Tutorial Mengaktifkan Screen Saver Pada Windows 10

Oleh | pada 31 Des, 2016 | 1 Komentar

Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa sebenarnya screen saver diciptakan untuk memperlambat tingkat kerusakan monitor Cathode Ray Tube (atau biasa disebut CRT) dari efek terbakar, dan kini sebagian besar PC sudah menggunakan layar LCD dan LED sehingga screen saver sudah tidak penting lagi seperti beberapa dekade yang lalu.

Secara default, screen saver dimatikan pada Windows 10 sehingga ketika Windows 10 masuk mode idle, Windows 10 akan tetap memperlihatkan layar kerja dan bukan screen saver. Seperti yang AplikasiPC ulas sebelumnya bahwa screen saver sudah tidak penting lagi pada komputer modern meskipun masih ada beberapa pengguna yang mengaktifkan screen saver hanya untuk hiasan saja.

Screen Saver Windows 10

Screen Saver Windows 10

Screen saver yang sebelumnya ada pada Windows 8/8.1 juga tersedia di Windows 10, artinya pada Windows 10 sudah ada screen saver bawaan seperti 3D Text, blank, bubbles, mystify, photos, dan ribbons, hanya saja screen saver ini dimatikan secara default.

Mungkin sebelumnya Anda sudah mencari-cari pengaturan untuk mengaktifkan screen saver dan menyadari bahwa pengaturan tersebut sudah ditiadakan oleh Microsoft. Pengaturan Personalization yang sebelumnya mudah untuk digunakan sekarang sudah di alihkan ke Settings dengan ditambah beberapa pengaturan-pengaturan tambahan baru. Dan berikut adalah beberapa cara mengaktifkan screen saver pada Windows 10 yang dapat kita gunakan.

  • Cara 1 – Mengaktifkan screen saver melalui Settings
  • Cara 2 – Mengaktifkan screen saver melalui Registry

Cara 1

Berikut adalah cara untuk mengaktifkan screen saver pada Windows 10:

Langkah 1: Klik Start menu dan ketik Change screen saver lalu tekan tombol Enter untuk membuka pengaturan screen saver.

Change Screen Saver Windows 10

Change Screen Saver Windows 10

Langkah 2: Setelah jendela pengaturan screen saver terbuka, pilih screen saver yang Anda inginkan melalui drop down yang disediakan. Anda dapat mengatur jeda dan sebagainya dengan cara klik Settings, lalu setelah selesai klik Apply.

Setting Screen Saver Windows 10

Setting Screen Saver Windows 10

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, waktu tunggu bawaan sebelum screen saver ditampilkan adalah 1 menit. Anda dapat mengubah pengaturan tersebut ke 2, 4, 6, atau 10 sesuai keinginan Anda dan klik Apply setelah itu.

Mudah bukan?

Cara 2

Mengaktifkan screen saver melalui Registry

Jika Anda kesulitan mengakses Settings, Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan screen saver melalui Registry juga, berikut adalah caranya:

Langkah 1: Buka Registry Editor dengan cara ketik regedit pada Start menu lalu tekan Enter.

Regedit Windows 10

Regedit Windows 10

Langkah 2: Setelah jendela Registry Editor terbuka, cari kunci berikut ini:

Key Mengaktifkan Screen Saver Windows 10

Key Mengaktifkan Screen Saver Windows 10

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop

Langkah 3: Pada sisi kanan, cari ScreenSaveActive, klik ganda lalu ganti nilainya menjadi 1 (satu) untuk mengaktifkan dan 0 (nol) untuk menonaktifkan.

Key ScreenSaveActive

Key ScreenSaveActive

Sebagai catatan, jika ScreenSaveActive tidak Anda temukan, Anda dapat membuatnya dengan cara mengklik kanan pada area kosong pada sisi kanan lalu klik New dan klik String, lalu beri nama ScreenSaveActive.

Semoga kedua cara mengaktifkan screen saver pada Windows 10 di atas dapat membantu Anda.

Label: Screen SaverTutorial bagaimana cara menonaktifkan screen saver di laptop 10aplikasi screen saved ledcara besarkan screen server pada windows 10cara setting waktu scren server di windows 2010mengaktifkan windowscara setting screen saver windowscara memunculkan screen saver tipa menit windowcara mengubah screen saver windowscara menampilkan screen saver pada komputer windowscara mengatur screen saver windowscara menonaktifkan screen saver pada windowscara pengaturan scren saver bubles windowscara menonaktifkan screensaver pada windowscara mengganti screem saver windowsapakah windows bisa menggunakan screensaver

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Tutorial Membuat Icon Screensaver Windows Vista

    Tutorial Membuat Icon Screensaver Windows Vista

    1 Jun, 2014 - 0 KomentarScreen saver merupakan salah satu fitur Windows yang ada sejak
  • Mengganti screensaver Windows 7 dan Vista

    Mengganti screensaver Windows 7 dan Vista

    22 Des, 2014 - 0 KomentarWindows 7 dan Vista membawa set latar belakang yang sangat bagus, tapi sayangnya kebanyakan set
  • Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

    Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

    17 Des, 2016 - 0 KomentarBukanlah hal yang mustahil untuk mengubah pengaturan daya (Power Plan) pada sistem operasi Windows,
  • Menonaktifkan (disable) Start Screen Windows 8

    Menonaktifkan (disable) Start Screen Windows 8

    26 Des, 2016 - 0 KomentarBanyak yang telah dikabarkan dan ditulis tentang sistem operasi Windows berikutnya, yaitu Windows
  • 3 Aplikasi Gratis Untuk Mengubah Logon/Welcome Screen Windows 7

    3 Aplikasi Gratis Untuk Mengubah Logon/Welcome Screen Windows 7

    17 Okt, 2016 - 0 KomentarSudah bukan rahasia lagi bahwa sebenarnya Anda dapat mengubah logon/welcome screen pada Windows 7

Satu Komentar ke "Tutorial Mengaktifkan Screen Saver Pada Windows 10"

  1. RomliZkr berkata:

    Sip OK lah kalau begitu saya puas atas penjelasanya.

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.