Memperbaiki / Install Ulang Windows 8 & 10 Menggunakan Refresh PC / Reset PC

Oleh | pada 6 Okt, 2016 | 173 Komentar

Hampir semua pengguna Windows menginstall dan menguji games, software, dan lainnya secara berkala ke komputer Windows-nya. Pengguna Windows juga sering kali mengkustomisasi tampilan, dengan cara menginstall tema, transformation pack, atau bahkan dengan memodifikasi file sistem Windows.

Sering kali ketika kita menginstall software-software seperti itu, komputer kita menjadi terasa lambat, entah itu sewaktu booting maupun penggunaan secara umum dan juga pesan error menjadi sering bermunculan. Sering kali hal tersebut terjadi dikarenakan file sistem Windows yang rusak atau hilang, atau bisa juga dikarenakan registry Windows Anda telah rusak sewaktu melakukan modifikasi. Namun hal tersebut terkadang dapat diatasi dengan menghapus atau uninstall transformation pack, atau software penyebab masalah tersebut dan juga sering kali dengan cara menginstall ulang Windows adalah jalan terakhir.

Memformat hard disk dan menginstall Windows dari awal merupakan sebuah solusi yang pasti akan menyelesaikan sebagian besar masalah yang ada pada Windows, tapi hal tersebut memerlukan waktu yang lama karena Anda harus menginstall Windows dari awal, lalu menginstall semua software, driver, games, dan lainnya kembali agar komputer Anda kembali seperti semula. Oh iya, dengan menginstall ulang Windows, berarti Anda juga harus mengatur semua perangkat lunak yang ada pada komputer Anda dari awal.

Jika Anda menggunakan Windows 8 atau yang lebih baru, seperti Windows 8.1 atau Windows 10 berikut ada beberapa hal yang mungkin menarik untuk diikuti. Mungkin sudah banyak pengguna Windows 8 yang telah mengetahui fitur bawaan Windows terbaru ini, namun bagi Anda yang belum mengetahuinya, simak beberapa penjelasan dibawah ini. Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi informasi secara rinci mengenai fitur yang menurut saya “keren” yang dapat membantu Anda untuk memperbaiki atau menginstall ulang Windows 8 atau yang lebih baru dengan cepat dan sangat mudah.

Sebenarnya Microsoft telah memperkenalkan 2 fitur baru di Windows 8 yang yaitu:

  • Reset PC
  • Refresh PC

Reset PC: Fitur ini mirip dengan fitur “Reset to Default” atau “Restore Factory Settings” yang ada pada smartphone atau tablet. Dengan fitur ini Anda dapat menghapus segalanya dari komputer Anda dan menginstall Windows dari awal. Sehingga jika Anda menggunakan fitur ini, pastikan terlebih dahulu untuk membuat cadangan atau backup data dan dokumen penting. Dengan Reset PC Windows akan menghapus segalanya dari komputer Anda (partisi C) termasuk dokumen, aplikasi, setting, dan metro apps. Hal yang pertama dilakukan Reset PC adalah memformat partisi hard disk Anda lalu menginstall Windows dari awal. Jika Anda menggunakan fitur ini, Anda akan melihat Windows seperti pada saat Windows pertama kali di install.

Refresh PC: Jika Anda tidak ingin mereset semua Windows Anda dari awal, namun hanya ingin memperbaiki Windows, Refresh PC dapat membantu Anda. Refresh PC tidak menghapus semuanya dari komputer Windows Anda. Refresh PC akan menginstall ulang Windows namun dokumen, setting, dan metro apps Anda akan tidak akan dihapus sehingga Anda tidak akan kehilangan data-data Anda dengan pilihan ini. Hal pertama yang dilakukan Refresh PC adalah menyalin semua data Anda ke partisi lain baru menginstall ualang Windows dari awal. Setelah Windows terinstall, Refresh PC akan menyalin kembali atau restore data Anda. Sehingga menggunakan fitur ini Anda akan mendapatkan Windows yang fresh, bersih, baru, tanpa kehilangan data dan pengaturan yang sudah ada sebelumnya.

Perbandingan Antara “Reset PC” dan “Refresh PC”

Refresh PC menginstall Windows dari awal namun dengan tidak menghapus dokumen, setting, file, dan personalisasi Anda, disisi lain Reset PC menghapus segalanya dari komputer Anda lalu menginstall Windows dari awal. Jadi Anda akan kehilangan dokumen, berkas, dan pengaturan Anda jika memilih Reset PC.

Aplikasi pihak ketiga seperti Microsoft Office dan lain-lain akan tetap terhapus jika Anda menggunakan salah satu dari kedua fitur tersebut. Dengan kata lain maupun Refresh PC atau Reset PC akan menghapus semua software pihak ketiga yang telah terinstall pada komputer Anda.

Grafik perbandingan berikut akan membantu Anda dalam memahami perbedaan antara kedua fitur ini dengan mudah:

Reset dan Refresh PC

Klik untuk memperbesar

CATATAN:  Kedua fitur diatas memerlukan DVD Instalasi Windows atau recovery media untuk mengembalikan file default. Jika Anda tidak memiliki disk Windows, Anda dapat menyalin file setup Windows ke USB drive lalu colokan ke komputer Anda dan fitur ini akan menggunakannya sebagai media instalasi.

Cara Menggunakan “Reset PC” pada Windows 8 dan 10 atau yang lebih baru

Untuk mereset Windows Anda, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Arahkan kursor mouse Anda ke pojok kanan atas untuk membuka Charms Bar. Atau, Anda dapat menekan tombol Win + C bersama-sama untuk mengaksesnya.

2. Lalu klik “Settings” dan klik pilihan “Change PC Settings”.

3. Langkah diatas akan membuka jendela “Metro Control Panel”.

Bagi pengguna Windows 8.

Klik “General” lalu klik bagian panel kanan, Anda akan melihat pilihan “Remove everything and reinstall Windows”.

Bagi pengguna Windows 8.1 dan 10 atau selebihnya.

Klik pada “Update and recovery” lalu klik “Recovery” pada panel sebelah kanan, Anda akan melihat pilihan “Remove everything and reinstall Windows”.

Update and Recovery Windows 8

Klik gambar untuk memperbesar

4. Klik Get startedtombol dan Windows akan menampilkan Reset PC wizard.

5. Cukup ikuti petunjuk yang diberikan pada layar dan komputer Anda, dan Windows akan mereset ke pengaturan default atau menginstall Windows dari awal.

Catatan: Jika Anda memiliki lebih dari satu partisi (cth: D/E/F/G), Reset PC akan menanyakan apakah akan menghapus hanya pada partisi C atau semua partisi. Saya rekomendasikan pilih yang C saja jika komputer Anda bebas dari virus.

Reset PC Windows 8

Klik gambar untuk memperbesar

Cara menggunakan “Refresh PC” di Windows 8 dan yang lebih baru

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

1. Mirip dengan “Reset PC‘, Refresh PC juga hadir pada layar metro control panel baru. Jadi pertama, ikuti 3 langkah sama seperti diatas.

2. Jika sudah, pada sisi kanan cari pilihan “Refresh your PC without affecting your files“.

3. Klik tombol “Get started” dan Windows akan membuka wizard Refresh PC.

Refresh PC Windows 8

Klik gambar untuk memperbesar

4. Ikuti petunjuk yang diberikan pada layar dan Windows akan diperbaiki tanpa menghapus file Anda, pengaturan dan aplikasi.

Catatan: Opsi Refresh PC akan menyimpan file HTML dengan nama “Removed Apps.html” pada Desktop Windows yang berisi daftar semua program perangkat lunak pihak ke-3 dihapus oleh Refresh PC.

Refresh PC Windows 8 (2)

Klik gambar untuk memperbesar

Mudah bukan? Semoga tutorial diatas dapat membantu Anda yang memiliki masalah pada komputer Windows Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar, saya akan berusaha secepat mungkin untuk membalasnya 🙂

Label: ErrorRefresh PCReset PC cara repair windows 10cara instal ulang windows 8 tanpa kehilangan datahttps://www aplikasipc com/memperbaiki-install-ulang-windows-8-10-menggunakan-refresh-pc-reset-pc/cara reset windows 10cara restore windows 10Cara menggunakan windows 10cara install ulang windows 8 tanpa menghapus datacara memperbaiki windows 10

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Cara Install Ulang Windows Menggunakan Windows 10 [1]

    Cara Install Ulang Windows Menggunakan Windows 10 [1]

    3 Nov, 2016 - 18 KomentarSedang mencari tutorial untuk install ulang Windows 10 lengkap dengan gambar? Anda mengunjungi
  • Cara Install & Hal Baru di Windows 10 build 14257 Terbaru

    Cara Install & Hal Baru di Windows 10 build 14257 Terbaru

    9 Feb, 2016 - 0 KomentarJika Anda menggunakan Windows 10 Insider Preview (sebelumnya dikenal sebagai
  • Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    9 Feb, 2014 - 345 KomentarMemperbaiki instalasi Windows yang korup merupakan tugas yang sulit bagi pemula terutama bila anda
  • 3 Cara Memperbaiki Printer Rusak/Error Pada Windows 10

    3 Cara Memperbaiki Printer Rusak/Error Pada Windows 10

    13 Sep, 2015 - 1 KomentarSebelumnya Windown 10 telah masuk tahap pre-release atau pengujian dalam jangka waktu yang cukup
  • Install Ulang Windows 10 Tanpa DVD / USB Flashdisk

    Install Ulang Windows 10 Tanpa DVD / USB Flashdisk

    21 Mar, 2016 - 1 KomentarSaat ini sudah mulai banyak pengembang aplikasi yang tertarik untuk membuat software guna

173 Komentar ke "Memperbaiki / Install Ulang Windows 8 & 10 Menggunakan Refresh PC / Reset PC"

  1. Randika Devi Hidayaturrohman mengatakan:

    mau tanya saya memakai windows 8.1 x64 original, tetapi saya bingung dan kesulitan dengan OS win 8.1 x64 di laptop saya sudah ada recovery win 8.1 x64
    dan saya ingin downgrade ke windows 7 x64
    apakah nanti saya bisa memakai recovery win 8.1 x64 setelah laptop saya di downgrade ke OS win7x64?
    jika bisa bagaimana caranya gan?
    mohon bimbinganya

    terimakasih

    • admin mengatakan:

      Jika recovery memiliki partisi sendiri bisa mas 🙂 Langsung install ulang dengan cara biasa, dan ketika ingin ke Windows 8.1 kembali, install dari recovery.

  2. adhi mengatakan:

    maaf mau tanya,saya pengguna windows 8,kemarin saat startup terus saya masuk menu desktop muncul cmd\system32 yang isinya (success specified value was saved),itu artinya apa ya,padahal sebelumnya ga ada masalah seperti itu,mohon bantuannya.terimakasih

    • admin mengatakan:

      Hanya 1x atau setiap boot mas?

      • Ryan mengatakan:

        Halo. Saya mau bertanya. Saya pengguna Windows 10. Setiap start up di desktop juga saya juga mengalami masalah munculnya cmd\system32 yang isinya (success specified value was saved). Ada solusi?
        Ini terjadi setiap booting.
        terimakasih

  3. MyungZy mengatakan:

    Hi! Mau tanya nih. Laptop ku bermasalah setelah refresh PC selama beberapa kali. Alhasil laptop ku mati. Aku diharuskan install ulang windows. Jika aku install ulang windows 7 dari windows 8 (downgrade), apa bisa reinstall windows tanpa menghilangkan data pada hardisk’-‘?

  4. MyungZy mengatakan:

    Pratisi itu maksudnya apa ya’-‘a
    trus caranya gimana’-‘)/

  5. MyungZy mengatakan:

    Uh typo-3- maksudku partisi itu apa, terus caranya gimana? Preinstall sama reinstall sama atau beda?

  6. Rori mengatakan:

    mas kalo reset pc windows 8, file2 yang ada di drive d gakan kehapus kan?
    terus reset pc nanti nya kita bisa pindah dari profesional ke enterprise ga?

  7. Ryan mengatakan:

    Halo. Saya mau bertanya. Saya pengguna Windows 10. Setiap start up di desktop juga saya juga mengalami masalah munculnya cmd\system32 yang isinya (success specified value was saved). Ada solusi?
    Ini terjadi setiap booting.
    terimakasih

  8. kaisarif mengatakan:

    mas mw tanyak windows 10 sya terkunci gmn mw restore k windows 7.dminta pasword .cmn saya gk tw paswirnya.mohon bantuannya.terima kasih

  9. Arjun mengatakan:

    Saya pernah refres pc kok file dan folder ada yg hilang padahal di D kenapa ya?

    • admin mengatakan:

      Seharusnya hanya mempengaruhi partisi dimana sistem operasi berada mas. Jika partisi lain ada yang hilang kemungkinan melakukan system restore pada partisi tersebut.

  10. Anisa mengatakan:

    kalau sudah kira refresh pc, harus melakukan instalasi ulang ? terimakasih

  11. Bendi mengatakan:

    Mo tanya om, kalo misal ane punya laptop yang sudah upgrade windows 10 pro dan sudah teraktifasi permanen, tp ane mo instal ulang pake iso windows 10 pro juga, apakah aktifasinya akan ilang nantinya?

  12. andy mengatakan:

    Siang mas, saya punya laptop lenovo s210, masalhnya booting terus hanya sampai logo lenovo berulang ulang, mau masuk ke safe mode tidak bisa, mau recovery jg tidak bisa krn blm di setting pas laptopnya masih bagus, apakah ada solusi lain selain instal ulang???

  13. joksel mengatakan:

    Saya mau nanya kenapa ya di windows 10 home aplikasi bawaan seperti store, music, foto gk bisa dioperasikan. thanks

  14. Mimpi mengatakan:

    Waduh Gan… Gimana ini… Dah setengah jalan disuruh masukin pasword Gan… Padaha Saya gak pernah buat pasword dsb… Gimana ini,,,????. Pasword apa yang dimaksud Gan y? Tolong pencerahanya…

  15. joksel mengatakan:

    Nggak ada mas… kalau mau dibuka keluar terus

  16. cello mengatakan:

    Tadi saya udah coba dan.. Pas saya klik “get started” muncul bacaan “Some files are missing. Your windows installation or recovery media will provide these files”itu knp ya? Tolong bantu… Trimakasih.. 🙂

  17. rahman mengatakan:

    min mo nanya dong pertanyaan1: kan saya beli laptop gak sama microsoft officenya, saya belinya terpisah jadi laptop dulu baru microsoftnya, sekarang laptop saya bermasalah dan mau di reset. apakah setelah saya reset microsoft officenya masih ada? ato harus beli lagi?
    pertanyaan 2: masih laptop yang sama, kan awalnya laptopnya win8 terus saya upgrade ke win10 (secara legal) apakah jika di reset bakal balik lagi ke win8? tolong ya min

  18. bahrie mengatakan:

    Min mau tanya, ane pake wind10, pas ane nyalain laptop dilayar ada tulisan
    Recovery
    Your pc/device need to be repaired
    A component of the operating system has expired
    Blablabla….
    Ane coba install ulang pake cd tetep dilarikan ke layar gitu…
    Ada solusi ga min…

  19. Avvne mengatakan:

    Udah aku coba tapik hasilnya gagal selalu tulisannya ‘missing files’ dan sebagainya? gimana nih?? sarannya dong?

  20. dee mengatakan:

    Mas, numpang tanya, saya udah pake win 10, dan beberapa hari yang lalu lappy sy bermasalah, semua program third party gak bisa running atau dibuka, mungkin karena ada file win ekstension dll yang missing ketika proses uninstall program, keluar pesan kalo ga salah ‘ missing interface file ‘.

    Lalu saya reset system pake cara reset ke restore point, dan berhasil, program bisa jalan lagi, tapi beberapa app bawaan dari win 10, seperti Mail, Store,contact, calendar, yang ada di start tidak bisa jalan..

    Pertanyaan saya bagaimana memulihkan kembali app tersebut… Terimakasih Mas

    • admin mengatakan:

      Kalau sudah konflik paling menggunakan reset pc mas, tapi semua data di C akan hilang

      • dee mengatakan:

        mungkin saya akan coba reset PC, kemudian reinstall lagi program 3rd party dari backup data. Tapi untuk aplikasi saya yang paid, bila reinstall apakah bisa aktivasi lagi dengan menggunakan no serial yang lama… atau gak bisa dipake lagi Mas ? alias harus purchase lagi ?

        • admin mengatakan:

          Bisa mas menggunakan serial yg lama. Jika dikarenakan kasus tertentu tidak bisa, langsung hubungi customer service software yg dimaksud aja mas.

  21. Rizky mengatakan:

    min admin saya mau tanya, apakah setelah berhasil reset perlu instal ulang drivernya lagi ?

  22. Irvan mengatakan:

    Mas mau nanya laptop saya kenapa ya kok setelah upgrade dari windows 8.1 ke windows 10 game di laptop saya jadi ngelag padahal pas di windows 8.1 lancar mohon solusinya

  23. Febri mengatakan:

    Mas saya sering reset windows 10, Tapi kenapa muncul folder aneh bernama ”Windows old” ?

  24. Amru rizal mengatakan:

    Mau nnyk ni min.
    Saya pengguna windows 10.
    Setiap kali maen game atau buka aplikasi berat kyak photoshop,Corel dll.
    Pasti laptop saya gk bisa mati. Lampu indikatornya tetap nyala walaupun udah hitam tu layar.
    Tolong jawabannya MIN

  25. wiyanto mengatakan:

    Mas saya mau tanya
    Kalau di windows 10 setting nya gk bisa dibuka
    Itu kenapa ya mas
    Mohon pencerahan

  26. faris mengatakan:

    Min, saya mau tanya
    Kalo misalnya program bawaan windowsnya udah ke uninstall, pas direset masih ada lagi apa udah nggak ada ?

  27. Tegar mengatakan:

    Mas Mau tanya bagaimana ya caranya memperbaiki windows 8 yang error?
    errornya seperti delay-delay gitu jadi tampilannya kayak gini misal start: startnya shadow………panjang.
    Terus masuk desktop kemudian membuka windows explorer. tetapi tidak muncul malah cuma tanda silang itu { Close }nya saja. Kalau di matikan lama..

  28. Wendi mengatakan:

    Laptop saya win 10 sehabis direstore semua data di document hilang semua..gmana cara kembalikannya yaa ??

  29. Nuning mengatakan:

    Saya mau nanya saya pake window 8.1 terus gak sengaja ke instal ulang di layarnya ngeload keep your pc on until this is done installing update 44 of 44 . tapi selesainya koq lama banget terus layarnya tetep aja kaya gitu. I
    Apa itu akan normal lagi ?

  30. Joni mengatakan:

    saya mau tannya min, aku mau reset win 8.1, nah di sana kan ada 2 pilihan, itu maksudnya gmn ya min? dan aku mau reset yg di C saja, harus pilih yg mna di antara 2 pilihan tersebut, agar di disk D dan E tidak ke reset.

  31. Julius mengatakan:

    Gan mau tanya nih
    Ane lagi restart windows 10 ane
    Permasalahan awal error di bagian instalation terus saya sudah cari panduan, errornya keluar tulisan “the computer restarted unexpectedly, bla.bla..bla…”
    Terus saya mengikuti panduan ini

    1) On the same error screen press SHIFT+F10 and it will open up a black Window. (a command prompt window)
    2) In the black windows type the word “regedit”(without the inverted commas and hit enter. That will open the registry editor.
    In the Registry Editor..
    Browse to….
    HKLocal machine/SYSTEM/SETUP/STATUS/ChildCompletion, and after highliting childcompletion,on the right hand side check for setup.exe. if the value is 1 change it to 3.(by double clicking on setup.exe and changing the value shown in the box).
    Then close the registry editor and then also close the black window.
    Then click on OK

    Nah cuman setelah itu komputer ane cuma bolak balik restart di bagian tulisan asus doang
    Gmana solusinya gan
    Mohon pencerahannya
    Terimakasih

  32. Fikri mengatakan:

    mas, saya kan baru beli laptop lagi nih. Yang windows 8.1 . nah pertama saya beli engga ada masalah sama sekali. tetapi pas baru baru ini saya mendapatkan kendala di internet nya mas. laptop saya sering kali macet atau engga jalan pas saya buka situs situs pas saya browsing. saya ber keinginan me refresh laptop saya. menurut mas gimana ya ? dan penyebabnya apa sih? atau gara gara saya pernah mendownload sesuatu yg salah dari internet. mohon di balas ya mas. terima kasih.

  33. Sha Seiko mengatakan:

    Mas mau tanya.. bagaimana saya bisa mendapatkan driver microsoft hosted network virtual adapter untuk win 10. ga sengaja waktu utak utik mobile Hotspot ke uninstal mas… skg laptop ga bisa untuk sharing koneksi… apa bisa di repair mas?

  34. Dita mengatakan:

    Min mau nanya dong, aku abis refresh laptop ternyata Microsoft Office ku ilang gt. Gimana cara balikinnya ya? thank you

  35. wahyu mengatakan:

    Gan maaf mu tanya cara reset/refresh d atas tetep pake CD dan masuk k pengaturan bios?.

  36. Vika mengatakan:

    Mas… Saya mau nanya… Saya mau refresh laptop sama windows 8
    Saat saya tekan get start… Malah keluar kotak dialoh dgn tulisan ” insert media.. Some files are missing. Your windows installation or recovery media will provide there files… Cancel”

    Kl seperti itu apa yg hrs saya lakukan mas?
    Mohon bantuaannya mass

  37. fersha mengatakan:

    halo mas mau tanya. aku punnya mode. tapi gak bisa kobek internet. itu kenapa ya? apa perlu di restart pc.nya. thanks.

  38. Jipong mengatakan:

    Admin saya mau nanya ni knp setiap kali nyalain leptop terus main beberapa menit langsung ada gambar :'( terus pas di restar data c hilang semua. mohon di bantu ya Admin

    • admin mengatakan:

      Gambar gimana mas? Bisa dijelaskan lebih detail?

      • Dedi mengatakan:

        Pak min, saya pakai win 10, malam itu sya coba resset, eh ada kegagalan charher salah cabut di terminal jek, skrang laptop katanya ada operasi yg gagal, try disconnecting any drives that dont countain an operating system.
        Press ctrl+alt+del to restar.. Tpi dicoba gak bisa, mohon pencerahannya pak min

  39. Foey mengatakan:

    Ask gan, ini ane reset pc dan ternyata drive D ikut kehapus. Udah coba recuva buat ngebalikin data tapi masih gagal. Juga udah coba beberapa aplikasi gratis lanyard.Kira2 solusinya gan?!

  40. goesnaldy mengatakan:

    kak mau nanya saya beli ram 4gb tapi kok gg bisa masuk kemonitor,seri ram saya duluh pc3 8500 MOtherboard saya LG microstars ms 7541 ram bru pc1600 visipro,tolong bantu ya kak

  41. syifa mengatakan:

    Gan
    Setiap baru buka laptoop.. selalu ada tulisan scrip host nya.. knp ya gan..,
    Apa karna gra”habis di reset. soalnya sbelumnya habis tak reset.. laptop ane asus windows 10.

  42. gumi mengatakan:

    Mas mau tanya nih. Saya mau reset pc saya windows 10 bawaan, bagaimana cara install ulang OS bawaan? Trus bisakah setelah install ulang saya buat partisi C baru? (mamperbesar memory di C)..

    Thanks

    • admin mengatakan:

      Jika install ulang, bisa memperbesar C.
      Utk install ulang Windows 10 built in harus menggunakan DVD/ISO Windows 10.
      Kalau saya lbh merekomendasikan di reset PC saja mas, hasilnya hampir sama.

  43. edo mengatakan:

    mas saya mau nanya, kenapa setelah install windows 8.1 saya tidak bisa install microsoft lagi ya?

  44. Samsul mengatakan:

    saya mau nanya nih gan.. kan laptop saya aslinya win 8.1 home SL.. nah kemarin saya upgrade ke windows 10.. nah kalo saya reset apakah efeknya sama kaya clean instal ulang?

  45. Ar mengatakan:

    Min….laptop ane udah partisi recovery win 8.1 +bing,saat update k e win 10 ane reset ulang kembali ke win 8.1 ….tapi anehnya pas ane preinstal win10 …terus ane reset ulang g mau kembali ke win 8.1..malah kembali ke win10…pertanyaan ane..gimana caranya manggil recovery partisi win8.1….ane tekan dr f1-f12 g ada yg berhasil…..
    Mohon solusinya…..terima Kasih sebelumnya

  46. Irwan mengatakan:

    Gan saya bermasalah dengan sertifikat waktu browsing gitu gan erornya bgini”Untrusted Connection
    Apakah setelah saya recovey/refresh masalah ini akan baik

  47. Ryan mengatakan:

    Min kalau saya reset win 10, microsoft office ilang gak min?

  48. rico mengatakan:

    Gan,. Kalo refresh pc itu applikasi nya ke apus gak gaN??

    Soalnya ada aplikasi penting nih,,

  49. William mengatakan:

    Min, kalo saya refresh pc apakah program yang diinstall di partisi D akan terhapus juga? makasih.

  50. William mengatakan:

    Min, Bukan Bermaksud nge-spam ya min, saya mau tanya lagi, jika saya gak punya cd windows dan gak punya setupnya untuk diload pada usb, gimana cara mengembalikan aplikasi windowsnya?

  51. Philip mengatakan:

    Mas, setelah reset windows 10 cara mengembalikan aplkasi microsoft officenya gimana ya?

  52. ana mengatakan:

    Mas saya punya laptop vaio windows 8 yrs baru instal ulang jadi windows 8.1 trs baru tau bahwa windowsnya gk permanen. Apa nanti kalo gk akan bermasalah pada laptop saya? Trs kalo saya mau permanen. In windows saya gimana? Tanpa menghilangkan data saya. ?

  53. syahiran mengatakan:

    Mas mahu tanya, macam mana saya mahu defaults setting window 10 macam asal semula?

  54. arbor mengatakan:

    Min. Posisi ane win 10. Ane instal ulang pakek bootable kok pasti error. Ada missing corrupt file bla bla gtu. PAdahal ane cek pakek md5 file nya bagus. Terus ini saya coba, pakek cd win 8 kok gak kebaca ya di bios. Mohon solusi

  55. tekno 2017 mengatakan:

    Bro, untuk windows 10, Refresh PC ko ga ada? adanya reset, ada 3 pilihan yang intinya keep instalasi, sama hapus instalasi, apa emang ga ada refresh pc ya?

  56. Dharma mengatakan:

    Gan,saya kan pke windows 10 karena ada problem saya reset tpi setelah reset kenapa ya start menu,notification panelnya gak bisa dibuka, saya klik2 gak ada muncul, cortananya juga hilang,tolong kasi solusi gan

  57. yoga yugo mengatakan:

    mas saya pakai windows8 trs saya recovery lah kok windows kaynya juga hilang trs mau pakai apk kay itu di tolak sama pc trz ini gmna y mas

    • admin mengatakan:

      Windows tidak bisa dihilangkan oleh Windows itu sendiri mas 🙂
      Reset PC hanya mengembalikan kondisi sistem operasi ke semula (saat pertama di install)

  58. rizky ramadan mengatakan:

    admin tadi kan saya reset PC komputer saya yang sudah windows 10
    nah pas selesaikan hilang semua aplikasinya,tapi saya gak punya dvd buat back upnya sama saya lupa nyalin datanya ke usb drive…
    kalo tanpa itu semua cara saya biar bisa ngembaliin semua aplikasi yang terRESET gimana yaa admin?

  59. Revin arnan mengatakan:

    Mas mau nanya. Ini laptop saya windows 10. Itu gabisa nyambung wifi di rumah, tapu bisa nyambung wifi lain. Solusinya gimana ya mas?

  60. Albab mengatakan:

    Min windows 8.1 saya udh teraktivasi, pas udh direfresh yg akanterjadi ke windows saya apa ya? msh keaadaan teraktivasi ato gmn?

  61. Haq mengatakan:

    gan. ane baru install Windows 8.1 (x64), nmun di saat pertengahan proses muncul p-brtahuan spya HDD saya hrus d convert dr MBR k GPT, saya konversi lwt command prompt dgn pilihan clear all, HDD saya akhir-a mncl dgn 1 lokasi b-tipe GPT hgga mlnjtkn installasi windows.. setelah itu saya hendak m-partisi lg HDD pake EaseUS, msalah-a HDD saya mncul bnyk lokasi.. diantara-a :

    – Recovery, file system NTFS, tipe GPT (Unused Partition)
    – lokal disc C, NTFS, GPT (Data Partition)
    – selebihnya lokasi tak bernama yg diawali tanda * yg file system-a Unallocated & *: diantara-a file system FAT32 dgn tipe GPT (EFI System Partition) & file system Other dgn tipe GPT (Reserved Partition)..

    biasa-a sblm ane install ulang cma trdpat lokasi disk C, D, E & System Reserved..

    apa HDD saya m-alami Bad Sector gan ?
    gmn solusi spya saya dpt mngmbalikan format HDD saya sperti sblm install Windows..?
    please gan p-crahan-a..

    • admin mengatakan:

      HDD ga bad sector gan. Bisa dibagi C nya menjadi D, E, dsb menggunakan EASUS..

      • Haq mengatakan:

        sdh saya partisi gan.. tp drive letter D & E ga detek.. ydh saya pilih F & G, setelah reeboor, path D & E detek sbgai driver PowerISO yg ane download sma driver DVD/ROM.. gmn gantiin drive path tsb gan..??

        • admin mengatakan:

          Klik Change Drive Letter gan, ada di klik kanan partisi kalo tidak salah. Jika karakter partisi yang di inginkan sudah terpakai, dirubah dahulu ke karakter lain yang masih kosong.

  62. GUSPUR mengatakan:

    Maz ….
    minta pencerahan..sy punya tab dual OS andfoid dan windows 10 tp setelah saya coba install Anti Virus di windows nya Tab saya malah tdk bs booting baik di Android ataupun Windows nya…yg terjadi adalah selalu Restart dan Restart terus sebelum masuk ke OS
    Pertanyaan saya :
    1.Bgmn mengatasi hal tersebut agar saya bisa masuk ke sytem /OS
    2.Kalau saya pingin Re Install utk Windows nya ( clean install ) bgmn caranya
    Terima Kasih sebelumnya

  63. Dedi mengatakan:

    Saya nanya mas…
    Saya baru saja install mountain lion skin pack, tpi laptop asus saya jadi blank.
    Tpi blanknya bisa untuk task manager, bisa untuk layari web site, hanya itu tidak ada tampilannya.
    Sekarang saya mau kembalikan lagi seperti sebelumnya , atau uninstall saofware skin pack tadi tapi susah, tidak tahu harud dari mana.
    Pernah dicoba lewat cmd tapi tak ada skin pack nya disitu.
    Kalo di new task ditulis explorer selalu muncul sofware publisher.
    Mohon pencerahannya mas, terimakasih sebelumnya.

  64. kalamay mengatakan:

    gan ceritanya ane beli notebook hp yg Windows ori,baru 3 hari gara2 ane mo dnlot Autocad trus lg instal tiba2 muncul di layar uc web yg tulisan cina,ane pan gak ngarti sama sekali,nah trus ane matiin tuh note,pas ane nyalain eh…muncul tlsan semacam kerusakan mesin harus hubungi pihak nya lah.ane lupa gak ctt.
    trus ane balikin tuh ke toko kmrn,katanya besok d ambil.nah giliran td mo ambil ktnya kerusakan Windows nya,karena itu ori hd susah,harus instal ulang Windows ori tp kena cas 200 rb..ane dah ngmng kan msh garansi..tp kata pihak toko gak bisa..mesti 200 itu.
    pertanyaan nya apa gara2 hal yg menurut ane sepele tuh Windows beneran rusak?
    klo barang msh garansi apa termasuk sofware jg?
    soalnya ane nol besar Ma komputer,makanya pengen bisa ya beli,tp yaa baru 3 hari dah error.
    tlg jwb dulu ya bro,tar rencana besok mo di ambil,sekalian ane nanya2 Ma Lo bro..abisnya celengan dah bersih msh srh bayar 200rb.

  65. sinta mengatakan:

    Kak mau tanya, Laptop saya asus x-ma muncul tulisan eror code : 0xc0000225 itu harus ke asus center nya atau ke tempat beli nya karna microsoft nya yang eror ya???

  66. Neng ayu mengatakan:

    Kak aku mau tanya .
    Aku beli laptop di luar negeri waktu aku buka microsoft word dll tidak bisa di buka kenapa yahh ??

  67. Neng ayu mengatakan:

    Maksud saya gini .
    Laptop saya beli di luar negeri.
    Waktu saya mau buka microsoft office disana di minta product key.
    Caranya Gimana ??

  68. iksan mustafa mengatakan:

    admin saya mau nanya
    di sini Refres pc nya tidak ada
    + tapi adanya reset doank !!
    itu harus gimana ya?

  69. iksan mustafa mengatakan:

    admin saya mau nanya lagi
    nih kok setelah update windows
    nah saat clear updatenya
    malah laptop sering di mintak restar
    ———————————-
    :
    🙁
    muncul Nya Needs Fix restar 0%

    APAKAH SETELAH REFRES PC ATAU RESET PC AKAN KEMBALI NORMAL?

  70. reza mengatakan:

    Bg saya windows 10 bawaan os, nah saya ingin downgrade ke win 8,trus ntar pas downgrade minta lisensi win 8 gak.. ??
    Trus klo install ulang win 10 bisa downgrade otomatis pake recovery gak.. ??
    Maksih atas blog ini mas.. !!

  71. Andy mengatakan:

    mas saya refresh pc saya tapi saya gak punya setup aplikasi microsoft office, cara dapet setup microsoft officenya lagi gimana ya?

  72. Irma mengatakan:

    Mo tanya berapa lama waktu yg dipelukan untuk me reset ke factory setting (keep file)

    Saya sdg dlm proses koq lama ya. Udah 5 jam blm selesai. Waktu me restart koq cm lingkaran muter2 aja trus slama 3 jam ini…

  73. rnet mengatakan:

    Windows 10 saya tidak bisa booting slalu ada tampilan preparing automatic repair.itu bagaimana solusinya?

  74. bhama mengatakan:

    Gan, mau nanya, kan semalem ane format ulang laptop biar bersih, ternyata driver wifi sm usb ga built in mulu. Solusi nya gmn ya gan?mohon pencerahan nya gan. Thanks

  75. Newbie mengatakan:

    gan, mau nanya, laptop saya win 7 bawaan. abis tuhh saya upgrade ke win 10. cara kembaliin ke win 7 gmn yah? . di setting recovery -> Go back to an early buildnya gk bisa . tulisan Get startednya gk bisa di pencet. gimana solusinya gan.

  76. ghufron mengatakan:

    Maaf ini mau tanya, saya pengguna windows 10 pro _ untuk mengganti windows menjadi 8.1 lewat flashdisk caranya. Gimana yaa? tolong gan,,

  77. Irwan mengatakan:

    Mas, mau tanya ni. Klo reset pc itu ms office pc kit ikut terhapus ya. Soalnya ms word gw ilang.

  78. Maya mengatakan:

    Mas, mau tanya dong.. laptop gw tiba” mati terus pas dinyalain ada tulisan preparing automatic repair terus ada tulisan lg automatic repair couldn’t repair your pc terus ada tombol shut down sama advanced options. Ini pilih yg mana ya mas??

  79. Ezra mengatakan:

    Gan mau nanya. ini kalo mau refresh pc perlu recovery media apa engga ya ?
    terus kalo ikut cara refresh pc driver2nya dan microsoft office nya hilang apa engga ya ?
    makasih sebelumnya.

  80. taufik mengatakan:

    mas,,saya mau tanya,?? kemaren saya instal most wanted 2012,,trus prosesnya harus pakai winrar dengan bit 32,,lalu saya instal,,game nya bisa tapi bit 32,config,axe nya sering muncul mas,,dan efeknya game keluar sendiri,,,

    kasih solusinya ,terimakasih

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2016 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.