Modifikasi Taskbar & Start Menu Windows 10 Menjadi Transparan

Oleh Netrix Ken

Seperti yang kita ketahui, taskbar yang ada pada Windows 10 memiliki desain flat tanpa unsur transparan. Meskipun memang ada pengaturan untuk mengatur transparansi taskbar Start menu pada Settings, namun pengaturan tersebut tidak dapat membuat taskbar menjadi transparan sepenuhnya. Tidak hanya itu, pengaturan tersebut juga tidak memiliki opsi untuk mengatur seberapa transparan yang kita inginkan.

Pada dasarnya, taskbar yang ada pada Windows 10 dapat kita sesuaikan dengan banyak cara. Meskipun sudah banyak aplikasi yang beredar di Internet yang berguna untuk membuat Start Menu dan taskbar transparan sepenuhnya, namun kebanyakan aplikasi tersebut belum kompatibel dengan Windows 10.

Taskbar & Start Menu Windows 10 Transparan

Taskbar & Start Menu Windows 10 Transparan

Anda tidak perlu mengaktifkan Classic Shell Start menu untuk membuat taskbar dan start menu di Windows 10 menjadi transparan. Jika tujuan Anda hanya ingin membuat taskbar dan start menu Windows 10 menjadi transparan, atur instalasi aplikasi di bawah ini agar hanya menginstall Start menu dan pengaturannya saja.

Membuat taskbar dan start menu Windows 10 menjadi transparan

Langkah 1: Kunjungi halaman ini dan download versi terbaru dari Classic Shell.

Langkah 2: Jalankan file instalasi, dan ketika Anda melihat pengaturan seperti gambar di bawah ini, hilangkan semua centang kecuali Start menu dan Classic Shell update.

Install Classic Shell

Install Classic Shell

Langkah 3: Setelah aplikasi sukses terinstall, Anda akan disuguhi tampilan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Klik tab Controls lalu pilih opsi seperti yang terlihat pada gambar di bawah (tanpa Classic Shell).

Pengaturan Start Menu

Pengaturan Start Menu

Pengaturan Dasar Taskbar

Pengaturan Dasar Taskbar

Namun jika Anda ingin menggunakan start menu dari Classic Shell, pilih salah satu gaya start menu yang tersedia sebelum melanjutkan.

Langkah 4: Klik tab Windows 10 Settings, centang kotak dengan judul “Customize taskbar“, lalu lihat bagian Taskbar look dan masukan angka antara 0 hingga 100 untuk mengatur tingkat transparansi. Jika Anda ingin menambahkan efek blur, pilih opsi Glass.

Efek Transparan dan Blur Pada Taskbar dan Start Menu

Efek Transparan dan Blur Pada Taskbar dan Start Menu

Klik OK untuk melihat hasilnya.

Classic ShellStart MenuTaskbar cara mengubah gaya tampilan windows 10cara agar tampilan taskbar transparan di win 10cara bikin taskbar transparan windows 10merubah windows 10 menjadi kerencara membuat taksbar pada windows 10 transpapantcara transparasi taskbarcara membuat menu windows explorer transparan windows 10facebook transparan classiccara menambah bar di start menu.windows.10mengatur transparansi task windowscara modif windowsmodifikasi start menucara mengatur transparansi windowscara menngatur transparan taskbarmembuat statrt menu windoes glass

Pertanyaan & Diskusi

Kirim Komentar

2 Komentar ke "Modifikasi Taskbar & Start Menu Windows 10 Menjadi Transparan"

  1. Edi Kurniawan berkata:

    Makasih gan, artikel nya sangat membantu. ?

  2. iraone indra berkata:

    kurang komplit mas penjelasan y

© 2021AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.