaan pengguna komputer di seluruh dunia bergantung pada Microsoft Office untuk membuat
  • Memperbaiki Segala Kerusakan Pada Windows 7/8/8.1/10 Dengan SFC

    Memperbaiki Segala Kerusakan Pada Windows 7/8/8.1/10 Dengan SFC

    31 Agu, 2017 - 79 KomentarSystem File Checker atau sfc.exe merupakan sebuah utilitas di

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.