Cara Mudah Mengambil Screenshot di Browser Mozilla Firefox

Oleh | pada 24 Jul, 2016 | 0 Komentar

Pada tulisan kali ini, AplikasiPC akan membagikan cara mudah mengambil screenshot di Mozilla Firefox. Selain dapat menghemat waktu Anda, cara yang akan AplikasiPC bagikan di bawah ini juga bebas edit, sehingga Anda tidak perlu memotong / crop gambar setelah di screenshot.

Sebelumnya, jika kita ingin mengambil screenshot di browser, kita harus mengambil beberapa screenshot terlebih dahulu untuk nantinya di crop dan digabungkan agar terlihat menjadi satu bagian. Cara yang akan AplikasiPC gunakan di bawah ini adalah menggunakan fitur bawaan Firefox sehingga Anda tidak perlu menginstall add-ons untuk menggunakannya.

Cara kerja screenshot pada browser Firefox adalah dengan memanfaatkan Document Object Model (DOM) yang ada pada halaman. Document Object Model ini diciptakan ketika suatu halaman dibuka. DOM terdiri dari beberapa elemen yang dapat kita lihat seperti ranting pohon. Setiap DOM ini, mewakili suatu bagian dari halaman tersebut.

Simak langkah di bawah ini untuk mengambil screenshot dari elemen DOM tertentu.

Langkah 1: Buka halaman yang ingin Anda ambil screenshot di browser Firefox (wajib).

Langkah 2: Klik kanan pada bagian yang ingin Anda screenshot lalu pilih Inspect element.

Inspect Element Firefox

Inspect Element Firefox

Langkah 3: Alat inspecor selanjutnya akan terbuka. Di bagian atas panel yang baru terbuka tersebut, akan terlihat breadcrumb yang tersusun dari beberapa elemen DOM.

Breadcrumb DOM Firefox

Breadcrumb DOM Firefox

Langkah 4: Setelah menemukan bagian elemen yang ingin Anda screenshot, klik kanan dan klik Screenshot Node.

Screenshot browser Firefox

Screenshot browser Firefox

Gambar di bawah ini adalah contoh hasil dari screenshot di Firefox. Dapat dilihat, semua elemen akan masuk ke dalam screenshot, termasuk elemen yang tidak terlihat pada saat itu.

Screenshot AplikasiPC

Screenshot AplikasiPC

Label: Mozilla FirefoxScreenshotTrik langkah langkah mengambil gambar dari mozilla firefoxcara screen shoot mozzilacara screenshot mozilla firefoxcara scrinsot mizilahttps aplikasipc cara mudah mengambil screenshot browser mozilla firefoxbagaimana cara mengambil browser firefox internetcara screenshot mozillascrennshot mozila caranyacara screenshot di firefoxcara cherinshot mozila frefox di leptopambil broser internetscreenshoot mozilacara screenshot dengan mozillacara nak screenshot guna mozilla firefox di laptopcara screen shot mozila di komputer

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Browser terbaik Internet Explorer vs Mozilla Firefox vs Google Chrome

    Browser terbaik Internet Explorer vs Mozilla Firefox vs Google Chrome

    23 Apr, 2017 - 1 KomentarMicrosoft membandingkan Internet Explorer 9 terbaru dengan browser lain yaitu Mozilla Firefox 4.0
  • Download Firefox 4.0 Final

    Download Firefox 4.0 Final

    20 Jul, 2017 - 0 KomentarSetelah meluncurkan 12 Beta dan 2 Release Candidate, akhirnya Mozilla telah secara resmi merilis
  • Cara Mudah Membuat Screenshot/Printscreen Pada Windows

    Cara Mudah Membuat Screenshot/Printscreen Pada Windows

    21 Jan, 2015 - 5 KomentarSebenarnya ada banyak cara untuk mengambil screen shot layar komputer kita ke sebuah file gambar.
  • Download Mozilla Firefox 4 beta terbaru (UPDATED)

    Download Mozilla Firefox 4 beta terbaru (UPDATED)

    14 Feb, 2017 - 2 KomentarBeta terbaru dari browser Mozilla Firefox baru saja dirilis, dan saya semakin penasaran, sebenarnya
  • Download Firefox 4.0 beta 2

    Download Firefox 4.0 beta 2

    31 Agu, 2017 - 3 KomentarBeberapa waktu yang lalu, saya memposting

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.