Promosi Blog dan Situs Melalui Pinterest

Oleh | pada 7 Mei, 2016 | 0 Komentar

Pinterest sekarang telah dikenal secara luas oleh para pengguna sosial media, terbukti beberapa orang telah menggunakannya. Perlu diketahui juga apabila Anda memiliki sebuah blog atau situs, maka perlu media promosi agar dapat meningkatkan pengunjung dalam situs Anda tersebut. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk promosi yaitu melalui Pinterest, dengan keistimewaan didalamnya. Berikut adalah tips agar Pinterest dapat mendorong situs dan blog Anda:

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Pemakaian Kata Kunci

Orang-orang menggunakan Pinterest karena terdapat beberapa item menarik didalamnya. Jika Anda memiiki toko online atau Anda sering menulis ulasan tentang hal-hal penting, mungkin Anda menggunakan Pinterest dimana dapat memberikan manfaat bagi Anda hanya melalui memasukkan judul tepat didalamnya dari sebuah Pin. hal tersebut tidak akan berjalan tanpa sebuah nama pin dan deskripsi dari tulisan Anda. Beberapa pengguna mungkin meakukan pencarian untuk menemukan sesuatu (gambar sesuai yang mereka inginkan).

Tinggalkan sebuah nama Pin misalkan “Image20”, lengkapilah nama tersebut misal dengan “Desain-Pakaian”. Saya yakin Anda dapat berfikir untuk memberikan nama yang lebih baik untuk membawa banyak pengunjung untuk melihat Pin Anda. Contoh lain, untuk membuatnya lebih jelas, berilah Pin tersebut dengan nama seperti “Laptop-Acer-Layar-Lebar”, jangan sekedar menamainya dengan “Laptop”.

Deskripsi Tentang Pins

Jika Anda memiliki keseriusan dalam hal pemasaran, deskripsi yang dimasukkan haruslah menarik. Anda dapat melakukan pengecekan pada Google atau atau kata kunci pencarian situs untuk kata kunci terkait dengan item yang Anda sematkan. Gunakanlah kata kunci tersebut pada deskripsi sehingga Pinterest menghadirkannya kapanpun saat para pengguna memasukkannya kedalam apa saja yang terkait ke Pin Anda.

Deskripsi Cepat

jika Anda tidak memiliki deskripsi terpisah untuk beberapa item lebih dari apa yang telah Anda siapkan pada wesite, Anda dapat dengan mudah melakukan copy paste. Anda dapat lebih menghemat waktu penyimpanan tanpa copy paste. Trik ini untuk memilih teks yang Anda harapkan muncul pada deskripsi dan kemudian klik pada “Pin It” bookmarklet atau tombol pada bookmark bar. Melalui langkah ini, ketika Anda menyematkan item foto, deskripsi akan secara otomatis tergandakan pada deskripsi Pin.

Mendapatkan Followers Untuk Sebuah Papan Pin

Metod ini untuk tag orang-orang ke dalam deskripsi – setelah deskripsi. Secara keseluruhan yang harus Anda lakukan adalah menambahkan sebuah simbol @. Ketika Anda menekan kata kunci apa saja, seluruh nama dari interaksi penting pengguna dengan Anda akan muncul dalam pencarian. Pilih satu yang Anda inginkan untuk ditag lalu klik didalamnya atau tekan tab setelah beralih menggunakan tanda panah.

Memulai Sebuah Percakapan

Setelah Anda menambahkan seseorang dalam deskripsi, mintalah sesuatu pada mereka agar mereka terdorong untuk membalasnya. Contohnya, Anda dapat memposting sebuah pin tentang sesuatu yang Anda buat atau produk yang Anda hasilkan, dan mintalah komentar mereka tentang apa yang mereka pikirkan dari postingan Anda. Langkah ini akan membuka sebuah percakapan. Semakin lama pembicaraan, semakin baik peringkat pin di Pinterest. Semakin baik peringkat, semakin lama pula pin tersebut akan berjalan pada halaman beranda Pinterest.

Pesaing Anda

Ini adalah trik tersembunyi dalam Pinterest. Untuk menemukan hal yang Anda sematkan dari pesaing Anda atau kompetitor, gunakan URL berikut: http://www.pinterest.com/source/rival_website.com/. Contohnya, jika kompetitor Anda mempunyai sebuah website bernama brightdub.com, Anda dapat melihat pin menggunakan website berikut: http://pinterest.com/source/brightdub.com. langkah ini akan memberikan Anda gambaran bagaimana untuk lebih maju dari kompetitor Anda.

Sebutkan Harga di Pin

Jika Anda menjual sebuah produk, sebaiknya Anda memasukkan harga produk tersebut dalam deskripsi dari Pin. Contohnya seperti “Lihat Kacamata mulai dari Rp 300.000,-“. Langkah tersebut akan membantu orang-orang untuk mengetahui harga dan mengklik pin Anda untuk mendapatkan informasi lebih didalamnya.

Anda juga dapat menggunakan teknik dengan menyebutkan penawaran. Contohnya “Diskon Kacamata 20%”. Cara ini akan menimbulkan rasa ingin tahu dari orang-orang untuk berbelanja, dan mengunjungi tempat pemasaran Anda, baik itu sebuah toko online atau hanya sebuah website review.

Demikian adalah beberapa tips dan trik dasar untuk membantu pengguna Pinterest dalam peringkat pin yang lebih tinggi dan mudah dicari. Pin, jika dipromosikan, mempromosikan toko online Anda, website dan blog.

Jika Anda memiliki cara lain yang berhubungan dengan postingan ini, komentar dalam postingan ini siap menjadi tempat Anda untuk berbagi didalamnya. 🙂

Label: MonetizePinterestPromosiWebsite belajar teknik pinterest

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Seorang wanita sederhana yang berkarir sebagai Co-Founder di AskNet Media, tertarik belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika, serta senang berbagi tips dan informasi di internet. :)

Baca Juga

  • Mempromosikan blog atau website

    Mempromosikan blog atau website

    19 Nov, 2016 - 12 KomentarKarena perkembangan dunia maya yang amat pesat, saat ini di Indonesia sudah banyak sekali para
  • Meningkatkan pengunjung blog dengan melakukan ping

    Meningkatkan pengunjung blog dengan melakukan ping

    27 Jun, 2016 - 22 KomentarSebelumnya saya telah menulis tentang beberapa direktori dimana Anda bisa men- submit website atau
  • Daftar Blog Direktori ber Page Rank Tinggi

    Daftar Blog Direktori ber Page Rank Tinggi

    28 Okt, 2016 - 83 KomentarBlog Direktori adalah yang ke-2 (setelah search engine) yang akan memberi Anda banyak pengunjung
  • 20 Plugin WordPress untuk meningkatkan pengunjung

    20 Plugin WordPress untuk meningkatkan pengunjung

    27 Jun, 2016 - 72 KomentarMendapatkan pengunjung yang banyak ke blog kita mungkin adalah hal yang paling penting untuk setiap
  • Daftar ping WordPress 2010

    Daftar ping WordPress 2010

    26 Agu, 2016 - 7 KomentarBerikut ini adalah daftar ping yang direkomendasikan untuk sebuah blog WordPress. Informasi ini

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2016 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.