Cara Memperbaiki Windows 10 Tanpa Kehilangan Aplikasi / Data

Oleh | pada 1 Nov, 2017 | 0 Komentar

Aplikasi Settings di Windows 10 menawarkan fitur khusus untuk mereset keadaan sistem seperti semula, seperti saat awal Windows 10 di install. Namun sayangnya, saat komputer Windows 10 Anda di reset, ia juga akan menghapus semua aplikasi yang telah terinstall di komputer Anda.

Jika Anda sudah terlanjur menginstall banyak aplikasi serta menyimpan banyak data di partisi C:\, tentu akan sangat merepotkan jika PC Anda harus di reset. Terlebih lagi di Windows 10 terbaru (Fall Creators Update) sudah tidak ada lagi opsi untuk Refresh PC yang sebelumnya dapat kita digunakan untuk memperbaiki Windows 10 tanpa kehilangan data.

Windows 10

Windows 10

Jika Anda sedang mengalami masalah dengan PC Windows 10 Anda dan tidak ingin kehilangan data maupun aplikasi saat memperbaiki Windows 10, gunakan cara di bawah ini, dijamin data dan aplikasi Anda akan aman! Sebelum melanjutkan, Anda perlu memiliki file ISO Windows 10 dengan versi yang sama seperti yang sedang Anda gunakan saat ini. Meskipun saya dapat menjamin aplikasi dan data Anda tidak akan terhapus, namun tetap ada baiknya untuk membackup semua data Anda terlebih dahulu ke partisi lain untuk berjaga-jaga.

Memperbaiki Error Windows 10 Tanpa Kehilangan Data / Aplikasi

Langkah 1: Lewati langkah ini jika Anda sudah memiliki ISO Windows 10. Jika belum, download terlebih dahulu ISO Windows 10 dengan versi yang sama dengan yang Anda gunakan saat ini. Untuk lebih mudahnya, Anda dapat menggunakan Windows 10 Media Creation Tool, tool resmi dari Microsoft untuk download ISO Windows 10.

Langkah 2: Jika Anda sudah memiliki ISO Windows 10, buka folder tempat Anda menyimpan ISO tersebut. Klik kanan ISO Windows 10 dan klik pilihan Mount agar file yang ada di dalam ISO dapat akses layaknya partisi biasa hard disk.

Mount ISO Windows 10

Mount ISO Windows 10

Langkah 3: Buka partisi ISO Windows 10. Caranya, buka This PC dan cari partisi baru dimana terdapat file install Windows 10 di dalamnya.

Langkah 4: Di dalam partisi ISO Windows 10, cari file Setup.exe dan klik ganda file tersebut untuk menjalankan setup Windows 10.

Setup Windows 10

Setup Windows 10

Klik tombol Yes jika konfirmasi User Account Control muncul.

Langkah 5: Ketika layar Get important updates muncul, pilih Not right now dan hilangkan centang bagian I want to help make the installation of Windows better. Jika sudah, klik tombol Next.

Update Windows 10

Update Windows 10

Langkah 6: Selanjutnya, halaman license agreement akan muncul. Klik I accept the license terms lalu klik tombol Next. Disini Windows akan mulai mengecek PC Anda apakah mencukupi untuk di install Windows 10.

Syarat ketentuan install Windows 10

Syarat ketentuan install Windows 10

Langkah 7: Setelah proses pengecekan selesai, selanjutnya akan muncul tampilan Ready to install. Pada langkah ini, sangat penting untuk memperhatikan pilihan yang ada. Pastikan pilihan Install Windows 10 Home/Pro dan Keep personal files and apps sudah terpilih. Jika belum, klik link Change what to keep lalu pilih Keep personal files and apps agar saat memperbaiki Windows 10 data dan aplikasi Anda tidak ikut terhapus.

Install ulang Windows 10 tanpa kehilangan data

Install ulang Windows 10 tanpa kehilangan data

Terakhir, klik tombol Install untuk memulai proses perbaikan Windows 10. Proses ini dapat memakan waktu hingga 1 jam untuk selesai. Setelah selesai, Windows 10 akan otomatis masuk ke desktop seperti biasa. Jika sebelumnya komputer Anda menggunakan password, tekan Enter lalu masukan password Windows 10 Anda.

Selamat mencoba!

Label: AplikasiDataErrorInstallTutorial repair aplikasii terinstall windows 10cara refresh win 10 tanpa hapus aplikasi

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    18 Mar, 2017 - 384 KomentarMemperbaiki instalasi Windows yang korup merupakan tugas yang sulit bagi pemula terutama bila anda
  • Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

    Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

    12 Jun, 2017 - 38 KomentarSaat ini, masih banyak pengguna PC yang tidak mengetahui hal tersebut, padahal sangat mungkin untuk
  • Cara Mudah Memperbaiki Aplikasi Windows 10 Rusak

    Cara Mudah Memperbaiki Aplikasi Windows 10 Rusak

    12 Jan, 2017 - 2 KomentarApakah di komputer Windows 10 Anda terdapat aplikasi yang rusak? Ingin tahu cara memperbaikinya
  • Memperbaiki Start Menu Rusak di Windows 10

    Memperbaiki Start Menu Rusak di Windows 10

    29 Okt, 2017 - 0 KomentarKembalinya Start menu menjadi salah satu kelebihan tersendiri di sistem operasi Windows 10. Namun
  • Memperbaiki Error Microsoft Office 2010/2013 Dengan OffCat

    Memperbaiki Error Microsoft Office 2010/2013 Dengan OffCat

    13 Agu, 2017 - 2 KomentarJutaan pengguna komputer di seluruh dunia bergantung pada Microsoft Office untuk membuat

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.