Cara mudah memperbaiki boot Windows 7 dengan Startup Repair

By | on 28 Jan, 2014 | 37 Comments

Memperbaiki boot Windows 7 tanpa dapat masuk ke Windows dapat menjadi masalah yang sulit karena Anda tidak dapat menggunakan tool bawaan Windows atau software pihak ketiga seperti Easy BCD untuk memperbaiki startup Windows.

Dalam sebagian besar kasus, memperbaiki startup Windows 7 merupakan tugas yang mudah jika Anda tahu alat bawaan Windows untuk memperbaikinya. Pengguna XP akan terkejut melihat bahwa Windows Recovery Environment berbasis GUI Windows.

Windows 7 secara otomatis menginstal aplikasi Startup Repair ke partisi sistem operasi, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya. Setelah gagal booting, Windows 7 secara otomatis membuka Startup repair, yang akan secara otomatis memindai masalah pada PC Anda, Startup repair akan secara otomatis memperbaiki masalah jika memungkinkan, kemudian booting seperti biasa.

Jika Windows 7 Anda tidak booting seperti biasanya, Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan di bawah ini untuk memperbaiki booting Windows 7. Tapi sebelum melanjutkan, pastikan semua perangkat keras sistem bekerja dengan baik.

1. Hidupkan PC Anda, masukkan DVD instalasi Windows 7 kemudian restart komputer Anda.

Start-up Windows Error

2. Tekan tombol apa saja saat diminta untuk melakukannya. Setelah Anda menekan tombol apapun, Anda akan melihat Windows loading file.

Start-up Windows Error

3. Setelah Anda melihat layar Install Windows, pilih bahasa Anda, keyboard atau panel input, dan format waktu dan klik tombol Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Pada layar berikut, Anda akan melihat tombol Install now seiring dengan Repair your computer di bagian bawah layar. Klik Repair your computer Anda untuk melihat opsi System Recovery.

Start-up Windows Error

5. Pilih sistem operasi Anda juga pilih Use recovery tools that can help fix problems.

Start-up Windows Error

6. Di bawah pilihan System Recovery, Anda akan melihat alat-alat seperti Startup Repair, System Restore, Windows Complete PC Restore, Windows Memory Diagnostic Tool, and Command Prompt.

Kegunaan Alat-Alat Tersebut ialah:

1. Startup Repair – Startup Repair memungkinkan Anda untuk memperbaiki file sistem yang hilang atau rusak yang menyebabkan Windows tidak dapat booting dengan normal. Startup Repair akan memeriksa masalah sistem anda, dan jika ditemukan, Startup Repair akan memperbaikinya secara otomatis. Komputer Anda mungkin me-restart beberapa kali selama proses ini.

Startup Repair

2. System Restore – Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengembalikan Windows 7 ke keadaan sebelumnya.

3. System Image Recovery – Seperti yang Anda ketahui, Windows 7 memungkinkan Anda mengembalikan komputer Anda menggunakan system image backup yang Anda buat sebelumnya.

System Restrore

4. Windows Memory Diagnostic Tool – Memindai kesalahan memori pada komputer Anda. Mungkin butuh beberapa menit untuk menyelesaikan pemeriksaan memori komputer Anda.

5. Command Prompt – Pengguna yang mahir dapat menggunakan Command Prompt untuk melakukan pemulihan sistem dan juga menjalankan command line tools untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah. Berikut adalah daftar perintah bermanfaat yang membantu Anda memperbaiki masalah booting Windows:

  • BootRec / ScanOs
  • BootRec / RebuildBcd
  • bcdedit
  • BootRec / fixboot
  • BootRec / FixMbr

Tags: ErrorStartup Cara mengatasi windows failed to startcara mengatasi windows error recoveryfungsi startup repairstartup repair gagalmengatasi windows failed to startcara mengatasi startup repair windows 7cara mengatasi startup repairmemperbaiki startup windows 7

Author Description

Netrix Ken

Netrix Ken
  • Author Contacts:

Seorang mahasiswa yang sedang berjuang untuk lulus S1 Teknik Informatika. Bekerja sebagai System Administrator dan Web Developer dalam 5 tahun terakhir. Saya suka berbagi tips dan tutorial di Internet. :)

Related Posts

  • Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    Memperbaiki startup Windows 7 tanpa DVD Instalasi Windows 7

    9 Feb, 2014 - 68 Comments Memperbaiki instalasi Windows yang korup merupakan tugas yang sulit bagi pemula terutama bila anda...

37 Responses to "Cara mudah memperbaiki boot Windows 7 dengan Startup Repair"

  1. bayu mengatakan:

    gan,ane udh praktek in,truz nyoba yg startup repair ..tp kok muncul gini “Startup repair cannot repair this computer automaticly”
    gmn tuh?
    2.pkek command prompt ttp aj eror “window failed to start”

  2. Bahrul Ulum mengatakan:

    mass…. udah saya coba semua cara tersebut, pi tetep aja nggak bsa mengembalikan windows seperti semula… klo mw di install ulang dah dicoba kok nggak bsa ngeboot malah?

    solusinya mas???

  3. alva mengatakan:

    bang gw abis start up repair udah finishing langsung blue screen gmana nih solusinya bang

  4. joko edan mengatakan:

    gw sdh coba gagal.

  5. joko edan mengatakan:

    gw paling benci insal ulang. kapok.

  6. PANJI SETO mengatakan:

    coba pakai COMMAND PROMPT

  7. PANJI SETO mengatakan:

    pkai dvd windows, kmdian msuk ke REPAIR YOUR COMPUTER kmdian pilih COMMAND PROMPT

  8. Marto mengatakan:

    Aku uda mencobanya semua tapi nggak bisa juga, terus mau intal ulang di langkah memformat hard disk/partisi nggak bisa. Kira2 caranya gmna mas..???

  9. aldo mengatakan:

    bang.. tanpa CD tapi lewat Flashdisk bisa gak?

  10. trisca mengatakan:

    permisi, numpang nanya. kalo laptopku setelah start up repair itu bisa nyala. tapi, kok hampir setiap nyalain komputer startup repair terus?
    boleh tau ga caranya? mohon infonya :) terima kasih

  11. Ahmad nurizki mengatakan:

    Mas minta bantuannya, komputer ane setiap di on pasti startup repair dan langsung ble screen.. Gmana ya caranya? Tolong bantuannya :)

  12. irna mengatakan:

    Saya sudah coba tp pada saat kompur d restar muncul perintah startup komputer untuk lnjut ke tahap berikut y gk bisa krn mouse dan keyboard gk berfungsi.
    Mohon bantuannya

  13. Alrian Naafi mengatakan:

    Gan, kalo di laptop ane waktu startup muncul tulisan ‘checking and repairing disk drive C…’ tapi setelah itu ngerestart lagi dan lagi.
    Kira2 solusinya apa ya? Makasih

  14. Bram mengatakan:

    thanks shernya.. gua berhasil cobanya..

  15. vian mengatakan:

    gan, nek cara itu dpake buat repair win 7 ori ngrusak registry orinya gk?

  16. heni mengatakan:

    mas laptop saya susah di ke menuinnya itu gimaana mas?

  17. lucky mengatakan:

    kl aq biasanya cuma pake BootRec / fixboot BootRec / FixMbr

  18. wulan mengatakan:

    kak, dilaptop saya tuh setiap saya nge-onin pasti startup repair trus “startup repair cannot repair the problem automatlly” kak mohon solusinya dong

  19. fuji mengatakan:

    kak sya udh berhasil repair W7 tpi pas masuk password user, passord saya sama user nya salah terus, karena saya pke 2 OS W7 dan W8 yang W8 bisa masuk. pas saya msuk saya lihat file administratol di W7 di user tidak ada.. ada solusi nya ngk kak?

  20. Muslimah mengatakan:

    Salaam.. Pak klw sdh msk di command prompt lgkh selanjutnya apa yaa?? Mksh

  21. handika mengatakan:

    Mohon bantuanya donk bang..! komp ane kalo buat win7 kagak bisa keterangan nya windows filed
    dan waktu ane mau coba install ulang pake win7 juga, komp nya gak bs booting ke cd install nya tetap keterangan nya windows filed…!! yang aneh nya di install win 8 kok malah bs..!!! ampek sekarang kom ane kalo di pake untuk win7 tetap kagak bs. mohon pencerahan nya bang..!

Leave a Reply

Submit Comment

© 2014 AplikasiPC. All rights reserved.
Dibawah Lisensi NetMedia Advertising.