Cara menginstall Vista dari Flash Drive

Oleh | pada 21 Okt, 2015 | 1 Komentar

Waku yang lama memang bukan hal yang baru lagi saat memasang sebuah sistem operasi Windows, apalagi Windows Vista dikemas dalam keping DVD, tentu saja membutuhkan waktu yang relatif lebih lama ketimbang menginstal Windows XP. Apa yang membuat lamanya proses penginstalan adalah keterbatasan kecepatan transfer dari DVD ke dalam hardisk.

Nah, ada cara lain yang lebih he,at waktu instal, yaitu melakukan proses instal Windows Vista melalui USB Flash Drive 2.0. Tapi yang perlu di perhatikan saat mengistal Windows Vista melalui USB Flash Drive 2.0 adalah kompabilitas USB port yang tersedia di komputer atau laptop. Bila USB port pada komputer tadi sudah mendukung penggunaan USB versi 2.0, tentu saja proses akan berjalan sesuai dengan kecepatanya, namun bila komputer tadi belum mendukung USB versi 2.0 maka kecepatan transfer tidak akan maksimal.

Mengapa harus melakukan proses install dengan USB Flash Drive 2.0?? Jawabanya adalah kembali pada kecepatan transfer, apalagi bila anda ingin melakukan instalasi Vista pada komputer yang terhubung dengan jaringan. Harus diakui bahwa kecepatan install Vista dari USB Flash Drive 2.0 lebih bagus dibanding menggunakan DVD, Lan Card (Bila terhubung dengan LAN) atau dari external USB 2.0 hard drive.

Ada tiga langkah untuk melakukan proses instalasi Windows Vista melalui USB Flash Drive 2.0. Ikuti langkah-langkah instalasinya dibawah ini.

1. Menyiapkan sebuah Ultra-Fast USB Flash Drive 2.0.

Sebelum melakukan proses instalasi, tentu saja anda membutuhkan sebuah USB Flash Drive 2.0 yang mempunyai kecepatan tinggi dengan kapasita minimal 4.0GB. Ini karena installer Windows Vista mempunyai volume lebih dari 3.0GB. Anda bisa menggunakan Apacer 4.0GB Handy Steno USB Flash Drive HT203, 200X Hi-Speed USB 2.0 atau yang sejenisnya. Saat ini salah satu USB Flash Drive itulah yang mempunyai kecepatan tinggi dengan kecepatan 25MB/S. Untuk harganya lumayan mahal juga sekitar US $60.

2. Format USB Flash Drive 2.0

Jalankan CMD.EXE dan ketik beberapa instruksi di bawah ini. Catatan: Disini anda bisa mengasumsikan bahwa USB Flash Drive 2.0 tadi mempunyai alamat sebagai “disk 1”

Ikuti instruksi dibawah ini pada mode dos yang muncul saat anda menjalankan CMD.EXE.

a. diskpart

b. select disk 1

c. clean

d. create partition primary

e. select partition 1

f. active

g. format fs=fat32

h. assign

i. exit

3. Copy Windows Vista dari DVD Rom

Langkah selanjutnya adalah meng-copy isi Windows Vista yang tersimpan dalam keping DVD. Untuk melakukan proses penggandaan Windows Vista dari DVD ke USB Flash Drive 2.0, ikuti perintah di bawah ini.

xcopy d:*.*/s/e/f e:

Setelah proses copy selesai, anda sudah bisa memulai proses instalasi Windows Vista dari USB Flash Drive 2.0 ke komputer. Sebelum melakukan proses instalasi Windows Vista sebaiknya cek BIOS anda untuk memastikan untuk melakukan booting pertama pada USB. Bagaimana apa anda akan mencobanya??

Label: Komputer instal vista dari flashdiskinstall vista dari flashdiskcara instal vista flashcara menginstall windows vistatutorial menginstall windows vistacara install windows vista flash diskcara install vistacara instal windowsvista menggunakan flashdisk vistacara install win vista flash diskcara instal windows vista dg flash

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Tips mencegah komputer terkena virus

    Tips mencegah komputer terkena virus

    15 Okt, 2014 - 7 KomentarKebanyakan virus di Indonesia menyebar melalui Flash Disk, yaitu dengan memanfaatkan fitur autorun.
  • Tutorial Install Windows XP dengan Flashdisk

    Tutorial Install Windows XP dengan Flashdisk

    8 Mar, 2017 - 1 KomentarSekarang ini banyak beredar notebook yang berukuran kecil/mini. Disamping lebih ringkas, juga lebih
  • Cara menghapus (uninstall) Windows Seven (7)

    Cara menghapus (uninstall) Windows Seven (7)

    16 Mar, 2017 - 100 KomentarBerikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus atau meng uninstall Windows Seven (7) dan
  • Cara disable autorun pada Windows

    Cara disable autorun pada Windows

    30 Jul, 2014 - 0 KomentarSetiap kali Anda memasukkan USB drive, CD / DVD, dll ke dalam Windows Anda, Windows akan secara
  • Download Gratis USB Disk Ejector, Alternatif USB Safely Remove

    Download Gratis USB Disk Ejector, Alternatif USB Safely Remove

    3 Des, 2016 - 0 KomentarAplikasi yang memiliki fungsi yang sama dengan USB Safely Remove ini bisa dijadikan alternatif

Satu Komentar ke "Cara menginstall Vista dari Flash Drive"

  1. hendra berkata:

    waktu diskpart kok saya ga bisa format ya, di listnya ga ada command format

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.