Cara Menggabungkan Partisi Hard Disk di Windows XP & Vista

Oleh Netrix Ken

Jika Anda mengikuti petunjuk instalasi Windows 7 pada tutorial cara DualBoot dengan Windows Seven, Windows 7 akan ditempatkan pada partisi baru. Setelah di Windows 7 dihapus, berarti akan ada partisi yang kosong. Tapi jika Anda ingin menggabungkan partisi tersebut ke partisi lain, berikut AplikasiPC akan memberikan caranya.

Disini kita akan memakai software yang sama yang digunakan untuk membuat partisi di Windows 7, yaitu EaseUS Partition Manager. Berikut adalah cara menggunakan EaseUS Partition Manager untuk menggabungkan partisi:

Hardisk

Langkah 1. Jalankan EaseUS Partition Manager. Jika belum punya, download file instalasinya di: https://www.easeus.com/partition-manager/epm-free.html.

Langkah 2. Cari dan klik partisi yang akan di gabungkan.

Langkah 3. Klik Delete.

Langkah 4. Klik pilihan Delete Partition, lalu klik tombol OK.

Langkah 5. Setelah kembali ke jendela Easeus Partition Manager, klik partisi yang akan digabungkan dengan patisi bekas Windows 7. Saya akan memberi contoh dengan partisi C:\ . Jadi saya mengklik C:\ (NTFS) . Klik Resize atau Move.

Langkah 6. Pada kotak yang muncul, geser kotak dengan panah kanan sampai mentok ke kanan. Klik OK.

Langkah 7. Kalau sudah Klik Apply. Klik Yes pada kotak yang muncul. Komputer akan restart, tunggu sampai proses restart Windows selesai.

Penggabungan partisi di Windows Vista tak sesulit Windows XP karena kita tidak perlu instal aplikasi tambahan. Computer Management di Windows Vista dipakai untuk menyatukan partisi. Begini cara pakainya:

Langkah 1. Buka Windows Explorer, klik kanan pada Computer, lalu klik Manager.

Langkah 2. Setelah jendela Computer Management muncul, klik Storage => Disk Management yang ada di sebelah kiri.

Langkah 3. Pilih partisi yang akan digabungkan lalu klik kanan. Ikuti dengan klik Delete Volume => Klik Yes pada kotak yang muncul.

Langkah 4. Setelah itu klik kanan pada partisi yang hendak disatukan dengan partisi yang akan di gabungkan, lalu klik Extend Volume.

Langkah 5. Dalam sekejap akan muncul Wizard. Secara otomatis, kapasitas hardisk (partisi) sudah ditambah dengan kapasitas partisi yang tadi mau digabungkan. Klik Next.

Langkah 6. Klik Finish. Selesai sudah.

Semoga bermanfaat!

Hard DiskMenggabungkanPartisi cara menyatukan partisi yang terbagi dengan aplikasitidak dapat menggabungkan partisiCara menyatukan partisi dengan disk managementMengbungkancara menystukan partisicara menggabungkan partisi hardisk di windows 7menggabungkan partisi windows 7cara menyatukan partisi hardiskcara menggabungkan partisi hardiskcara menggabungkan partisimenggabungkan partisimenggabung partisimenggabungkan partisi hardiskcara menggabungkan partisi harddiskcara menggabung partisi

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

7 Komentar ke "Cara Menggabungkan Partisi Hard Disk di Windows XP & Vista"

  1. nur berkata:

    makasih bos infonya, ni baru nyoba dan ternyata berhasilll
    trima kasih,,,,,,

  2. Rendy berkata:

    Thanks bgt Mas, setelah sejam ngutak ngatik eh ketemu juga ilmunya, sukses selalu Mas 😀 Muantafff

  3. andry berkata:

    kenapa ya, langkah2 udah saya lakukan, tapi waktu Extend Volume tidak berfungsi, tlg bantuannya. apa yang mesti laksanakan. thanks

  4. bani berkata:

    mantap gan!!!!! tq

© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.