Tutorial Cara Membuat System Image Backup di Windows 10

Oleh | pada 17 Okt, 2016 | 1 Komentar

System image backup merupakan salinan dari driver yang diperlukan agar sistem operasi Windows berjalan dengan mulus. System image dapat di restore / dikembalikan ketika harddisk atau SSD PC Anda rusak. Kelebihan dari system image adalah ia dapat di restore meskipun Windows Anda tidak dapat booting, yang artinya Anda dapat mengembalikan Windows Anda seperti semula dalam keadaan unbootable.

Membuat Backup Windows 10

Membuat Backup Windows 10

Meskipun saat ini banyak aplikasi gratis yang dapat kita gunakan untuk membuat system image backup, namun aplikasi backup & restore bawaan Windows 10 saya rasa cukup baik digunakan bagi kebanyakan pengguna. Di dalam file system image ini nantinya akan terdapat data-data penting PC Anda seperti isi desktop, dokumen, gambar, download, dan lainnya. Jika saat ini di PC Anda memiliki aplikasi atau game yang kurang diperlukan, saya merekomendasikan agar Anda menghapusnya terlebih dahulu untuk memperkecil ukuran backup nantinya. Anda dapat mematikan fitur hibernate sementara agar ukuran hasil backup nanti dapat lebih kecil. Setelah Windows selesai membuat backup, Anda dapat mengaktifkannya kembali melalui Power options.

Menyiapkan system image backup

Pada tutorial kali ini, AplikasiPC akan membahas mengenai cara menggunakan aplikasi backup & restore bawaan Windows 10 untuk membuat salinan driver Windows 10 Anda.

Langkah 1: Ketik Backup and restore pada start menu atau boks pencarian taskbar lalu tekan Enter untuk membuka jendela Backup and Restore (Windows 7).

Backup and Restore (Windows 7)

Backup and Restore (Windows 7)

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan Control Panel dengan cara mengklik icon Backup and Restore (Windows 7) untuk membukanya.

Backup and Restore (Windows 7) Melalui Control Panel

Backup and Restore (Windows 7) Melalui Control Panel

Langkah 2: Pada sisi kiri, klik link dengan label Create a system image untuk membuka wizard pembuatan backup.

Membuat Backup - Create a system image

Membuat Backup – Create a system image

Langkah 3: Setelah jendela wizard terbuka, pilih lokasi yang Anda inginkan untuk menyimpan file backup. Disini Anda juga dapat menaruh hasil backup di partisi lain yang memiliki ruang kosong lebih dari 25GB atau menggunakan DVD sebagai gantinya. Saya merekomendasikan untuk menggunakan harddisk eksternal agar backup lebih aman.

Lokasi Menyimpan Hasil Backup

Lokasi Menyimpan Hasil Backup

Pastikan Anda tidak menyimpan hasil backup pada partisi dimana sistem operasi terinstall karena jika PC Anda tidak dapat diakses, Anda tidak akan dapat membuka system image backup tadi.

Setelah memilih lokasi penyimpanan, klik tombol Next.

Langkah 4: Secara default, backup & restore akan memilih semua partisi yang diperlukan agar Windows berjalan dengan lancar. Disini, Anda juga dapat menambahkan partisi lain yang menyimpan data-data penting.

Partisi Backup Windows 10

Partisi Backup Windows 10

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, tool backup & restore juga menampilkan ruang kosong yang diperlukan untuk menyimpan system image backup.

Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Langkah 5: Terakhir, klik tombol Start backup untuk memulai pembuatan system image backup. Waktu yang diperlukan untuk membuat backup tergantung seberapa besar ukuran data pada PC Anda dan seberapa cepat PC Anda dapat memprosesnya.

Memulai Backup Windows 10

Memulai Backup Windows 10

Setelah backup selesai dibuat, Anda akan melihat pesan “The backup completed successfully“. Bersamaan dengan itu, Windows mungkin akan menampilkan pesan “Do you want to create a system repair disc“. Klik tombol No untuk menutup.

System Repair Disc Windows 10

System Repair Disc Windows 10

Jika Anda menyimpan hasil backup di HDD eksternal, pastikan Anda menyimpannya ditempat yang aman. Beritahu AplikasiPC melalui kolom komentar di bawah ini jika Anda mendapat kesulitan untuk membuat backup Windows 10.

Label: BackupimagRestoreTutorial cara back up windows jadikan isocara backup win 10cara membuat recovery windows 10penyebab laptop selalu bilang back up pada windows 10cara system image backup di windows 10cara backup dan restore windows 10backup rom windows 10cara menyimpan backup windowscara membuat backup windows 10membuat recovery windows 10cara buat system imege backup win 10cara backup recovery.imgberapa besar data backup image recoverycara mengambil windows 10 dari laptop windows 10cara backup recovery windows 10

Tentang Penulis

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Profil Penulis

Menyukai dunia IT dan suka berbagi pengalaman melalui Internet.

Baca Juga

  • Memperbaiki Kerusakan Windows 10 Menggunakan System Restore

    Memperbaiki Kerusakan Windows 10 Menggunakan System Restore

    6 Feb, 2017 - 19 KomentarSebelumnya, AplikasiPC telah membahas
  • Cara Mengembalikan Pengaturan Registry Windows 10 Seperti Semula

    Cara Mengembalikan Pengaturan Registry Windows 10 Seperti Semula

    29 Des, 2016 - 0 KomentarWindows 10 merupakan sistem operasi yang sangat kompleks dengan jutaan pengaturan di Registry-nya.
  • Mengubah Ukuran Font di Windows 10 Creators Update

    Mengubah Ukuran Font di Windows 10 Creators Update

    7 Mei, 2017 - 0 KomentarHadirnya Windows 10 Creators Update membuat beberapa pengguna mengalami kesulitan.
  • Freeware – AOMEI Backupper Standard V2.0.1

    Freeware – AOMEI Backupper Standard V2.0.1

    9 Jul, 2016 - 0 KomentarAomei Backupper Standard Edition dirancang khusus untuk bisnis kecil dan menengah,
  • Software Backup Gratis Dilengkapi Dengan Automatisasi Dan Pemberitahuan Email

    Software Backup Gratis Dilengkapi Dengan Automatisasi Dan Pemberitahuan Email

    8 Jan, 2015 - 0 KomentarSoftware backup adalah sebuah program yang didesain khusus untuk membuat alternatif

Satu Komentar ke "Tutorial Cara Membuat System Image Backup di Windows 10"

  1. Stevanus berkata:

    Bagaimana cara backup windows 10 bawaan laptop di drive d ke flash disk. Dan flash disk nya berfungsi sebagai booting jika windows nya gak bisa booting.

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2017 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.