Cara Mengaktifkan/Menonaktifkan Battery Saver Pada Windows 10

Oleh | pada 2 Apr, 2015 | 0 Komentar

Bukanlah hal yang mustahil untuk mengubah pengaturan daya (Power Plan) pada sistem operasi Windows, entah dengan tujuan untuk meningkatkan perfoma maupun untuk menghemat baterai. Saat ini ada sangat banyak aplikasi yang diklaim dapat meningkatkan umur hidup baterai, namun pada Windows 10, Anda tidak memerlukan aplikasi seperti itu lagi, karena pada Windows 10, Microsoft telah menyisipkan fitur yang diberi nama “Battery Saver

Battery Saver adalah salah satu dari sekian fitur baru yang diusung oleh Windows 10. Seperti nama yang dibawanya, fitur mungil yang satu ini diciptakan untuk menghemat baterai noteboook atau laptop Windows 10 Anda.

Baterry Saver Windows 10

Baterry Saver Windows 10

Secara default, fitur ini diaktifkan secara otomatis ketika sisa baterai tinggal dibawah 20%. Dan ketika fitur Battery Saver aktif, Anda akan melihat ikon kecil berwarna hijau pada ikon baterai yang ada pada pojok kiri bawah.

Baterai Windows 10

Baterai Windows 10

Hingga saat ini, Microsoft masih belum menjelaskan secara jelas bagaimana fitur Battery Saver berjalan, Microsoft hanya memberi penjelasan bahwa ketika Battery Saver aktif, Windows akan membatasi proses background untuk meningkatkan durasi baterai. Seperti yang telah saya sebutkan diatas, Battery Saver akan aktif ketika sisa baterai Anda mencapai 20%. Anda mungkin ingin merubah default setting tersebut ke level yang lebih tinggi, seperti contohnya ke 40% atau 50% agar baterai Windows 10 Anda bertahan lama.

Namun, harap dicatat, fitur Battery Saver ini akan secara otomatis mati ketika laptop Anda dalam posisi mengisi atau di cas meskipun posisi baterai Anda dibawah yang telah ditentukan. Battery Saver ini hanya terdapat pada komputer dengan baterai, sehingga jika Anda menggunakan PC, secara otomatis fitur ini tidak akan tersedia.

Mengaktifkan Battery Saver Windows 10

Secara default, Battery Saver hanya akan aktif ketika kondisi baterai mencapai 20%. Tapi jika fitur ini tidak diaktifkan secara otomatis, Anda dapat menggunakan metode dibawah ini untuk mengaktifkan Battery Saver.

Langkah 1: Buka Settings. Untuk membuka Settings, klik atau tap pada ikon Settings pada Start Menu. Jika menu Settings tidak terlihat di Start, ketik Settings pada kolom pencarian lalu tekan Enter.

Menu Settings

Menu Settings

Langkah 2: Ketika jendela Settings telah terbuka, klik icon System (Display, notifications, search and power) *lihat gambar*.

Battery Saver Settings

Battery Saver Settings

Langkah 3: Pada panel sebelah kiri, tap atau klik Battery Saver untuk melihat fitur Battery Saver.

Fitur Battery Saver

Fitur Battery Saver

Langkah 4: Klik bagian settings (lihat gambar diatas), dan pastikan pilihan “Turn battery saver on automatically” sudah di centang.

Untuk mengubah pengaturan default, geser slider bar seperti yang terlihar pada gambar berikut ini.

Merubah Pengaturan Battery Saver

Merubah Pengaturan Battery Saver

Mematikan Battery Saver Windows 10

Langkah 1: Buka aplikasi Settings dengan cara yang telah saya sampaikan pada langkah sebelumnya.

Langkah 2: Tap atau klik pada bagian pengaturan Battery Saver, lalu hilahkan centang pada “Turn battery saver on automatically“.

Mematikan Battery Saver

Mematikan Battery Saver

Mematikan Battery Saver

Mematikan Battery Saver

Semoga tutorial diatas dapat membantu Anda untuk mematikan maupun mengaktifkan fitur Battery Saver pada Windows 10.

Label: Battery SaverLaptopWindows 10 cara aktifkan windows 10cara menampilkan icon baterai di windows 10fungsi battery saver pada laptopcara membatasi pengisian baterai laptopcara menampilkan icon baterai di laptop windows 10cara menonaktifkan baterai laptopcara menampilkan baterai di laptop windows 10fungsi battery saver

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Tutorial Mengaktifkan Screen Saver Pada Windows 10

    Tutorial Mengaktifkan Screen Saver Pada Windows 10

    28 Agu, 2015 - 1 KomentarMungkin Anda sudah mengetahui bahwa sebenarnya screen saver diciptakan untuk memperlambat tingkat
  • Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur di Windows 10

    Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur di Windows 10

    17 Okt, 2016 - 1 KomentarSemenjak kehadiran Windows 7, kita dapat dengan mudah menghidupkan maupun mematikan berbagai fitur
  • Cara Disable Automatic Startup Repair di Windows 10

    Cara Disable Automatic Startup Repair di Windows 10

    7 Mei, 2016 - 1 KomentarKetika startup, Windows 10 mengeksekusi fitur perbaikan secara otomatis (automatic repair)
  • Tutorial Membuat Icon Screensaver Windows Vista

    Tutorial Membuat Icon Screensaver Windows Vista

    1 Jun, 2014 - 0 KomentarScreen saver merupakan salah satu fitur Windows yang ada sejak
  • Menonaktifkan (disable) Start Screen Windows 8

    Menonaktifkan (disable) Start Screen Windows 8

    2 Mar, 2014 - 0 KomentarBanyak yang telah dikabarkan dan ditulis tentang sistem operasi Windows berikutnya, yaitu Windows

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2016 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.