Sinkronisasi File dan Folder dengan FreeFileSync Pada Windows

Oleh | pada 18 Mar, 2017 | 5 Komentar

Mensinkronisasi file dan folder antara beberapa folder berbeda, drive lokal atau drive eksternal akan meringankan pekerjaan Anda seandainya Anda memiliki cara untuk menggandakan beberapa data tanpa menggunakan cara manual melalui copy paste, Windows telah menyediakan alat bantu untuk melakukan sinkronisasi dile dan folder yaitu SyncToy.

Dalam postingan ini akan kami ulas cara menggunakan FreeFileSync untuk sinkronisasi file dan folder seperti yang disyaratkan dengan konfigurasi dasar didalamnya.

FreeFileSync adalah sebuah aplikasi open source yang gratis sebagai alat bantu untuk sinkronisasi file dan folder. Anda dapat mendownloadnya dari halaman website ini.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Jangan beri tanda check. Lalu tekan tombol “Next”.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Meskipun user interface sedikit menakutkan, namun cara ini dapat meringankan pekerjaan Anda hanya dalam beberapa klik. Selain dapat mensinkronisasi file dan folder, FreeFileSync juga dapat membandingkan file dan folder untuk melihat beberapa perubahan. FreeFileSync memiliki variasi sinkronisasi yang berbeda seperti Two-Way, Mirror, Update, dan Custom untuk kemajuan penggunanya.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Untuk setup sebuah sinkronisasi two-way standar, klik tombol “Browser” pada kaca jendela sebelah kiri lalu pilih folder pencarian. Selanjutnya pada kaca jendela sebelah kanan, klik tombol “Browser” lagi dan pilih folder sesuai keinginan Anda. Untuk melakukannya dengan lebih mudah, Anda juga dapat melakukannya dengan drag and drop folder yang Anda inginkan pada bidang yang sesuai, maka FreeFileSync akan secara otomatis memasukkan alamat folder tersebut.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Selanjutnya klik tombol “Synchronize”. Jika proses sinkronisasi tersebut selesai, maka FreeFileSync akan menampilkan status “Completed” dengan rincian mengenai proses dan informasi log.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Anda dapat melihat perubahannya dalam file Windows Explorer. Jika Anda ingin, Anda dapat menyimpan perubahan sebagai file “.ff_gui” pada hard drive Anda sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan tindakan yang sama beberapa kali dengan klik ganda pada file yang disimpan.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Anda juga dapat membuat file sinkronisasi kapanpun antara folder dengan FreefileSync. Untuk melakukannya, buka FreeFileSync dan simpan sesi terkhir melalui tombol “Batch job” melalui klik pada ikon yang sesuai.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Buka file “RealTimeSync.exe”. anda dapat memasukkan secara manual alamat folder dan perintah yang dibutuhkan untuk sinkronisasi file. Namun ada langkah lain yang lebih sederhana yaitu dengan drag and drop file  “batch job” ke dalam bidang “Folder to Watch”.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Untuk menyelesaikan proses tersebut, klik tombol “Start”, maka proses sinkronisasi akan terselesaikan secara otomatis.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Semoga dapat membantu. Mari kita saling berbagi pengalaman dalam menggunakan alat bantu sinkronisasi file. Terima kasih telah bertandang ke Aplikasi PC. 🙂

Label: DownloadFileFolderSinkronisasiWindows https://www.aplikasipc.com/sinkronisasi-file-dan-folder-dengan-freefilesync-pada-windows/sinkronisasi satu klikhttps aplikasipc sinkronisasi file folder dengan freefilesync pada windowscara pemakaian aplikasi sinkr freecara menggunakan free file synccara sinkronasi file androidpengalaman menggunakan windows mobile buildaplikasi sinkronisasi filesinkron folder windowscara sinkronasi otonatis dari komputersinkronisasi file foldersinkronisasi file hardiskaplikasi sinkron filesinkron file windows serverperintah singkron file

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Seorang wanita sederhana yang berkarir sebagai Co-Founder di AskNet Media, tertarik belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika, serta senang berbagi tips dan informasi di internet. :)

Baca Juga

  • Mengunci folder dan file

    Mengunci folder dan file

    5 Mei, 2016 - 2 KomentarSalah satu kelebihan Windows Vista, ialah ia punya kemampuan untuk meng enkripsi atau mengamankan
  • Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

    Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

    21 Jul, 2014 - 1 KomentarOk, berikut ini adalah sedikit tips cepat untuk Anda yang ingin menyembunyikan file atau folder
  • Cara menghapus file secara permanen

    Cara menghapus file secara permanen

    8 Mar, 2017 - 6 KomentarSecara default, Windows akan menampung pada folder khusus yang diberi nama Recycle Bin atas
  • Download Gratis Software Opera (UPDATED)

    Download Gratis Software Opera (UPDATED)

    11 Jun, 2015 - 0 KomentarKabar gembira bagi Anda para pengguna browser Opera. Tim pembangun Opera kini telah merilis Opera
  • Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File / Folder di Windows 10

    Menampilkan Konfirmasi Saat Menghapus File / Folder di Windows 10

    25 Nov, 2017 - 0 KomentarDi Windows 10, ketika kita akan menghapus file maupun folder, saat ini sudah tidak ada lagi jendela

5 Komentar ke "Sinkronisasi File dan Folder dengan FreeFileSync Pada Windows"

  1. dayat berkata:

    sangat membantu memanagemen file foto yang numpuk di internal hardisk ke ekternal hardisk saya

  2. Erlianto berkata:

    Jika kita membuat folder di C misalkan ‘test’
    Dan di D ‘test’ lalu saya buat sinkronise dikedua folder tersebut, setiap saya menyimpan file selalu di C ‘test’
    Pertanyaannya kalau misalkan kita menghapus salah satu file yang di C ‘test’ apakah yang di D ‘test’ akan ikt terhapus??
    Thanks

  3. hafiz berkata:

    agar biar seperti ini pakai apa mas :

    apapun yang dilakukan di kiri, entah itu edit/rename/delete/cut/copy file maupun folder… nantinya memberikan perubahan di kanan, tapi sebaliknya tidak

    pake update atau mirror ya? atau perlu custom, trims

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.