Cara Mengetahui Nomor Build di Windows 10

Oleh | pada 31 Des, 2016 | 0 Komentar

Mungkin Anda sudah mengetahui, sebelumnya, untuk mendapatkan fitur dan tampilan baru, kita harus memperbarui keseluruhan sistem operasi secara bertahap, mulai dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, hingga Windows 10. Mulai saat ini dan untuk selanjutnya, Microsoft akan merilis update minor dan mayor secara bertahap guna menambahkan fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang ada di Windows 10.

Sama seperti aplikasi biasa, ketika sistem operasi diperbarui, ia juga akan mendapatkan nomor build baru. Bedanya, pada sistem operasi nomor build hanya akan berubah ketika mendapatkan update mayor / besar. Contohnya. ketika Windows 10 pertama kali dirilis pada Juli 2016, ia memiliki nomor build 10240 dan selanjutnya setelah mendapatkan November update, nomor buildnya berubah menjadi 10586.

Dikarenakan nomor build berubah setiap kali mendapatkan update besar, kini pengguna Windows dapat mengetahui apakah sistem operasi yang mereka gunakan sudah paling update atau belum. Singkatnya, kita dapat mengecek apakah update mayor sudah terpasang dengan betul atau belum di komputer kita.

Cara Mengecek Nomor Build di Windows 10

Setidaknya, ada tiga cara paling mudah untuk mengecek nomor build OS Windows 10 yang saat ini sedang Anda gunakan. Beikut adalah tiga cara tersebut.

Catatan: Cara di bawah ini tidak dapat kita gunakan untuk mengecek apakah minor update sudah terinstall atau belum. AplikasiPC menyarankan agar Anda tetap menyalakan layanan Windows update agar selalu mendapatkan pembaruan secara langsung.

Cara 1

Menggunakan about untuk mengetahui nomor build

Cara ini mungkin adalah cara paling mudah untuk mengecek nomor build di Windows 10. Jendela About Windows akan menampilkan nomor build Windows 10 beserta informasi OS lainnya.

Langkah 1: Di Start menu atau kolom pencarian taskbar, ketik Winver.exe lalu tekan Enter untuk membuka About Windows.

Membuka WinVer di Windows 10

Membuka WinVer di Windows 10

Langkah 2: Disini Anda dapat mengetahui nomor build Windows 10 yang tertera di sebelah nomor versi. Di gambar di bawah ini, 10586 adalah nomor build OS saya.

Jendela About Windows (winver)

Jendela About Windows (winver)

Cara 2

Menggunakan Settings untuk mengecek nomor build Windows 10

Aplikasi Settings juga dapat kita gunakan untuk mencari tahu build number di Windows 10.

Langkah 1: Buka Settings. Caranya, klik icon Settings yang ada di Start menu atau tekan tombol logo Windows + R secara bersamaan.

Membuka Settings Windows 10

Membuka Settings Windows 10

Langkah 2: Klik icon System dan klik About.

System (Display, notifications, apps, power)

System (Display, notifications, apps, power)

Langkah 3: Nomor build dapat Anda temukan disebelah OS Build.

Settings - Sysrem - About

Settings – Sysrem – About

Cara 3

Mengetahui nomor build menggunakan Command Prompt

Jika Anda berkendala menggunakan dua cara di atas, Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk mengetahui build number Windows 10 Anda. Caranya hanya dengan menjalankan perintah systeminfo saja.

Langkah 1: Buka jendela Command Prompt dengan cara mengetik CMD di Start menu atau kolom pencarian yang ada di taskbar lalu tekan Enter. Command Prompt juga dapat dibuka dengan cara mengklik kanan tombol Start lalu klik opsi Command Prompt.

Membuka Command Prompt Windows 10

Membuka Command Prompt Windows 10

Langkah 2: Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik Systeminfo lalu tekan Enter.

Langkah 3: Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini, kolom OS Version juga menampilkan build number beserta versi sistem operasi. Pada gambar di bawah ini, 10586 ialah nomor build Windows 10 saya.

Perintah Systeminfo

Perintah Systeminfo

Label: Tutorial cara mengetahui build di windows 10build windowscara mengecek build windows mobilebeda build dengan buildcara mengetahui build windowscara mengecek handphone yang erorcara mengetahui versi windocara mengerahui nomor windoscara mengetahui serial windows dengancara melihat serial nomor dengan command promptcara melihat versi build windowslangkah langkah cara melihat windowsmelihat buildcara mengecek windows errorcara mengetahui nomor build

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Download Windows 8 Milestone 2 Build 7955 Leaked

    Download Windows 8 Milestone 2 Build 7955 Leaked

    16 Sep, 2017 - 1 KomentarSetelah kebocoran dari build
  • Download Windows 8 Milestone 1 Build 7850 Leaked

    Download Windows 8 Milestone 1 Build 7850 Leaked

    28 Feb, 2017 - 0 KomentarSetelah sekian banyak bocoran screenshot dari Windows 8, akhirnya build dari Windows 8 telah bocor
  • Download ISO Windows 10 build 14295 Terbaru

    Download ISO Windows 10 build 14295 Terbaru

    18 Sep, 2017 - 0 KomentarBeberapa hari yang lalu Microsoft kembali merilis update baru bagi member Fast Ring
  • Cara Mengecek Update Windows 10 November (Threshold 2) Terinstall

    Cara Mengecek Update Windows 10 November (Threshold 2) Terinstall

    18 Sep, 2017 - 2 KomentarNovember Update atau yang juga disebut Threshold 2 merupakan update utama yang diperuntukan untuk
  • Download ISO Windows 10 build 14328 Gratis

    Download ISO Windows 10 build 14328 Gratis

    4 Mei, 2017 - 0 KomentarMicrosoft telah merilis update untuk Windows 10 dengan nomor build 14328. Untuk saat ini, update

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.