Cara Install Windows XP

By | on 29 Jul, 2012 | 8 Comments

Beberapa dari teman saya yang menggunakan sistem operasi Windows XP belum tentu tahu cara install Windows XP. Mungkin bagi sebagian orang mengaggap hal ini sangatlah mudah, namun bagi para yang masih baru hal ini bisa menjadi sangat sulit karena mereka tidak tahu secara mendalam tentang sistem operasi. Dalam artikel ini saya akan membahas tentang cara meningtall Windows XP dengan mudah karena pada poting kali ini saya juga menyertakan tutorial gambar cara install Windows XP.

Windows XP adalah suatu sistem operasi (operating system) yang paling populer sampai saat ini karena selain kemudahan dalam pemakaiannya Windows XP juga banyak digunakan sebagai standarisasi pembelajaran yang di pakai oleh sekolahan-sekolah dan perguruan tinggi pada umumnya.

Untuk melakukan penginstalan windows xp diperlukan ketelitian dan kesabaran dalam prosesnya karena memerlukan waktu yang lumayan lama sekitar 45 menit.

Ada beberapa jenis windows xp diantaranya windows xp professional, Home Edition, Media Center Edition, Tablet PC Edition, Starter Edition, Professional x64 Edition, dan Professional 64-bit Edition For Itanium.

Spesifikasi minimum hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows XP adalah sebagai berikut:

  • Prosesor Pentium 500 Ghz/AMD atau yang setara.
  • CDROM/DVDROM drive
  • RAM 64 MB

Berikut adalah langkah-langkah untuk install atau instal ulang windows xp:

1. Siapkan CD Windows XP Anda dan masukan CD installer Windows XP Anda kedalam Cd Rom atau DVD Rom Anda.

2. Restar komputer dan setting bios agar prioritas bootingnya dimulai dari CD(DVD)-ROM. Begini caranya:

Pertama, masuk ke BIOS dengan menekan tombol Del, atau F1, atau juga F2 (Tergantung motherboard). Pilih menu Advanced Settings, kemudian carilah Boot Priority atau yang sejenis. Ubah pengaturanya, agar CDROM jadi urutan yang pertama dengan menekan tombol Page Up atau Page Down, lalu tekan tombol ESC dan pilih Save & Exit.

3. Restart komputer Anda dan tunggu hingga muncul tulisan seperti pada gambar.

Boot Windows XP

4. Tekan sembarang tombol dengan cepat sampai muncul tampilan seperti dibawah ini:

Boot Windows XP

5. Tunggu sampai proses loading selesai, kemudian tekan Enter.

6. Tekan tombol f8 untuk melanjutkan dan tekan tomblog ESC untuk membatalkan install Windows XP.

Boot Windows XP

7. Tekan ENTER untuk langsung menginstall Windows XP dan tekan C untuk membuat partisi hardisk dengan kapasitas sesuai kebutuhan Anda, selanjutnya jika Anda membuat partisi dengan menekan tombol “C”, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

Boot Windows XP

8. Kemudian tuliskan kapasitas partisi yang ingin anda buat, seperti terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh, misalkan kapasitas hardisk anda 40 GB, lalu anda ingin membagi dua, maka tuliskan 20000,jangan 20, karna partisi satuannya MB. 1GB = 1024MB.

9. Kemudian tekan”ENTER maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.

Boot Windows XP

10. Kemudian pilih Format the partition using the NTFS file system (Quick) atau Format the partition using the NTFS file system (Quick) lalu tekan ENTER maka akan muncul layar sepert gambar di bawah ini.

Boot Windows XP

11. Setelah proses format selesai, kemudian Windows akan memulai menyalin file untuk proses instalasi, seperti gambar di bawah ini.

Boot Windows XP

12. Bila proses instalasi langkah 1 11 benar maka komputer akan restart secara otomatis dan akan tampil gambar seperti ini.

Boot Windows XP

13. Biarkan proses instalasi Windows XP berjalan, dan jika ada konfirmasi klik Next lalu isikan Nama Anda (Pada kolom Organisasi bisa dikosongkan). Kemudian tekan Next. Disini Anda akan diminta untuk memasukan Product Key Windows XP Anda.

Boot Windows XP

14. Isikan nama komputer Anda, selebihnya dapat dikosongkan dan klik Next. Pada tab Time Zone pilih pada posisi GMT +7. Klik Next.

Boot Windows XP

15. Tunggu beberapa saat dan akan muncul jendela baru yang menanyakan jaringan Anda (Jika komputer Anda tersedia fasilitas LAN). Pilih Typical setting dan Klik Next. Selanjutnya akan muncul layar work group or computer Domain, seperti gambar di bawah ini klik Next.

Boot Windows XP

16. Setelah proses install Windows XP selesai maka komputer akan terestart secara otomatis Selanjutnya akan muncul display setting, seperti gambar di bawah ini, klik OK.

Boot Windows XP

17. Kemudian Windows akan mendeteksi tampilan optimal dari komputer Anda, Klik OK.
18. Selanjutnya anda akan dibawa masuk ke dalam windows untuk pertama kalinya, tekan Next dan pilih Not Right Now. Kemudian komputer akan mengecek koneksi ke internet, seperti terlihat pada gambar di bawah ini, pilih Yes lalu tekan Next. Selanjutnya akan muncul pilihan aktivasi windows, lalu tekan Next.
19. Proses instalasi Windows XP telah selesai, kemudian akan muncul layar seperti gambar di bawah ini, klik Finish, maka proses instalasi selesai.

Boot Windows XP

20. Jika proses instalasi berhasil, kemudian perlahan masuk ke Windowsnya seperti telihat pada gambar di bawah ini.

Boot Windows XP

Alhamdulilah, akhirnya selesai juga. Capek juga nulisnya. :-D Semoga bermanfaat.

Tags: Install

Author Description

Author

Netrix Ken
  • Author Contacts:

Seorang mahasiswa yang sedang berjuang untuk lulus S1 Teknik Informatika. Bekerja sebagai System Administrator dan Web Developer dalam 5 tahun terakhir. Saya suka berbagi tips dan tutorial di Internet. :)

8 Responses to "Cara Install Windows XP"

  1. bee mengatakan:

    keyen2…

  2. Ariee mengatakan:

    Mantap………. makasih bro.!!

  3. yahya mengatakan:

    ocey… kn q mnfa’atkan…

  4. rony mengatakan:

    stlah restart yg mlh muncul
    A disk read error occurred
    Press Ctrl+Alt+Del to restart
    solusinya gmana ni gan?

  5. david mengatakan:

    mantap

  6. Radian Hasan mengatakan:

    Terima kasih bro ahir nya saya bisa juga install ulang Windows XP

  7. mahmud mengatakan:

    pasti bermanfaat mas bro bagi orang banyak

  8. Rafa ramadhan tazwek mengatakan:

    mantep dach . tahnk blog nya sangat bermanfaat bagi yang belum memahami.

Leave a Reply

Submit Comment

© 2014 AplikasiPC. All rights reserved.
Dibawah Lisensi NetMedia Advertising.