Cara Paling Akurat Konversi Tabel PDF ke Excel

Oleh | pada 6 Apr, 2017 | 1 Komentar

Bekerja dengan menggunakan format PDF menjadi salah satu format yang paling banyak diinginkan untuk penggunaan dalam kerja kantor, selain microsoft word. Format PDF biasanya kita gunakan ketika mengirimkan sebuah laporan kepada atasan, atau kepada rekan kerja, dan berbagai macam file lainnya. Saah satu yang menjadi alasan mengapa format PDF banyak digunakan dan disukai untuk kita saling berbagi data yaitu karena format data ini kompatibel atau mirip dengan format pada Windows, Mac, iOS, Android, dan berbagai macam platform lainnya.

Akan tetapi, masalah dapat saja muncul ketika kita menemukan sebuah laporan, pernyataan, atau penerimaan dalam format PDF dengan data yang kita butuhkan untuk beberapa tujuan. Misalnya kita menemukan situasi dimana kita ingin melakukan extract data dengan mudah. Melalui teknik copy dan paste mungkin dapat memakan waktu, dan tidak dapat bekerja dengan dokumen-dokumen yang berupa hasil scan. Ketika kita menemukan beberapa masalah, sebagai solusinya kita dapat menggunakan software dimana berfungsi untuk mengkonfersi format PDF ke Excel. Mealalui software-software tersebut, data-data yang ingin kita extract dapat dikonfersi dengan mudah misalnya dengan meng-copynya atau melanjutkan pada proses pengeditan.

Ada berbagai macam software atau program yang memiliki fungsi dan kegunaan seperti yang telah kami sebutkan di atas, namun dengan berbagai fitur dan kualitas yang berbeda di dalamnya. Dalam data atau dokumen kita mengenal bentuk tabel. Tabel pada format PDF dapat berbeda dalam distribusi setiap baris dan kolomnya. Jika kita ingin mengkonfersi tabel-tabel dapam format PDf ke format Excel, kita dapat menggunakan bantuan dari software yang mendukung masalah tersebut. Salah software terkenal yang dapat melakukan tugas konfersi dari format PDF ke Excel dengan sangat baik dan profesional adalah Able2Extract. Jika Anda belum mengetahui cara menggunakan perangkat lunak ini, berikut di bawah ini kami bagikan tutorial atau tips untuk konfersi tabel pada format PDF ke dalam Excel.

1. Memilih Sebuah Tabel Pada PDF

Software Converter bernama Able2Extract mengijinkan Anda untuk memilih tabel yang ingin Anda konfersi. Sebagai contoh, jika Anda memiliki 1000 halaman pada sebuah dokumen PDF, dan tabel yang ingin Anda konfersi ternyata berada pada halaman ke-500, sementara Anda tidak membutuhkan untuk mengkonfersi seluruh halamannya. yang harus Anda lakukan yaitu menuju ke halaman 500 tersebut, kemudian pilih tabel yang Anda inginkan. Keterangan lebih jelasnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Konfersi Tabel PDF ke Excel Menggunakan Able2Extract

Konfersi Tabel PDF ke Excel Menggunakan Able2Extract

2. Menentukan Pilihan Jenis Konversi

Software Able2Extract ini menyediakan 2 pilihan konfersi data ketika Anda memilih untuk mengkonfersi data tersebut ke spreadsheets Excel.

Pilihan Jenis Konversi PDF ke Excel Dalam Software Able2Extract

Pilihan Jenis Konversi PDF ke Excel Dalam Software Able2Extract

Pilihan pertama yaitu “Automatic”. Pilihan ini sangat meringankan pekerjaan Anda, dan menjadi pilihan yang paling banyak digunakan. Karena mesin konversi ini dapat secara otomatis mengenali struktur baris dan kolom pada tabel yang ingin Anda konversi tersebut.

Sedangkan pilihan yang satunya yaitu “Custom”. Pilihan yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan menentukan sendiri baris dan kolom yang ditampilkan dalam spreadsheet baru. Pilihan ini dapat Anda gunakan misalnya jika Anda ingin menggabungkan dua baris menjadi satu. Hal tersebut mungkin akan terasa sulit jika dilakukan dalam spreadsheet Excel, namun Anda dapat mengeditnya sebelum mengkonversikannya.

Hal yang sama juga berlaku pada kolom. Baris dan kolom diwakili dengan garis merah. Jika Anda menemukan garis tidak penting yang membedakan antara baris dan kolom yang tidak Anda butuhkan, pilih “Erase Row Line/Erase Column Line” untuk menghapusnya. Namun jika Anda ingin menambahkan baris atau kolom, pilih “Add Columns / Add Rows”.

Pilihan Menghapus Atau Menambahkan Baris dan Kolom

Pilihan Menghapus Atau Menambahkan Baris dan Kolom

 3. Meninjau Hasil Konversi

Fitur lainnya yang penting dimana secara siginifikan memiliki kemampuan untuk meninjau perubahan yang tersimpan dalam format custom melalui pemilihan pilihan “show preview”.

Meninjau Hasil Konversi

Meninjau Hasil Konversi

4. Menyesuaikan pengaturan baris dan kolom

Tabel dalam format PDF memiliki struktur yang sedikit berbeda. Jika kita memiliki sebuah dokumen dengan 1000 halaman kita dapat melakukan penyesuaian pada seluruh halaman tersebut.

Untuk menyesuaikan kolom, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu pilih berapa bagian kolom tersebut ingin Anda buat. Seperti yang tertera pada contoh gambar di bawah ini.

Pengaturan Kolom

Pengaturan Kolom

Anda juga dapat meyesuaikan tipe kolom tertentu seperti kolom dengan format nomor, teks, dan format-format lainnya. Fitur ini merupakan salah satu fitur penting ketika kita bekerja dengan sheets pada Excel.

Tipe Kolom

Tipe Kolom

Untuk penyesuaian baris, Anda dapat memilih sebuah baris yang representativ yang akan ditampilkan pada contoh gambar di bawah ini.

Pengaturan Baris

Pengaturan Baris

Bagaimana menurut Anda? Mudah bukan dalam menggunakan software konversi ini? Setelah kita sama-sama mengetahui fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh software tersebut, dapat disimpulkan bahwa software Able2Extract adalah perangkat lunak yang sangat membantu kita untuk konversi data tabel pada format PDF ke format Excel sekaligus kita dapat menyesuaikan setiap baris dan kolomya sesuai keinginan kita. Hal ini akan sangat menghemat waktu kerja Anda. Anda dapat menggunakan dan mencobanya melalui versi trial software Able2Extract ini dengan mendownloadnya. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang ingin didiskusikan, kami membuka sarana pada kolom komentar di bawah ini.

Label: Able2ExtractDownloadExcelKonfersiPDFSoftwareTabelTrial cara copy tabel dari pdf ke wordhasil pdf dijadikan excelcara copy table dari pdf ke wordcara copy data pdf ke excelCARA MENGEKSPOR DARI PDF KE EXCELcara mengubah pdf menjadi exelcara memindahkan tabel dari pdf ke exelcara pdf ke excel linuxcara copy file pdf ke exelcara convert data dari pdf ke excelcara merubah file pdf ke excelmemindah file pdf ke excelgambar kartun pemilucara membuat pdf menjadi excelcara memindahkan tabel di pdf ke excel

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Seorang wanita sederhana yang berkarir sebagai Co-Founder di AskNet Media, tertarik belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika, serta senang berbagi tips dan informasi di internet. :)

Baca Juga

  • Membuat dan Menghapus Partisi Dengan Mudah Dengan MiniTool Partition Wizard

    Membuat dan Menghapus Partisi Dengan Mudah Dengan MiniTool Partition Wizard

    9 Jan, 2017 - 0 KomentarSering kali ketika kita akan menginstall sistem operasi baru seperti Windows atau distro Linux pada
  • Cara Menyembunyikan Sel, Kolom, Lembar Kerja, dan Rumus Pada Microsoft Excel

    Cara Menyembunyikan Sel, Kolom, Lembar Kerja, dan Rumus Pada Microsoft Excel

    10 Des, 2016 - 3 KomentarJika Anda bekerja setiap hari dengan menggunakan Microsoft Excel, mungkin Anda pernah mengalami
  • Download Microsoft Office 2007 Service Pack 3 (SP3)

    Download Microsoft Office 2007 Service Pack 3 (SP3)

    2 Apr, 2017 - 3 KomentarKabar baik untuk pengguna Office 2007! Microsoft telah merilis Service Pack 3
  • Tutorial Konversi File Dokumen ke PDF Tanpa Aplikasi di Windows 10

    Tutorial Konversi File Dokumen ke PDF Tanpa Aplikasi di Windows 10

    16 Jun, 2017 - 0 KomentarPada Windows 8.1 dan versi Windows sebelumnya, untuk mengkonversi file dokumen ke PDF tidak dapat
  • Download ESD/ISO Windows 10 build 14371 (Konversi)

    Download ESD/ISO Windows 10 build 14371 (Konversi)

    6 Apr, 2017 - 0 KomentarHari ini Microsoft kembali merilis update build baru untuk Windows 10 dengan nama Windows

Satu Komentar ke "Cara Paling Akurat Konversi Tabel PDF ke Excel"

  1. Frutablend berkata:

    Terima Mba, infonya sangat berguna bagi saya

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.