Cara Mudah Memperpendek / Mempersingkat Link Panjang Gratis

Oleh Netrix Ken

Apakah Anda pernah melihat link dengan panjang berlebihan di sosial media? Apa yang ada di benak Anda ketika melihat link tersebut? Apakah Anda merasa risih? Yang pasti, bagi sebagian orang melihat link terlalu panjang dirasa tidak ideal dan kurang enak dipandang. Selain di sosial media, blog-blog masa kini juga masih banyak yang menggunakan link apa adanya, tidak menggunakan shortlink / link yang diperpendek. Selain menjadi kurang nyaman di pandang, menggunakan link panjang juga akan sangat memakan ruang layout, sehingga sebaiknya selalu gunakan layanan untuk memperpendek link yang tersedia secara gratis di internet.

Terdapat beberapa keuntungan jika kita menggunakan shortlink. Yang pertama adalah, link menjadi pendek sehingga mudah di ingat. Yang kedua, tidak memakan banyak ruang layout, dan yang paling utama adalah link menjadi lebih enak dipandang. Terdapat dua jenis layanan pemendek link, yaitu berbayar dan gratis. Pada layanan shortlink berbayar, kita dapat melacak seberapa banyak yang sudah mengklik link kita, melacak darimana asal klik tadi, serta membuat shortlink dengan akhiran yang dapat disesuaikan. Sedangkan pada layanan shortlink gratis, biasanya kita hanya dapat melihat jumlah klik link saja.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara memperpendek / mempersingkat link yang tadinya panjang? Berikut adalah daftar beberapa layanan pemendek link gratis dan berbayar yang biasa AplikasiPC gunakan.

Cara Memperpendek Link Panjang Gratis

1. Bitly

Bitly adalah salah satu website yang menyediakan layanan pemendek link gratis yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Di website ini, cukup tempelkan link panjang Anda di kolom Shorten your link lalu klik tombol Shorten untuk mendapatkan versi pendek dari link Anda tadi. Selanjutnya, link pendek ini dapat Anda taruh / bagikan ke seluruh platform di internet, termasuk sosial media, WhatsApp, dan bahkan untuk beriklan di internet.

BitLy

BitLy

Meskipun gratis, namun Bitly menyediakan fitur untuk melacak seberapa banyak klik yang Anda dapat serta darimana asal klik tersebut. Agar dapat menyesuaikan akhiran link, Anda harus mendaftar di situs Bitly terlebih dahulu seperti contohnya jika Anda ingin memiliki akhiran AplikasiPC maka link akan menjadi bit.ly/AplikasiPC.

2. Bl.ink

BL.ink merupakan layanan gratis lain yang dapat kita manfaatkan untuk mempersingkat link panjang. Cara kerja website ini hampir sama seperti Bitly dimana Anda tinggal memasukan link panjang Anda lalu mendapatkan versi pendek dari link tersebut. Pada paket gratis BL.ink, kita di ijinkan untuk membuat 1.000 link dan 1.000 klik untuk masing-masing link tersebut sebelum link tersebut menjadi tidak aktif. Sedangkan pada versi berbayar, jumlah link yang dapat dibuat mulai 10.000 link dengan masing-masing 7.500 klik per-link dengan biaya mulai US$12 perbulan.

3. TinyURL

TinyURL termasuk pemain lama dalam hal memendekan link. TinyURL dirilis pada tahun 2002 serta pernah menjadi pemendek link paling banyak digunakan hingga tahun 2010. Untuk mempersingkat link menggunakan TinyURL, masukan link panjang Anda ke dalam kolom Enter a long URL to make tiny: lalu klik tombol Make TinyURL.

TinyURL

TinyURL

Untuk sementara ini, TinyURL hanya menyediakan versi gratis saja, dan tampilannya juga sangat sederhana.

4. Ow.ly

Ow.ly adalah sebuah website pemendek url paling populer lainnya. Ow.ly merupakan bagian dari HootSuite yang merupakan penyedia layanan manajemen sosial media. Kita dapat mengelola hampir semua akun sosial media kita di satu tempat saja berkat layanan HootSuite. Yang paling utama, HootSuite biasanya digunakan internet marketer untuk mengelola akun Facebook, Twitter, dan LinkedIn di satu tempat.

Untuk dapat menggunakan Ow.ly kita harus mendaftar lebih dahulu di: https://hootsuite.com/create-free-account.

5. AdFly

Selain dapat mempersingkat link, AdFly juga membayar Anda untuk setiap tayangan yang dihasilkan. Per-1000 tayangan, AdFly membayar Anda hingga US$5. Lumayan bukan? Saat pengunjung Anda membuka link yang dipendekan menggunakan AdFly, ia akan menampilkan iklan terlebih dahulu sebelum menuju link yang sebenarnya. Semakin banyak yang mengklik link Anda, maka akan semakin banyak uang yang Anda hasilkan! Pembayaran AdFly dibayarkan setiap bulan melalui PayPal.

AdfLy

AdfLy

Jika Anda tertarik untuk mencoba AdFly, kunjungi https://adf.ly/ dan daftar di website tersebut.

Itulah 5 website layanan pemendek link paling cepat dan sederhana yang dapat AplikasiPC rekomendasikan. Cobalah salah satunya dan pilih mana yang paling cocok untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Label: Link

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Berpakaian sopan dengan busana muslim

    Berpakaian sopan dengan busana muslim

    23 Sep, 2018 - 9 KomentarApakah Anda mencari busana Muslim yang trendi namun sederhana? Apakah Anda tahu harus memulainya
  • Kirim Artikel

    Kirim Artikel

    9 Des, 2018 - Komentar Ditutup Gunakan Bahasa Indonesia yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan.
  • Download TuneUp Utilities 2010 Full Gratis

    Download TuneUp Utilities 2010 Full Gratis

    12 Jul, 2017 - 2 KomentarTuneUp Utilities adalah salah satu suite optimasi sistem terbaik. Ini juga salah
  • Download Gratis Serial Windows Vista SP1 Asli (Direct Links)

    Download Gratis Serial Windows Vista SP1 Asli (Direct Links)

    17 Apr, 2019 - 0 KomentarBeberapa waktu yang lalu saya telah memposting tentang direct link download ISO Windows
  • Download Nero 10 Gratis Full Version

    Download Nero 10 Gratis Full Version

    6 Mei, 2019 - 21 KomentarNero telah mengupgrade versi disc burning gratis mereka yaitu Nero BurnLite menjadi v10 dan

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2019AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.