3 Aplikasi Untuk Membuat Windows To Go Windows 10

Oleh Netrix Ken

Windows To Go adalah fitur yang berguna untuk menginstall dan menjalankan sistem operasi Windows dari USB Drive atau flashdisk. Versi resmi dari aplikasi Windows To Go Creator terbatas pada versi Windows edisi Enterprise saja, namun hal ini tidak berarti Anda tidak dapat membuat Windows To Go dengan versi selain Windows 10 Enterprise.

Penggemar dan pengembang Windows telah mencari cara agar dapat menggunakan versi Windows selain Enterprise untuk dibuat Windows To Go. Dengan kata lain, dengan bantuan aplikasi pihak ketika kita akan dapat membuat Windows To Go dengan versi Windows apapun.

Meskipun sangat memungkinkan untuk membuat Windows To Go Windows 10 melalui CLI (Command Line Interface), namun cara ini terkesan ribet dan sulit, sehingga disini saya akan membahas bagaimana cara membuat Windows To Go dari Windows 10 menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia secara gratis.

Sebelum Anda menggunakan aplikasi dibawah ini, pastikan Anda menggunakan Windows To Go certified USB drive. Flashdisk yang dijual dipasaran saat ini kebanyakan memiliki keterbatasan I/O sehingga jika digunakan untuk menjalankan Windows 10 akan sangat lambat. Seperti yang mungkin Anda ketahui, Microsoft merekomendasikan Anda untuk menggunakan flashdisk yang berukuran 32GB+, namun ada beberapa aplikasi dibawah ini yang mengijinkan Anda untuk menggunakan flashdisk yang meski berukuran hanya 16GB.

Baik, berikut adalah daftar aplikasi yang dapat membantu Anda untuk membuat Windows To Go dari Windows 10.

Rufus

Pada Rufus versi 2.0 atau diatasnya, telah mendukung pembuatan Windows To Go Drive. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membuat Windows To Go dari edisi Windows Apapun dari Windows 10. Syaratnya, Anda harus memiliki setidaknya versi Rufus 2.0 yang dijalankan pada Windows 10 atau minimal Windows 8.1 untuk mengaktifkan fitur Windows To Go, artinya Anda tidak dapat menjalankan aplikasi ini pada Windows 7 atau dibawahnya.

Menyiapkan Windows To Go drive dari Windows 10 dengan Rufus sangatlah mudah. Caranya hampir sama dengan ketika Anda membuat bootable USB, bedanya, pada Rufus Anda perlu memilih Windows To Go bukan Bootable USB.

Rufus

Aplikasi Rufus

WinToUSB

Sebelum aplikasi WinToUSB dirilis, pengguna Windows sama sekali tidak memiliki aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk membuat Windows To Go. Dengan kata lain, WinToUSB adalah aplikasi pertama yang menawarkan Windows To Go dari edisi Windows apapun. Aplikasi yang satu ini telah mendukung hampir semua versi terbaru dari Windows, seperti Windows 7, Windows 8/8.1, dan Windows 10.

WinToUSB

Aplikasi WinToUSB

Tidak seperti aplikasi lainnya, dengan WinToUSB Anda dapat membuat kloning dari Windows yang terinstall pada komputer Anda.

AOMEI Partition Assistant

AOMEI Partition Assistant Standard adalah satu dari banyak aplikasi utilitas gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengatur partisi disk pada Windows 10. Selain partisi manajer, aplikasi ini juga menawarkan alat yang diberi nama Windows To Go Creator yang berguna untuk membuat Windows To Go Drive dengan mudah.

AOMEI Partition Assistant

AOMEI Partition Assistant

Jika Anda memiliki aplikasi pembuat Windows To Go yang lebih baik, beritahu kami dengan cara meninggalkan komentar dibawah. 🙂

Windows 10Windows 8.1Windows To Go aplikasi untuk membuat logo pada windows 10download aplikasi windows 10cara download line untuk laptop windows 10cara buat windows to gomaksud rufus windows to godownload aplikasi windowscara membuat tema windowsaplikasi mengaktifkan windowscara membuat windowswindows pada rufus

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis:

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Mengubah Ukuran Font di Windows 10 Creators Update

    Mengubah Ukuran Font di Windows 10 Creators Update

    20 Apr 2019 - 0 Komentar
  • Membuat blog di Facebook

    Membuat blog di Facebook

    6 Mei 2019 - 10 Komentar
  • Aplikasi Corner Pada Windows Phone 8.1

    Aplikasi Corner Pada Windows Phone 8.1

    4 Apr 2018 - 0 Komentar
  • Membuat dan Menghapus Partisi Dengan Mudah Dengan MiniTool Partition Wizard

    Membuat dan Menghapus Partisi Dengan Mudah Dengan MiniTool Partition Wizard

    10 Des 2018 - 0 Komentar
  • Memblokir aplikasi tertentu

    Memblokir aplikasi tertentu

    5 Jan 2018 - 3 Komentar
  • Menutup Paksa Aplikasi Hang / Macet Menggunakan Task Manager

    Menutup Paksa Aplikasi Hang / Macet Menggunakan Task Manager

    4 Mei 2017 - 0 Komentar
  • Download EasyBCD 2.3 Untuk Windows 10, EFI Supported

    Download EasyBCD 2.3 Untuk Windows 10, EFI Supported

    6 Apr 2017 - 0 Komentar
  • Aomei PE Builder: Mengatasi Kerusakan StartUp Windows Dengan Mudah

    Aomei PE Builder: Mengatasi Kerusakan StartUp Windows Dengan Mudah

    7 Okt 2021 - 0 Komentar
  • Install Aplikasi Dari Windows Store Tanpa Login Akun Microsoft

    Install Aplikasi Dari Windows Store Tanpa Login Akun Microsoft

    21 Mei 2018 - 0 Komentar
  • Cara Membuat Bootable Windows 11 Install di Flashdisk

    Cara Membuat Bootable Windows 11 Install di Flashdisk

    1 Nov 2021 - 0 Komentar

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

© 2022AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.