Tutorial Cara Install PrestaShop Di Localhost Dengan XAMPP

Oleh | pada 24 Apr, 2015 | 0 Komentar

Anda ingin menginstall PrestaShop di localhost? Hal ini memang dapat menjadi alternatif sebagai pembelajaran sebelum Anda benar-benar membuat sebuah situs jual beli yang sesungguhnya pada sebuah server dengan domain. PrestaShop adalah sebuah CMS (Content Management System) e-commerce yang bersifat open source (terbuka) yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. PrestaShop juga telah mendukung pembayaran gateway. PrestaShop memiliki komunitas terbesar di dunia yang didedikasikan untuk mempelajari seputar e-commerce.

PrestaShop

PrestaShop

Untuk install PrestaShop pada XAMPP tentunya Anda harus sudah menginstall XAMPP di komputer Anda. Dihimpun dari Wikipedia, XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, yang merupakan kompilasi dari beberapa program.

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

Langkah Install PrestaShop

Sebelum Anda memproses lebih lanjut, persiapkan terlebih dahulu seluruh software yang dibutuhkan. Download dan install aplikasi tersebut di komputer Anda. Jika Anda belum memiliki XAMPP pada komputer Anda, Anda dapat mendownload XAMPP terlebih dahulu, lalu install di komputer Anda. Kemudian lanjutkan dengan download PrestaShop.

1. Jika komputer Anda belum terinstall XAMPP, buka file instalasi XAMPP lalu pilih komponen-komponen wajib dengan cara memberi tanda centang pada pilihan “Server -> Apache dan MySql”, “Program Languages -> PHP”, “Program Languages -> phpMyAdmin”.

2. Setelah memilih komponen-komponen tersebut, klik “Next”, maka proses instalasi akan berjalan hingga selesai. Kemudian klik “Finish”.

3. Kemudian buka XAMPP. Untuk menjalankannya, klik tombol “Start” pada pilihan “Apache” dan “MySql”.

Menjalankan XAMPP

Menjalankan XAMPP

4. Langkah selanjutnya ekstrak folder PrestaShop.zip yang telah Anda download sebelumnya. Lalu paste folder tersebut pada direktori “Local disk C ->XAMPP ->htdocs”.

5. Selanjutnya buka PHPMyAdmin “http://localhost/phpmyadmin” (tanpa tanda petik) pada browser Anda untuk membuat database. Masukkan nama database sesuai keinginan Anda misalnya “prestashop”, lalu klik tombol “create” atau “buat”.

Membuat Database

Membuat Database

6. Sekarang buka Prestashop Setup Wizard menggunakan alamat link “http://localhost/prestashop” (tanpa tanda petik). Lalu pilih “Next”.

Memulai Install PrestaShop

Memulai Install PrestaShop

7. Kemudian pada langkah install selanjutnya, beri tanda centang sebagai persetujuan. Lalu klik “Next” atau “Berikutnya”.

Install Prestashop

Install Prestashop

8. Selanjutnya isikan seluruh data informasi yang diminta dan klik “Next” atau “Berikutnya”.

Pengisian Data Install PrestaShop

Pengisian Data Install PrestaShop

9. Langkah selanjutnya isikan data sesuai database yang sebelumnya telah Anda buat pada PHPMyAdmin. Klik “Next” atau “Berikutnya”.

Pengisian Informasi Database

Pengisian Informasi Database

10. Selanjutnya biarkan proses instalasi berjalan hingga selesai.

Proses Install PrestaShop

Proses Install PrestaShop

11. Setelah proses instalasi selesai, maka akan tampil keterangan bahwa proses instalasi selesai.

Selesai Install Prestashop

Selesai Install Prestashop

12. Agar bisa masuk dalam PrestaShop yang telah Anda install sebelumnya, Anda diminta untuk menghapus folder “install” dalam folder “Prestashop” yang berada dalam direktori “Local disk C ->XAMPP ->htdocs”.

Hapus Folder Install

Hapus Folder Install

13. Jika folder “install” tersebut telah terhapus, maka sekarang Anda dapat masuk ke web PrestaShop Anda. Ketikkan alamat email dan kata sandi yang sesuai dengan pada saat proses instalasi PrestaShop. Lalu tekan tombol “Login”.

Halaman Login PrestaShop

Halaman Login PrestaShop

14. Jika berhasil Login, maka Anda akan masuk ke halaman dashboard PrestaShop. Seperti gambar di bawah ini.

Dashboard PrestaShop

Dashboard PrestaShop

15. Anda juga dapat melihat halaman situs jual beli Anda contohnya pada gambar di bawah ini.

Tampilan Website Jual Beli Menggunakan Prestashop

Tampilan Website Jual Beli Menggunakan Prestashop

Mudah bukan untuk install PrestaShop dalam Localhost? Yang paling penting pastikan bahwa Anda memiliki XAMPP dan tentunya file PrestaShop. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Label: DownloadInstallLocalhostPrestaShopXAMPP cara install prestashopcara instal prestashopcara install prestashop di localhostcara menggunakan prestashopcara menginstal prestashopcontentcara membuat prestashop dengan xamppinstalasi prestashop

Tentang Penulis

Riyana Dwi Lestari

Riyana Dwi Lestari
  • Profil Penulis

Seorang wanita sederhana yang berkarir sebagai Co-Founder di AskNet Media, tertarik belajar dan menambah pengetahuan dalam bidang Teknik Informatika, serta senang berbagi tips dan informasi di internet. :)

Baca Juga

  • Tutorial Aktivasi Windows 10 Secara Permanen Setelah Upgrade

    Tutorial Aktivasi Windows 10 Secara Permanen Setelah Upgrade

    16 Sep, 2016 - 18 KomentarSaat ini sudah sangat banyak pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang mengupgrade Windows mereka ke
  • Tutorial Membuat / Burning DVD Instalasi Windows 10

    Tutorial Membuat / Burning DVD Instalasi Windows 10

    24 Okt, 2016 - 4 KomentarDewasa ini, sudah banyak pengguna PC yang menggunakan USB Flashdisk atau Flashdrive sebagai media
  • Cara Install Ulang Windows Menggunakan Windows 10 [1]

    Cara Install Ulang Windows Menggunakan Windows 10 [1]

    3 Nov, 2016 - 18 KomentarSedang mencari tutorial untuk install ulang Windows 10 lengkap dengan gambar? Anda mengunjungi
  • Cara Masuk/Membuka Safe Mode Saat Windows Tidak Bisa Booting

    Cara Masuk/Membuka Safe Mode Saat Windows Tidak Bisa Booting

    20 Jul, 2016 - 0 KomentarMeskipun untuk membuka Safe Mode di Windows 10 tidak semudah pada Windows 7 maupun Windows Vista,
  • Tutorial Cara Dual Boot Windows 10 Dengan Windows 7/ 8.1

    Tutorial Cara Dual Boot Windows 10 Dengan Windows 7/ 8.1

    11 Agu, 2015 - 6 KomentarSeperti yang kita ketahui, bulan lalu Microsoft telah meluncurkan edisi Windows terbaru - Windows

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

© 2016 AplikasiPC. Hak cipta dilindungi.
Dibawah lisensi AskNet Media.