Memperbaiki / Install Ulang Windows 8 & 10 Menggunakan Refresh PC / Reset PC

Oleh Netrix Ken

Hampir semua pengguna Windows menginstall dan menguji games, software, dan lainnya secara berkala ke komputer Windows-nya. Pengguna Windows juga sering kali mengkustomisasi tampilan, dengan cara menginstall tema, transformation pack, atau bahkan dengan memodifikasi file sistem Windows.

Sering kali ketika kita menginstall software-software seperti itu, komputer kita menjadi terasa lambat, entah itu sewaktu booting maupun penggunaan secara umum dan juga pesan error menjadi sering bermunculan. Sering kali hal tersebut terjadi dikarenakan file sistem Windows yang rusak atau hilang, atau bisa juga dikarenakan registry Windows Anda telah rusak sewaktu melakukan modifikasi. Namun hal tersebut terkadang dapat diatasi dengan menghapus atau uninstall transformation pack, atau software penyebab masalah tersebut dan juga sering kali dengan cara menginstall ulang Windows adalah jalan terakhir.

Memformat hard disk dan menginstall Windows dari awal merupakan sebuah solusi yang pasti akan menyelesaikan sebagian besar masalah yang ada pada Windows, tapi hal tersebut memerlukan waktu yang lama karena Anda harus menginstall Windows dari awal, lalu menginstall semua software, driver, games, dan lainnya kembali agar komputer Anda kembali seperti semula. Oh iya, dengan menginstall ulang Windows, berarti Anda juga harus mengatur semua perangkat lunak yang ada pada komputer Anda dari awal.

Jika Anda menggunakan Windows 8 atau yang lebih baru, seperti Windows 8.1 atau Windows 10 berikut ada beberapa hal yang mungkin menarik untuk diikuti. Mungkin sudah banyak pengguna Windows 8 yang telah mengetahui fitur bawaan Windows terbaru ini, namun bagi Anda yang belum mengetahuinya, simak beberapa penjelasan dibawah ini. Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi informasi secara rinci mengenai fitur yang menurut saya “keren” yang dapat membantu Anda untuk memperbaiki atau menginstall ulang Windows 8 atau yang lebih baru dengan cepat dan sangat mudah.

Sebenarnya Microsoft telah memperkenalkan 2 fitur baru di Windows 8 yang yaitu:

  • Reset PC
  • Refresh PC

Reset PC: Fitur ini mirip dengan fitur “Reset to Default” atau “Restore Factory Settings” yang ada pada smartphone atau tablet. Dengan fitur ini Anda dapat menghapus segalanya dari komputer Anda dan menginstall Windows dari awal. Sehingga jika Anda menggunakan fitur ini, pastikan terlebih dahulu untuk membuat cadangan atau backup data dan dokumen penting. Dengan Reset PC Windows akan menghapus segalanya dari komputer Anda (partisi C) termasuk dokumen, aplikasi, setting, dan metro apps. Hal yang pertama dilakukan Reset PC adalah memformat partisi hard disk Anda lalu menginstall Windows dari awal. Jika Anda menggunakan fitur ini, Anda akan melihat Windows seperti pada saat Windows pertama kali di install.

Refresh PC: Jika Anda tidak ingin mereset semua Windows Anda dari awal, namun hanya ingin memperbaiki Windows, Refresh PC dapat membantu Anda. Refresh PC tidak menghapus semuanya dari komputer Windows Anda. Refresh PC akan menginstall ulang Windows namun dokumen, setting, dan metro apps Anda akan tidak akan dihapus sehingga Anda tidak akan kehilangan data-data Anda dengan pilihan ini. Hal pertama yang dilakukan Refresh PC adalah menyalin semua data Anda ke partisi lain baru menginstall ualang Windows dari awal. Setelah Windows terinstall, Refresh PC akan menyalin kembali atau restore data Anda. Sehingga menggunakan fitur ini Anda akan mendapatkan Windows yang fresh, bersih, baru, tanpa kehilangan data dan pengaturan yang sudah ada sebelumnya.

Perbandingan Antara “Reset PC” dan “Refresh PC”

Refresh PC menginstall Windows dari awal namun dengan tidak menghapus dokumen, setting, file, dan personalisasi Anda, disisi lain Reset PC menghapus segalanya dari komputer Anda lalu menginstall Windows dari awal. Jadi Anda akan kehilangan dokumen, berkas, dan pengaturan Anda jika memilih Reset PC.

Aplikasi pihak ketiga seperti Microsoft Office dan lain-lain akan tetap terhapus jika Anda menggunakan salah satu dari kedua fitur tersebut. Dengan kata lain maupun Refresh PC atau Reset PC akan menghapus semua software pihak ketiga yang telah terinstall pada komputer Anda.

Grafik perbandingan berikut akan membantu Anda dalam memahami perbedaan antara kedua fitur ini dengan mudah:

Reset dan Refresh PC

Reset dan Refresh PC

CATATAN: Kedua fitur diatas memerlukan DVD Instalasi Windows atau recovery media untuk mengembalikan file default. Jika Anda tidak memiliki disk Windows, Anda dapat menyalin file setup Windows ke USB drive lalu colokan ke komputer Anda dan fitur ini akan menggunakannya sebagai media instalasi.

Cara Menggunakan “Reset PC” pada Windows 8 dan 10 atau yang lebih baru

Untuk mereset Windows Anda, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Arahkan kursor mouse Anda ke pojok kanan atas untuk membuka Charms Bar. Atau, Anda dapat menekan tombol Win + C bersama-sama untuk mengaksesnya.

2. Lalu klik “Settings” dan klik pilihan “Change PC Settings”.

3. Langkah diatas akan membuka jendela “Metro Control Panel”.

Bagi pengguna Windows 8.

Klik “General” lalu klik bagian panel kanan, Anda akan melihat pilihan “Remove everything and reinstall Windows”.

Bagi pengguna Windows 8.1 dan 10 atau selebihnya.

Klik pada “Update and recovery” lalu klik “Recovery” pada panel sebelah kanan, Anda akan melihat pilihan “Remove everything and reinstall Windows”.

Update and Recovery Windows 8

Klik gambar untuk memperbesar

4. Klik “Get started” tombol dan Windows akan menampilkan Reset PC wizard.

5. Cukup ikuti petunjuk yang diberikan pada layar dan komputer Anda, dan Windows akan mereset ke pengaturan default atau menginstall Windows dari awal.

Catatan: Jika Anda memiliki lebih dari satu partisi (cth: D/E/F/G), Reset PC akan menanyakan apakah akan menghapus hanya pada partisi C atau semua partisi. Saya rekomendasikan pilih yang C saja jika komputer Anda bebas dari virus.

Reset PC Windows 8

Reset PC Windows 8

Cara menggunakan “Refresh PC” di Windows 8 dan yang lebih baru

Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

1. Mirip dengan “Reset PC‘, Refresh PC juga hadir pada layar metro control panel baru. Jadi pertama, ikuti 3 langkah sama seperti diatas.

2. Jika sudah, pada sisi kanan cari pilihan “Refresh your PC without affecting your files“.

3. Klik tombol “Get started” dan Windows akan membuka wizard Refresh PC.

Refresh PC Windows 8

Refresh PC Windows 8

4. Ikuti petunjuk yang diberikan pada layar dan Windows akan diperbaiki tanpa menghapus file Anda, pengaturan dan aplikasi.

Catatan: Opsi Refresh PC akan menyimpan file HTML dengan nama “Removed Apps.html” pada Desktop Windows yang berisi daftar semua program perangkat lunak pihak ke-3 dihapus oleh Refresh PC.

Refresh PC Windows 8 (2)

Refresh PC Windows 8 (2)

Mudah bukan? Semoga tutorial diatas dapat membantu Anda yang memiliki masalah pada komputer Windows Anda. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar, saya akan berusaha secepat mungkin untuk membalasnya πŸ™‚

ErrorRefresh PCReset PC cara instal microsoft setelah reset pccara win 8.1 tapi win sebelumnya kehapusapakah harus instal ulang jika windows expired?reset windows 10 data hardisk D dan E ilang atau tidakcara back up komputer tanpa instal win 10yang sebaiknya dilakukan saat instal ulang windows hanya disk c saja atau totalapakah refres di win 8 dpt memperbaiki semua masalah?googlememperbaiki windows 8cara instal ulang windows 8 tanpa menghilangkan filekegunaan disc bawaan laptoprecovery windows menggunakan isocara mengatasi laptop setelah di resetcara reset windows 10cara mengatasi boot lama di Windows 10 setelah install ulang

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

365 Komentar ke "Memperbaiki / Install Ulang Windows 8 & 10 Menggunakan Refresh PC / Reset PC"

  1. hakri berkata:

    komputer saya lenovo windows 10 kalau dinyalakan lama baru muncul loadingnya kisaran 2 sampai 3 jam, padahal sudah diinstal tetap saja untuk boot ke windows seperti itu mohon solusinya, trim’s

    • admin berkata:

      Boleh tau tipe Lenovo apa mas? Jika setelah install ulang tetap seperti itu, kemungkinan spesifikasinya kurang mumpuni.

  2. kisamekun berkata:

    min mau nanya, apa bedanya reset lewat cara mimin sama reset dari fd/cd ?

  3. Iqbal berkata:

    Bang mau tanya laptop saya win 8.1 sekarang tiba tiba kalo abis nyalain terus selang beberapa waktu tiba tiba macet tidak bisa apa apa..itu kena apa ya ? dan solusinya bagaimana ? Takutnya kena virus soalnya itu abis install apk anti virus terus pas saat install kayak gak keinstal terus mulai dari itu penyebab macetnya sampai sekarang

    • admin berkata:

      Bisa dari virus / ada aplikasi yang memberatkan / bisa juga karena bug driver. Coba cek di Task Manager pas hang apakah ada aplikasi yang ganggu.

  4. wahyu berkata:

    gan mau nanya dong, kalo laptop saya win8 x64, ada file .dll yang ilang seperti api-ms-win-crt-string-l1-1-0.dll itu cara memperbaikinya gimana ya ? saya sudah ikutin cara2 di google/yutub ttp tidak bisa. Terimakasih

  5. Danil sans berkata:

    Mas jika di drive D hilang setelah reset, gimana cara balikinnya lagi mas ?
    Terima kasih

  6. Danil sans berkata:

    Mas laptop saya abis di reset, nah saya salah pilih opsi jadi semua yg ada di drive D ke hapus/ilang, gimana cara balikinnya lagi mas?
    Terima kasih

  7. Noname berkata:

    mau nanya laptop saya terkunci dan gkbisa kebuka pdhl passwrd sudah benar(windows 8). Saya mau reset pc tp kenapa gkada pilihan keep my files adanya cuma 1 pilihan.
    Dan satu lg sy mau tanya kalo folder picture itu masuk partisi C/D?
    Terimaksh sebelumnya..

  8. Helen berkata:

    Da tulisan Let’s try that again , please connect your device to the internet and select try again.

  9. Ristiono berkata:

    Halo mas saya mau tanya

    Laptop saya udahh setahun belakangan sering hang kalo di charge. Jadinya saya nggak pernah pake pas lagi di charge. Hangnya itu laptop nggak bisa di apa-apain nggak bisa bergerak. karena saya nggak tau solusinya saya maen cabut batere buat matiin. terus pas nyala baru bisa berfungsi. Cuman udah 2 minggu ini laptop tetep hang meskipun nggak saya charge. Laptop baru nyala dan berfungsi kurang lebih 5-10 menit terus hang udah di matiin terus nyala lagi juga problemnya tetep sama.

    Kalo saya refresh laptop saya apa ada kemungkinan untuk berfungsi normal kembali? Saya belum pertimbangin buat reset PC karena ada data-data yang saya simpen di drive C. Kalo di reset atau di refresh data saya di Drive C itu bakal hilang nggak ya?

    • admin berkata:

      Jadi kalau di cas aja yah mas? Saya belum pernah menemukan kasus seperti itu mas, tapi coba cek dahulu di Power Options, bagian Processor power management, dibuat 100% semua dahulu.

      • Ristiono berkata:

        Maaf baru bales lagi.

        Sebelumnya memang setiap di cas jadi hang. tapi sekarang baru nyala 5 menit juga udah hang dan begitu terus meskipun laptop sudah di matiin dan di nyalain lagi.

  10. Helen berkata:

    Min maw nanya,, leptop acer windows 10,saya sdh reset ke pengaturan awal pabrik.. Saat saya buka mikrosoft nya tidak bisa jalan.. Apa solusinya..?

  11. Yusuf berkata:

    Bang laptop saya kok gk bisa di restart ya bang tombol next nya gk ada

  12. Risyad berkata:

    gan kalo saya reset, apakah saya harus menginstal ulang windowsnya ?

  13. Riska berkata:

    Min, aku download windows 10 di hp karena di laptop sangat lama ga seperti di hp, kalo windows nya udah kedownload mau di pindah di laptop terus di update bisa ga ya kira” min atau ada yang ga cocok
    Tolong min

  14. Nirmala.s berkata:

    Min. Gimana kalo misal. Laptopnya baru dinyalakan. Tapi nggak lama kemudian langsung hang. Trus kembali lagi kek baru nyala. Baru muncul merk trus langsung hang .blank lagi. Gituu terus.
    Tolongin min.

  15. Jesslyn berkata:

    Min, kalau install ulang laptop rog, dulu Windows ori, namun setelah di install ulang oleh teman, dia sudah sempat install dari yang luar, apakah laptop saya bisa balik ke Windows ori lagi tidak ya? Terus touchpad dan wifi jadi tidak bisa berfungsi, dan kalau install ulang laptop rog, apakah perlu disk rog nya juga? Terima kasih

  16. mapflake berkata:

    gan mau tanya.. laptop saya kan pake windows 10 ori bawaan laptop. ga sengaja kmren kena virus. nah saya mau install ulang buat ilangin virusnya, tapi gamau data harddisk D ilang. solusiny bagus gimana mas? reset PC atau refresh PC? makasih

  17. Danis berkata:

    Min mau tanya saya pake windows 8.1 masalahnya setiap saya klik dimana pun cursornya itu selalu pilihannya nanti ke paling akhir(software/file yg paling akhir) itu gmn ya min solusinya

  18. na berkata:

    Permisi bang. Laptop saya windows 8.1
    Waktu mau reset, ada tulisan “Insert your windows installation or Recovery media to continue” sama tulisan cancel aja. Itu maksudnya gimana ya?

  19. syar berkata:

    Saya punya laptoo windows 10 ori bawaan. Waktu nggak sengaja ke update ke build terbaru sekarang yg 1803. Tapi ternyata banya masalah dan sering sekali driver wifi dan vga nya hilang. Kayaknya gak cocok sih.

    Tanpa pikir panjang saya coba fitur reset this PC. Tapi sekarang malah stuck “Resetting this PC 99%”

    udah seharian Gan masih kayak gitu juga πŸ™

    Mohon dong pencerahan gimana solusinya.

    Jangan jawab instal ulang pake flashdisk ya ?
    Klau instal ulang seperri itu artinya sma aja instal baru lisensi hilang. Semua orang mah bisa πŸ™

    • admin berkata:

      Engga hilang mas, tinggal aktivasi langsung setelah install ulang. Key biasanya terinstall di mainboard. Tapi itu biasanya ya, ga berlaku utk semua. πŸ™‚

      Sudah coba di restart paksa?

  20. ferdi berkata:

    mas, ini cara balikin semua seperti semula gmna ya??, soalnya laptop sya black screen trus saya install ulang, nah trus data di driv D msh ada tpi aplikai bawaannya pada hilang, cara balikin aplikasi bawaannya gmna ya. saya pakai windows 10

  21. Hendra berkata:

    saya pakai asus s200e yang windows 8 oem.
    kebetulan ane beli 2nd tanpa cd wndows/product key ori.
    satu ketika laptop error dan selalu masuk bios gk bisa keluar dr bios.
    alhasil keluar dr bios udah bisa, tapi windows gagal booting.
    akhirnya saya ambil langkah inul, dg file iso win81pro dan
    terinstallah win81pro.
    partisi recovery oem+restore oem masih terawat dg baik di partisi hardisk.
    krn masih cinta sama win8oem bwaan laptop, ane coba refresh/restore, muncul selalu minta insert media/revovery image, some files are missing dan selalu begitu.
    akhirnya sekarang stuck di win81pro iso yg ane inul.
    coba deep scan partisi hardisk dg software2 recommend udah ane jalankan.
    ada saran mas?
    bisa bantu ane, mksh

    • admin berkata:

      Saat “insert media/revovery image, some files are missing” muncul, masukan DVD/FD/Media instalasi lain yang sesuai dengan OS yang ada disitu.

  22. eko berkata:

    Saya ada masalah dengan laptop ane yakni selalu tampil automatic repair. rencananya saya akan melakukan reset windows. Apakah nantinya akan juga muncul windows.old?

  23. Tomy berkata:

    Kak, saya mau install ulang dengan cara reset pc, bisa minta link drivernya win 8.1 Pro 64bit?
    Btw fungsi dvd laptop itu cuma driver”nya ya?

  24. fajar berkata:

    Malem gan mau tanya, kalo dilaptop saya w8, pas mau refresh pc muncul tulisan “some files are missing. your windows installation or recovery media will provide these files”. abis tu ga jalan lagi. minta solusi gan. makasih..

  25. SANDY FEBRIAN berkata:

    Min saya mau tanya, saya kan sudah reset laptopbsaya untuk pertama kalinya dan berhasil. Dan saya ingin mereset laptop saya untuk yang kedua kalinya. Nah masalahnya ketika saya masuk ke menu updaye and security dan menekan tombol get started untuk mereset pc tibaΒ² muncul tulisan “could not find the recovery env ironment, insert your installation Windows or recovery media, and restart your pc with media” maksudnya apa yamin dan cara mengatasinya gimana Thanks dah kalu mau di jawab.

Muat diskusi lain
© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.