Mengubah warna folder Windows XP

By | on 5 Okt, 2013 | 1 Comment

Meski Windows Vista telah beredar cukup lama, tapi masi banyak pengguna sistem operasi Windows XP. Sekarang bagi pengguna Windows XP, pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur Windows Explorer, dimana di situ kita bisa melakukan pengaturan file secara menyeluruh. Nah, biasanya icon untuk folder-folder secara default mempunyai warna kuning, hanya nama folder itu sendiri yang membedakan antara satu dengan yang lain.

Sekarang bagaimana bila ikon folder itu diberi wrna tersendiri? Misalnya untuk folder foto diberi warna merah, sedangkan untuk folder dokumen diberi warna hijau atau yang lainya. Untuk memberi warna tersendiri pada ikon-ikon folder itu tidak terlalu sulit karena hanya membutuhkan satu tools bernama Rainbow Folder.

Ukuran tools ini relatif kecil, hanya sekitar 331 KB saja, untuk mendapatkan tools ini, anda bisa medownloadnya DISINI, setelah mendownload tools ini, anda bisa langsung menggunakanya. Tools ini relatif sederhana, jadi untuk pengoprasianya pun cukup mudah. Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk mengubah warna ikon folder.

1. Jalankan Rainbow Folder, aplikasi ini di bagi menjadi tujuh bagian yaitu: Folder, Preview, Color, Hint, Advanced, Confirmation, dan Other.

2. Sebelum warna ikon, tentukanlah terlebih dahulu folder mana yang warna ikonya ingin diganti atau di ubah. Untuk menentukanya bisa langsung ke bagian folder, disitu anda tinggal memilih folder icon nya.

3.Setelah menentukan foldernya, aturlah warnanya sesuai dengan keinginnan anda. Untuk melakukan pengaturanya anda tinggal menggeser slide bar pada bagian Color Hui, sedangkan untuk menentukan kepadatan warnanya, geser slide bar ke arah kanan ke bagian “Saturation”. Untuk mengetahiu hasilnya tekan tombol “Confirm”

4. Bila anda yakin dengan warna tersebut, anda tinggal menekan tombol “Colorize” yang terdapat pada bagian “Confirmation”

5. Lakukan semua cara diatas untuk mewarnai semua folder yang anda inginkan.

6. Sedangkan untuk menetralisir atau mengembalikan warna pada posisi semula, anda tinggal menentukan foldernya dan tekan tombol “Descoloring” pada bagian ” Confirmation”

7. Setelah semua selesai, anda buka Windows Explorer, maka ikon yang tadinya berwarna kuning saja, kini menjadi berwarna seperti pelangi.

Bagaimana?? Indah bukan sekarang tampilan Windows Explorer Anda??

Tags: FolderIconIkonKomputer

Author Description

Author

Netrix Ken
  • Author Contacts:

Seorang mahasiswa yang sedang berjuang untuk lulus S1 Teknik Informatika. Bekerja sebagai System Administrator dan Web Developer dalam 5 tahun terakhir. Saya suka berbagi tips dan tutorial di Internet. :)

Related Posts

  • Awasi akses proteksi flashdisk

    Awasi akses proteksi flashdisk

    25 Okt, 2014 - 1 Comment USB Flashdisk atau yang lebih kita kenal sebagai flashdisk saja, merupakan salah satu sarana...
  • Mengatur start-up Windows Vista

    Mengatur start-up Windows Vista

    20 Agu, 2014 - 0 Comment Sistem operasi Windows selalu menyediakan fitur start-up aplications, dimana beberapa aplikasi bisa...
  • Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

    Menyembunyikan file dan folder dengan mudah

    21 Jul, 2014 - 1 Comment Ok, berikut ini adalah sedikit tips cepat untuk Anda yang ingin menyembunyikan file atau folder...
  • Mengapa komputer semakin lama semakin lambat

    Mengapa komputer semakin lama semakin lambat

    27 Jun, 2014 - 3 Comments Komputer lambat, tentu semua menjadi jengkel, dalam benak kita bertanya apa yang jadi penyebabnya?...
  • Membuat icon screensaver Windows Vista

    Membuat icon screensaver Windows Vista

    1 Jun, 2014 - 0 Comment Screen saver merupakan salah satu fitur Windows yang ada sejak lama. Tapi fitur ini sekarang juga...

One Response to "Mengubah warna folder Windows XP"

  1. muhammad mengatakan:

    trmksh atas Rainbow Folder nya,ma”af numpang promosi,info bgs bagi yg suka download dan bagi yg punya blog,langsung klik http://www.uangdownload.com/2418 smg sujses selalu

Leave a Reply

Submit Comment

© 2014 AplikasiPC. All rights reserved.
Dibawah Lisensi NetMedia Advertising.